Relevansi Interaksi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Authors
Nisa Hidayatullah , Rizka Sofia IrawanDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3572Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Field Dependent, Field Independent, Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Guru memiliki gaya mengajar yang berbeda-beda, tetapi guru harus mampu menyesuaikan lingkungan pembelajaran dengan kondisi peserta didik sehingga terjadi interaksi yang positif antara guru dan peserta didik. Interaksi positif ini salah satunya dapat dicapai dengan memahami karakteristik peserta didik (Rusnilawarni, 2017). Karakteristik yang dimaksud adalah cara peserta didik merespon sesuatu ketika dihadapakan pada situasi dan kondisi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dengan gaya kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian factorial design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA di MAN 1 Lombok Tengah. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil mengggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berupa tes uraian sebanyak 10 butir soal dan pengumpulan data gaya kognitif menggunakan instrumen Group Embedded Figure Test (GEFT). Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anova dua arah atau two way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara gaya kognitif dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan nilai taraf signifikan 0,097>0,050. Dengan demkian, berarti tidak terdapat interaksi antara gaya kognitif dan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2020). Optimalisasi kemampuan higher order thinking skills mahasiswa semester awal melalui penggunaan bahan ajar berbasis berpikir kritis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.948
Arifin, S., Setyosari, P., Sa’dijah, C., & Kuswandi, D. (2020). The effect of problem-based learning by cognitive style on critical thinking skills and student retention. Journal of Technology and Science Education, 10, 271-281. https://doi.org/10.3926/jotse.790
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryawati, N. P. A., Pujani, N. M., & Widyanti, N. L. (2020). Pengaruh model problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran biologi ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X SMA. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14(2), 105-124. https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.24141
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. Presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994. Faculty of Education, Illinois. Retrieved from https://education.illinois.edu/docs/default-source/faculty-documents/robert-ennis/thenatureofcriticalthinking_51711_000.pdf
Facione, P. A. (2010). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. USA: Insight Assessment. Retrieved from https://www.law.uh.edu/blakely/advocacy-survey/Critical%20Thinking%20Skills.pdf
Harahap, A., Irwan, Musdi, E., & A, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Sosopan. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 371–383.
Hardiyanto, H., Failasofah, F., Armiwati, A., Abrar, M., & Thabran, Y. (2021). Students' practices of 21st-century skills between conventional learning and blended learning. Journal of University Teaching and Learning Practice, 18(3). https://doi.org/10.53761/1.18.3.7
Hidayatin, S., Verawati, N. N. S. P., Susilawati, S., & A, S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem based learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Materi Momentum dan Impuls Class X. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 663–671. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.623
Junaidi, J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi pola dan barisan bilangan. E-Saintika: Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 173. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.220
Lefrida, R., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2021). Process-oriented routines of students in heterogeneous field dependent-independent groups: A commognitive perspective on solving derivative tasks. European Journal of Educational Research, 10(4), 2017-2032. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.2017
Malanog, S., & Aliazas, J. (2021). Active learning strategies and higher-order thinking skills of grade 10 students. International Multidisciplinary Research Journal, 3(3), 241-249. https://doi.org/10.54476/iimrj255
Marwan, M., Khaeruddin, K., & Amin, B. D. (2020). Pengembangan instrumen asesmen higher order thinking skills (HOTS) pada bidang studi fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 02, 116–119. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnasfisika/article/view/14365
Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1-1. DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85.
Nugraha, A., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43. DOI: https://doi.org/10.15294/jpe.v6i1.14511.
Oktaviani, L., Dantes, N., & Sadia, W. (2014). Pengaruh model problem-based learning berbasis asesmen kinerja terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari gaya kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 4(1), 1-11. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/1117
Pepo, A. R. R., Arjaya, I. B. A., & Paraniti, A. A. I. (2019). Penerapan model pembelajaran problem-based learning berbasis Google Classroom terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Biologi Kontekstual, 1(2), 152-163. Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/JBK/article/view/628
Persky, A., Medina, M., & Castleberry, A. (2019). Developing critical thinking skills in pharmacy students. American Journal of Pharmaceutical Education, 83. https://doi.org/10.5688/AJPE7033
Pritchard, A. (2009). Ways of Learning: Learning Theories and Learning Styles in the Classroom. New York: Routledge Taylor & Francis Group.
Rahmawati, K. M., Prastowo, S. H. B., & Bektiarso, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Medan Magnet Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 80-86. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11663.
Rizaldi, D. R., Doyan, A., Makhrus, M., Fatimah, Z., & Pineda, C. I. S. (2021). The Relationship Between Learning Style and Critical Thinking Skills in Learning Kinetic Theory of Gases. Journal of Science and Science Education.2 (2), 72-76. DOI : https://doi.org/10.29303/jossed.v2i2.488.
Rizaldi, D. R., Makhrus, M., & Doyan, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Perubahan Konseptual ditinjau dari Gaya Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 74-81. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i1.794.
Sari, IP., Sutarto, Mudakir, I., Supeno., & Budiarso, A. S. (2020). Instructional Materials for Optical Mater Based On STEM-CP (Science, Technology, Engineering, Mathematics-Contextual Problem) to Increase Student Critical Thinking Skills in High School. Journal of Physics: Conference Series. 1563: 1-7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012052
Sarwanto, S., Fajari, L., & Chumdari, C. (2021). Critical thinking skills and their impacts on elementary school students. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 18(2), 161-188. https://doi.org/10.32890/mjli2021.18.2.6
Son, A., Darhim, D., & Fatimah, S. (2020). Students’ mathematical problem-solving ability based on teaching models intervention and cognitive style. Journal on Mathematics Education, 11(2). https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222
Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilawati, S., & Doyan, A. (2023). The Influence of Problem Based Learning (PBL) Model on Students Learning Outcome. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 1004–1008. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.4587
Tanjung, Y., Irfandi, I., Sudarma, T., Lufri, L., Asrizal, A., & Hardeli, H. (2023). The effect of constructivism learning on student learning outcomes: A meta-analysis study. ISER (Indonesian Science Education Research), 28-36. https://doi.org/10.24114/iser.v5i1.49409
Valdez, J. E., & Bungihan, M. E. (2019). Problem-based learning approach enhances the problem solving skills in chemistry of high school students. Journal of Technology and Science Education, 9(3), 282–294. https://doi.org/10.3926/JOTSE.631
Widiawati, R., Hikmawati, H., & Ardhuha, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1803–1810. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.857
Wijaya, A. P. (2020). Gaya kognitif field dependent dan tingkat pemahaman konsep matematis antara pembelajaran langsung dan STAD. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1-16. Retrieved from https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/713
Witkin, H. A., & Goodenough, D. R. (1977). Field-dependent and field-independent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1), 1-64. Retrieved from https://psycnet.apa.org/record/1979-06062-001
License
Copyright (c) 2025 Nisa Hidayatullah, Rizka Sofia Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.