Strategi dan Cara Guru Untuk Meningkatkan Hasil Ujian Nasional

Asterius Juano

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan strategi dan cara guru untuk meningkatkan hasil ujian akhir sekolah berstandar nasional nasional (UASBN) di SD se-Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur: 2. Mendeskripsikan  faktor  pendukung  dan  faktor  penghambat  yang dihadapi guru  untuk meningkatkan hasil UASBN di SD se-Kecamatan Sambi Rampas, Manggarai Timur, NTT. Sampel penelitian ini adalah kepala sekolah guru kelas VI SD di Gugus I, IV dan VIII Kecamatan Sambi Rampas. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara. Analisis data penelitian ini mengunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan cara yang dilakukan untuk menghadapi siswa yang mengalami kesulitan belajar yaitu dengan menganalisis potensi siswa, memasyarakatkan program sekolah, merubah strategi pembelajaran, menambah jam belajar, mengadakan ulangan try-out. Faktor pendukung adalah adanya iklim sekolah yang kondusif serta antusiasme dari para orang tua siswa yang membiarkan anaknya untuk dibimbing di luar jam pelajaran. Faktor penghambat dalam pelaksanaan untuk menyukseskan UASBN adalah adanya kemauan belajar yang masih rendah dari siswa.

Full Text:

PDF

References


Balitbang Kemendikbud. (2015). Programme For International Students Assesment. (Online), diakses 07 Desember 2015 pada http://litbang.kemdikbud.go.id

Dillon, William R. dan Matthew Goldstein. (1984). Multivariate Analysis: Methods and Aplication. United States of America: John Wiley and Sons. Inc.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan pembelajaran. Cet.III. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Hair, Joseph F. et al., 2010. Multivariate Data Analysis 7th ed., Boston: Pearson Prentice Hall.

Myers, David G. (2011). Exploring Psychology, 8th edition. New York: Worth Publishers.

Ngwenya, Victor Chaboneka. (2015). “The Factors Which Motivate Zimbabwean Teachers Amid the Economic Challenges the Country Is Confronted With”. Journal of Social Science Studies (ISSN 2329-9150), 2015, Vol. 2, No. 2

Schieb. L.J., & Karabenick, S.A. (2011). Teacher motivation and professional development: a guide to resourse, Math and Science Partnership-Motivation Assesment Program, University of Michigan, Ann Arbor, MI.

Siagian, Sondang. (2006). Peranan staf dalam manajemen. Jakarta: Gunung Agung

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, Pasal 36 ayat 1 Tentang Guru dan Dosen.

UNDP. (2014). Human Development Report 2014, Sustaining Human Progress: Reducing Vulnerabilities and Building Resilience, New York: United Nations Development Programme.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.