Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Kelas V di SDN 1 Dasan Tapen Tahun Pelajaran 2021/2022
Authors
Heza Aqil Siroj , A. Hari Witono , Baiq Niswatul KhairDOI:
10.29303/jipp.v7i3.668Published:
2022-07-11Issue:
Vol. 7 No. 3 (2022): SeptemberKeywords:
Literasi, Literasi digital, Minat BacaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa kelas V di SDN 1 Dasan Tapen tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 1 Dasan Tapen. Subjek penelitian ini yaitu seluruh populasi yang berjumlah 35 siswa atau menggunakan studi populasi. Instrumen penelitian berupa kuesioner tipe skala likert. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa literasi digital memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat baca siswa kelas V di SDN 1 Dasan Tapen tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana dengan nilai signifikan 0,00 < α = 0,05. Selain itu literasi digital memiliki pengaruh yang kuat terhadap minat baca siswa yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,795 yang menunjukan derajat hubungan antara variabel literasi digital dengan variabel minat baca sebesar 79,5%. Kemudian literasi digital juga memiliki pengaruh yang positif terhadap miat baca. Artinya semakin baik literasi digital siswa maka semakin baik pula minat baca yang dimiliki siswa. Hal ini ditunjukan dengan hasil Tabel coefficients memiliki nilai signifikan sebesar 0,00 < α = 0,05.
References
Akbar, M. F., & Anggaraeni, Filia D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Self-Director Learning pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Indigenous, 2(1), 28-38.
Amri, Cindy O., Jaelani, Abdul K., & Saputra, Heri H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546-551. Doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291
Caniago, Junita Khairani (2013). Literasi Media dan Literasi Digital. Diakses pada 10 Februari 2021, melalui link: http://junitakhairanicaniago.weebly.com/upload/1/8/4/6/18468290/makalah_literasi_digital_media__digital.pdf
Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh (Skripsi), Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia.
El-Yana, K. (2021). Generasi New Normal. Tanggerang: Indigo Media.
Eristiawan, Y., Asrin., & Khair, Baiq N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 22 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 344-350.Doi: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.439W
Fauziah, R., & Kurniawan, K. (2020). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Literasi Digital Sebagai Upaya Memaksimalkan Pembelajaran Daring. Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 439-442).
Hewi, L, & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for Internasional Student Assasment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4(1), 30-41.
Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ANUVA, 4(2), 231-240.
Isnaini., Safruddin., & Setiawan, H. (2021). Korelasi Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Seteluk. Jurnal ilmiah Mandala Education, 7(4), 222-228.
Mahmur., Hasbullah., & Masrin (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(2), 169-184.
Mahsunah, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Qalamuna – Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 957-968.
Mansyur, U. (2018). Korelasi Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia UMI. Multilingual: Jurnal Kebahasaan dan Kesasteraan, 17(1), 11-22.
Maulana, M. (2015). Defini, Manfaat dan Elemen Penting Literasi Digital. AKADEMIA, 1(2), 1-12. Diakses pada 10 Februari 2022, melalui link: https://www.academia.edu/download/41794888/Definisi__Manfaat_dan_Elemen_Penting_Literasi_Digital.pdf
Mauludin, R., & Cahyani, I. (2018). Literasi Digital dalam Pembelajaran Menulis. Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa XII (pp. 1273-1281).
Miftachurrohmah, & Haq, Mohammad S. (2020). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri Se-Kota Kediri. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 156-166.
Musaddat, S., Qodri, M. S., Atmaja, C., Murahim., & Mari’i (2021). Pengembangan Program Literasi Bahasa Berbasis Kelas di Lombok Barat: Potret, Program dan Kebutuhan Era Digital. Jurnal Ilmiah Mandala Education, Universitas Mataram, 7(1), 20-25.
Perpustakaan Kemendagri. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 dari 70 Negara. Diakses pada 06 Februari 2022, melalui link: https://perpustakaan.kemendagri.go.id/?p=4661
Ruddamayanti (2019). Pemanfataan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Dalam Proseding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (pp. 1193-1202).
Sahidillah, Muhammad W., & Miftahurrisqi, P. (2019). WhatsApp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan, 31(1), 52-57.
Sandi, Elisabeth D. (2020). Mendikbud: Januari 2021 Sekolah Boleh Tatap Muka, Ini Syaratnya. Compas.com. Diakses pada 10 Februari 2022, melalui link: https://edukasi.kompas.com/read/2020/11/20/161556771/mendikbud-januari-2021-sekolah-boleh-tatap-muka-ini-syaratnya?page=all
Setiawan, H., Aji, Styo M. W., Oktaviyani, I., Jiwandono, Ilham S., Rosyidah, Awal N. K., & Gunayasa, Ida B. K. (2021). Pemanfaatan Sumber Bacaan Berbasis Augmanted Reality Untuk Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 6(1), 146-156. Doi: http//dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.554
Squires, S. (2014). The Effects of Reading Interest, Reading Purpose, and Reading Maturity on Reading Comprehension of High School Students (Doctoral dissertation), School of Education of Baker University, United States.
Sugiyono (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Wulandari, Dewi R., & Sholeh, M. (2021) Efektivitas Layanan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 327-335.
Yesifa, Hesti K. (2018). Pengaruh Program Literasi Sekolah dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Islam Terpadu Qurrota A’yun Ponogoro (Skripsi), IAIN Ponorogo, Indonesia.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.