Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Pada Pelajaran Biologi Kelas X SMAN 9 Mataram
Authors
Medina Adrianti , Jamaluddin Jamaluddin , Syamsul BahriDOI:
10.29303/jipp.v7i3.703Published:
2022-07-18Issue:
Vol. 7 No. 3 (2022): SeptemberKeywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran SQ4R, Model Pembelajaran TTW.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) adalah model pembelajaran kooperatif yang memiliki sintagmatik yang berbeda namun keduanya sama-sama menitikberatkan pada kegiatan berpikir dan berbagi  ide dengan peserta didik lain sehingga memperoleh pemahaman konsep yang lebih dalam terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penerapan model pembelajaran TTW dan SQ4R terhadap hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 9 Mataram pada topik Perubahan dan Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bersifat komparatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan beberapa instrumen untuk memperoleh skor hasil belajar  kognitif, afektif, dan psikomotorik. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Uji t polled varians dengan taraf signifikasi 5%. Hasil Analisis statistik hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 9 Mataram pada penerapan model pembelajaran TTW dan SQ4R secara signifikan lebih tinggi daripada hasil belajar biologi pada penerapan model pembelajaran Teacher-Centered Learning (TCL), sedangkan hasil belajar biologi peserta didik kelas X SMAN 9 Mataram pada penerapan model pembelajaran TTW secara signifikan lebih tinggi daripada hasil belajar biologi peserta didik pada penerapan model pembelajaran SQ4R. Dismpulkan model pembelajaran TTW dan SQ4R secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi.
References
Asy’ari. (2016). Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbasis Assessment For Learning (AFL) Melalui Penilaian Teman Sejawat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 116-125.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Herliani. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Samarinda. Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS. 1:13.
Ginting., dan Ifan R. (2017). Pengaruh Penerapan Model SQ4R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDN 06 Medan Johar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Medan: UNIMED.
Gistra, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X SMA 2 Payakumbuh. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Sumatra Barat.
Johnson & Johnson. (1994). Cooperative Learning in The Classroom. Virginia Association for Supervision and Curriculum Development.
Kusumaningrum, Diah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodadi. Skripsi. Kediri:Universitas Nusantara.
Mertinah, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2017/2018.e-Journal.
Muhsin, L. B., Sukib., dan Laksminawati., D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berpikir Bierbicara Menulis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KiMIPA Materi Koloid. Jurnal Chemistry Education Practice. 2(2), 37-43.
Prasetyani, Ulfi D. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Melalui Pendekatan Talking Stick Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas VIII Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Di SMP Negeri 31 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negri Semarang.
Putriani, I., Suwignyo, H., & Hasanah M. (2017). Pembelajaran Literasi pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Strategi Think Talk Write (TTW). Prosiding TEP & PDs Transformasi pendidikan Abad 21: 715-720.
Rahayu, Indah. (2014). Model Pembelajaran SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh TerhadapHasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Skripsi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Resdiyanti, I. (2013). Penerapan Model Pembeljaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sumbul. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Medan.
Safitri, Hana. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Min 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sucipto, Agung P. (2016). Efektifitas Pembelajaran Dengan Metode Ceramah Dan Metode Kerja Kelompok Terhadap Peningkatan Pengetahuan Teknik Listrik Dasar Otomotif Pada Siswa Di Smkn 1 Purworejo. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Disekolah Dasar. Widyacarva. 2(2): 19-24.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.