Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Muatan Pembelajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Kempo Tahun Ajaran 2021/2022
analisis keterampilan mengajar guru pada muatan pembelajar matematika kelas V di SD Negeri 1 Kempo tahun ajaran 2021/2022
Authors
Lisa Hariati , Muhammad Turmuzi , Heri Hadi SaputraDOI:
10.29303/jipp.v7i3.722Published:
2022-07-18Issue:
Vol. 7 No. 3 (2022): SeptemberKeywords:
keterampilan mengajar guru, pelajaran matematika, SDN 1 KempoArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Guru memiliki peran yang sangat dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah mengajar. Oleh karena itu guru harus memiliki keterampilan mengajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru pada muatan pelajaran matematika peserta didik kelas V di SDN 1 Kempo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas yang mengajar muatan pelajaran matematika Kelas V di SDNÂ 1 Kempo. Data keterampilan mengajar guru diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil observasi terhadap delapan keterampilan mengajar guru menunjukkan bahwa guru sudah cukup baik dalam melaksanakan keterampilan mengajar dengan skor rata-rata yang diperoleh adalah 3,53. Masih terdapat beberapa komponen keterampilan mengajar yang belum terlaksana dengan cukup baik.
References
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of “merdeka belajarâ€. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38-49.
Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 1-7.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.
Antika, L. T., & Haikal, M. (2019). Keterampilan mengajar mahasiswa calon guru biologi: Analisis berbasis gender. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 101-107.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmadawati, A. (2014). Keterampilan mengelola kelas. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 2(2), 1-12.
Burgess, S., & Sievertsen, H. H. (2020). Schools, skills, and learning: The impact of COVID-19 on education. VoxEu. org, 1(2).
Cahyani, P. A. H. I., Nurjaya, I. G., & Sriasih, S. A. P. (2016). Analisis keterampilan bertanya guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Dewi, N. K., Nasaruddin, N., Safruddin, S., & Affandi, L. H. (2021). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Daring Berbasis Hots Dan Kelokalan Ntb Pada Mahasiswa PGSD FKIP UNRAM. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(4), 480-486.
Firdaus, D. F. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa tenbtang Kompetensi Profesional Guru dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Kuningan. Syntax Idea Vol. 2 No, 3.
Ginting, S. (2019). hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn Dengan Sikap Demokratis Peserta Didik Di Kelas XII Semester Ganjil SMK Gotong Royong Kuala Kabupaten Langkat TP 2017/2018. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, 1(1), 10-15.
Harkins, A. M. (2008). Leapfrog Principles and Practices: Core Components of Education 3.0 and 4.0. Future Research Quality, 24(1), 19–31.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.
Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152-157.
Indrawan, I., Warlinah., Faizah, T, N., Rusmiati, M., Rohim, T., Martiani, D., Adabiah, R., Khairiyah, M., Mukarromah., Masitah, U., Nofriyanti., Widabarti, E., Jauhari. (2019). Guru Sebagai Agen Perubahan. Lakeisha. Klaten.
Istiningsih, S., Astria, F. P., Khair, B. N., Haryati, L. F., & Maulyda, M. A. (2020). Pelaksanaan Perkuliahan Pengajaran Mikro di Program Studi PGSD: Sebuah Penelitian Evaluasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 93-100.
Keterampilan Mengadakan Variasi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 7(1), 33-38.
Lase, D. (2019). Education and industrial revolution 4.0. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 10(1), 48-62.
Marinoni, G., Van’t Land, H., & Jensen, T. (2020). The impact of Covid-19 on higher education around the world. IAU Global Survey Report.
Marpaung, J. N., & Cendana, W. (2020). Keterampilan menjelaskan guru untuk membangun minat keterlibatan siswa dalam pembelajaran online. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(7), 1245-1252.
Merliza, P., Ralmugiz, U., & Waritsman, A. 2020. Role Of Scaffolding Toward Enhancing Understanding Of Low-Achieving Students (LAS) In Mathematics Learning.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Pratama, L. D., & Lestari, W. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285.
Purnama, L. N. L., Asrin, A., & Jiwandono, I. S. (2021). Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2), 195-203.
Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPA yang mendukung keterampilan abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 98-108.
Retnodari, W., Elbas, W. F., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 15-21.
Rymarczyk, J. (2020). Technologies, opportunities and challenges of the industrial revolution 4.0: theoretical considerations. Entrepreneurial business and economics review, 8(1), 185-198.
Safi, F. (2016). Deskripsi Keterampilan Dasar Guru Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Dalam Pembelajaran Geografi SMA Negeri di Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, 1(451412033).
Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial revolution 4.0 and education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314-319.
Sopandi, A. (2019). Pengaruh kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru. Scientific Journal of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121-130.
Sridana, I. N., Arjudin, A., Amrullah, A., Turmuzi, M., & Junaidi, J. (2021). Sosialisasi dan implementasi perangkat pembelajaran matematika dalam mendukung keterampilan abad 21. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 58-62.
Subana, M & Sudrajat., (2009). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukani, S. (2013). Keterampilan Memberikan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Martapura.
Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26-36.
Supriatna, E., & Wahyupurnomo, M. A. (2015). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMAN Se-Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1).
Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI (1). https://doi. org/10.29408/didika. v6i1, 1516.
Sutiarso, S. 2009. Scaffolding dalam pembelajaran matematika. Hal M – 527.
Tarkar, P. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on education system. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(9s), 3812-3814.
Teygong, L., Moses, K., & Daniel, O. (2018). Influence of teacher pedagogical competencies on pupils academic performance in public primary schools in Kenya. European Journal of Education Studies.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165-176.
Ulfa, Amira. 2007. Penerapan strategi scaffolding terhadap kemampuan pemecah masalah matematika siswa di kelas XI MAN Banda Aceh. Hal 1.
Vijaya, K. S. N., & Naik, S. P. (2016). Effect of Reflective Teaching Training and Teaching Aptitude on Teaching Skills among Elementary Teacher Trainees. Journal on Educational Psychology, 9(3), 11-23.
Wahyulestari, M. R. D. (2018, July). Ketrampilan Dasar Mengajar di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.