Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Abad ke 21
Penulis
Miqro’ Fajari LathifahDOI:
10.29303/jipp.v5i2.98Diterbitkan:
2020-11-30Terbitan:
Vol 5 No 2 (2020): NovemberArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Era globalisasi memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia pendidikan. Sumber Daya Manusia (SDM) pada abad ke 21 ini dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi salah satunya adalah berpikir kritis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada abad ke 21. Media pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi pustaka sebagai tenkik pengumpulan data. Berdasarkan hasil kajian pustaka yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan salah satu alternative yang dapat digunakan untuk memenuhi kompetensi peserta didik pada abad ke 21 khususnya kompetensi berpikir kritis.
Kata kunci: Abad ke 21; Media pembelajaran; Berpikir kritis.
Referensi
Agustina, K., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media PheT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 17-24.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. (Online). https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/30484693/jiptiain--umarhadini-8584-5-baii.pdf . Diakses pada 25 Oktober 2020.
BSNP (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI.(Online). http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/2014/01/Buletin-Edisi-2-2013.pdf. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2020.
Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.
Gunawan. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP PRESS Universitas Mataram.
Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.
Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Meggunakan Media Moodle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 158-167.
Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202-207.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.
Novianti, N., Hertanti, E., & Al Farizi, T. (2019). Pengaruh Media Simulasi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 247-252.
Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(1).
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadameia Group.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), pp. 263-278.