Aplikasi Hybrid Learning berbantuan Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa
Authors
Ade Irma Yunita Sari , Sukardi Sukardi , Masyhuri MasyhuriDOI:
10.29303/jipp.v7i2.486Published:
2022-04-29Issue:
Vol. 7 No. 2 (2022): JuniKeywords:
edmodo, hasil belajar, hybrid learning.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh model hybrid learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan rancangan the nonequivalent pretest-posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS. Penentuam sampel diambil menggunakan teknik random sampling setelah penyepadanan kelas. Instrumen penelitian ini menggunakan tes bentuk pilihan ganda yang telah memenuhi kualiatas instrumen. Analisis data penelitian ini memakai statistik deskriptif, komparatif, serta N-Gain score. Hasil N-Gain score memperlihatkan kelas eksperimen mendapatkan peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh model hybrid learning berbantuan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar siswa. Implikasi secara teoritis bahwa model pembelajaran berorientasi kontruktivistik dan rekonstruksi sosial dapat menjadi landasan kuat dalam pembelajaran bidang sosial.References
Afidah, S. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Hybrid Learning Berbantuan Media Quipper School untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas XI MA Miftahussalam Kambeng Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo). http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10015
Ahmadillah, A. N. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Hybrid Learning Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi: Studi Kasus Siswa Kelas VIII B di SMP Negeri 1 Sumberrejo Bojonegoro (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50213
Al Anshori, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Biogenerasi, 4(2), 8-17. https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/149
Andira, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Media Schoology terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA MAN Pangkep (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/14297
Arsyadi, M. N. (2020). Penerapan model pembelajaran Hybrid untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan Self-Confidence siswa (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32694
Aulia, M. M., Setiyoko, D. T., & Sunarsih, D. (2021). Penanaman Nilai Multikultural dengan Metode Hybrid Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.354
Bahri, A. (2010). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) pada Perkuliahan Fisiologi Hewan terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Kognitif Mhs. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Makassar.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM. http://repository.um.ac.id/id/eprint/60299
Bennett, D., Knight, E., & Rowley, J. (2020). The role of hybrid learning spaces in enhancing higher education students’ employability. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1188-1202. https://doi.org/10.1111/bjet.12931
Chen, S. Y., & Macredie, R. D. (2002). Cognitive styles and hypermedia navigation: Development of a learning model. Journal of the American society for information science and technology, 53(1), 3-15. https://doi.org/10.1002/asi.10023
Daulay, U. A. (2016). Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Dan Retensi Siswa Pada Sistem Peredaran Darah Manusia Di Kelas VIII SMP N 5 Medan (Doctoral dissertation, Unimed). http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19997
Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMAN 8 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/10872
Hake, R. R. (1999). “Analyzing Change/Gain Scoresâ€. www. physycs. indiana. edu/~ sdi. AnalysingChange-Gain. pdf.
Hall, J. K. (2000). Field dependence-independence and computer-based instruction in geography. Virginia Polytechnic Institute and State University.
Hapsari, M. R. S. (2018). Pengaruh Penerapan Media Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ips Sman 1 Srono. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90590
Hariadi, B., Sunarto, M. J., & Sudarmaningtyas, P. (2019). Hybrid learning by using brilian applications as one of the learning alternatives to improve learning outcomes in college. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(10), 34-45. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3421
Hasibuan, R. F., & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 44-52. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.59
Hikmawan, T., & Sarino, A. (2018). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis edmodo terhadap motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 79-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9459
Husamah, H. (2014). Pembelajaran bauran (Blended learning). Research Report.
Husna, Y. A. (2020). Pengaruh Penerapan Aplikasi Edmodo Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xi Ipa Mata Pelajaran Ski Di Man 1 Trenggalek. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16292
Ma, W. Q., Zhang, C. Y., Tang, Q. H., & Jia, Y. (2015). Steelmaking and Continuous Casting Scheduling Based On Hybrid Teaching-Learning-Based Optimization Algorithm. Computer Integrated Manufacturing Systems, 21(5), 1271-1278. 10.13196/j.cims.2015.05.014
Meydanlioglu, A., & Arikan, F. (2014). Effect of Hybrid Learning In Higher Education. International Journal of Information and Communication Engineering, 8(5), 1292-1295. doi.org/10.5281/zenodo.1092346
Musdalifa, M., Ramdani, R., & Danial, M. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbasis Jejaring Sosial Edmodo pada Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 21(1), 59-69. https://doi.org/10.35580/chemica.v21i1.14839
Nurliani, N., Subarjah, H., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 981-990. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3009
Pitoy, Yani Pieter. (2012). Making Mathematics Learning Excited: New Hope, New Spirit with Edmodo. https://guraru.org/guru-berbagi/making-mathematics-learning-excited-new-hope-new-spirit-with-edmodo/
Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Sukra Warpala, I. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155
Ramdhani, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.24967
Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan minat belajar dengan hasil belajar pada pembelajaran sosiologi pada kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 175-181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24
Samsudin, M. D. I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Model Observasi Lapangan (OUTDOOR STUDY) dan Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa IPS SMA Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10(2), 261-276. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1720
Satriani, R. D., Wangid, M. N., & Purwono, P. A. (2020). Pengaruh Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1137-1147. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3181
Setiawan, I. (2019). Penerapan edmodo untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pgsd stkip muhammadiyah muara bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 238-245. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.121
Setyono, E. Y. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell. SOSHUM: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 42. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/SOSHUM/article/view/226
Shibley, I., Amaral, K. E., Shank, J. D., & Shibley, L. R. (2011). Designing a Blended Course: Using ADDIE To Guide Instructional Design. Journal of College Science Teaching, 40(6). http://mrsalas.com/addietoguideinstructionaldesign.pdf
Sinabariba, R. B. (2017). Peranan Guru Memilih Model-Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/snpu/article/view/15017
Siregar, I. Y., Susilo, H., & Suwono, H. (2017). Pengaruh think-pair-share-Write berbasis hybrid learning terhadap keterampilan metakognitif, berpikir kreatif dan hasil belajar kognitif siswa SMA negeri 3 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(2), 183-193. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i2.4217
Sugiyono, D. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, S. (2017). Efektivitas Model Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ekonomi Kreatif Berdimensi Industri Keunggulan Lokal terhadap Keinovatifan Siswa. Cakrawala Pendidikan, (2), 96061. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12335/pdf
Sukardi, S., Ismail, M., & Novi Suryanti, N. M. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokal bagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Cakrawala Pendidikan, (3). https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2384/pdf
Sukardi, S., Rusdiawan, R., & Wardana, L. (2019). The Competitiveness of Master of Education Graduates: Porter’s Diamond Analysis. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(19), 179-187. https://www.learntechlib.org/p/217009/
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Suryani, A. I., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran 5E Terintegrasi Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Smpn 1 Kuripan Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.339
Ursavaş, Ö. F., & Reisoglu, I. (2017). The Effects Of Cognitive Style On Edmodo Users’ Behaviour: A Structural Equation Modeling-Based Multi-Group Analysis. The International Journal of Information and Learning Technology. https://doi.org/10.1108/IJILT-06-2016-0019
Wankel, L. A., & Wankel, C. (Eds.). (2011). Higher Education Administration With Social Media: Including Applications In Student Affairs, Enrollment Management, Alumni Relations, And Career Centers. Emerald Group Publishing.
Wirda, W., Almasri, A., & Sukaya, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas XI Teknik Audio Video Di SMK N 1 Kinali. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 2(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i2.4084
Wu, G., Zheng, J., & Zhai, J. (2021). Individualized learning evaluation model based on hybrid teaching. The International Journal of Electrical Engineering & Education, 0020720920983999. https://doi.org/10.1177/0020720920983999
Yani, A. (2017). Pengaruh Media Model Hybrid Berbasis Web Whanced Course Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 13(3), 224-230.