Efektivitas Model Pembelajaran Proyek Matematika Missouri (PMM) Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa Kelas V SDN 1 Bagik Polak Tahun Ajaran 2021/2022
Authors
Miftahul Makrif , Siti Istiningsih , Awal Nur Kholifatur RosyidahDOI:
10.29303/jipp.v7i3.739Published:
2022-07-20Issue:
Vol. 7 No. 3 (2022): SeptemberKeywords:
Model Pembelajaran Proyek Matematika Missouri (PMM), Kemampuan Kreativitas MatematisArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kreativitas matematis merupakan kemampuan mengemukakan ide-ide baru dalam masalah matematika dan merinci masalah matematis yang umum ke dalam sub-sub masalah yang lebih spesifik serta dapat menemukan solusi matematika secara mudah dan fleksibel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran proyek matematika missouri (PMM) terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa kelas V SDN 1 Bagik Polak tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pre experimental dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Bagik Polak sebanyak 34 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling sehingga menjadikan seluruh populasi sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan berupa tes kreativitas matematis dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh, dianalisis menggunakan uji paired samples t-test dengan signifikansi 0,05. Sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk dan diperoleh nilai signifikansi pretest sebesar 0.326 dan nilai signifikansi posttest sebesar 0,482. Sehingga dapat disimpulkan data berdistribusi normal karena nilai signifikansi data pretest dan posttest > 0,05. Sementara hasil uji paired samples t-test diperoleh nilai Sig. (2 tailled) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti model pembelajaran proyek matematika missouri (PMM) efektif terhadap kemampuan kreativitas matematis siswa kelas V SDN 1 Bagik Polak tahun ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata nilai tes kemampuan kreativitas matematis siswa, terdapat perbedaan peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest menggunakan model pembelajaran proyek matematika missouri (PMM) sebesar 15,44.
References
Ansori, H., & Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuam Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58. doi:10.20527/edumat.v3i1
Amirullah. (2015). Populasi dan Sampel (Pemahaman, Jenis dan Teknik). Bayumedia Publishing Malang.
Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 170–175. doi:10.29303/jpm.v16i2.2446
Ariesta, M., Harjono, A., & Husniati (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Progres Pendidikan, 1(1), 24–32. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/5
Erfan, M., Maulyda, M. A., Ermiana, I., Rachmatul, V., Hidayati, & Ratu, T. (2020). Profil Kemampuan Pembedaan Rangkaian Seri dan Paralel Calon Guru Sekolah Dasar. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 13–21. Retrieved from https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/1907
Fakhruddin, M., Ananda, R., & Istiningsih, S. (2013). Perubahan Paradigma dalam Organisasi Belajar di Abad 21. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(2), 110–117. doi:10.21009/PIP.272.5
Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(2), 77–90. doi:10.30870/jppm.v11i2.3756
Frey, B. B. (2018). TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study). The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, 242. doi:10.4135/9781506326139.n704
Gunadi, F., Rahmawati, U., & Hadi, I. P. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Persamaan Trigonometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 77–86. doi:10.31943/mathline.v5i1
Hikmah, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14244
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. doi:10.29303/prospek.v2i1.57
Indraswati, D., Ermiana, I., Widodo, A., & Maulyda, M. A. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmu Dakwah, 19(1), 27–45. Retrieved from http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/3342
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jumanah, Arjudin, & Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 1(1), 44–52. doi:10.29303/pendas.v1i1.54
Mansyur, M., & Khaerani. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Equals: Journal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 10–20. doi:10.46918/eq.v3i1.560
Marliani, N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), 33–39. doi:10.30870/jppm.v9i1.978
Norhidayah, V. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri (MMP) Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Walisongo.
OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) Results from PISA 2018. Oecd, 1–10. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178–189. doi:10.29408/jel.v5i2.1317
Saputra, T. A., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Kawo Tahun Ajaran 2019/2020. Progres Pendidikan, 1(1), 7–13. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/index%0APENGARUH
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawalli Pers.
Savitri, S. N., Rochmad, & Agoestanto, A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Matematika Mengacu Pada Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 29–33. doi:10.15294/ujme.v2i3.3444
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Desmiati, Z. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(3), 232–245. Retrieved from http://103.8.79.252/index.php/pendasmahakam/article/view/269
Suripah, S., & Sthephani, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Akar Pangkat Persamaan Kompleks Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 150–160. doi:10.21831/pg.v12i2.16509
Tinda, E. M., Wahyuni, R., & Mandasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36–45. doi:10.31540/jmse.v2i1.581
Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. Konferensi Nasional Matematika XV, 7(2), 39–48. Retrieved from ejournal.unkhair.ac.id/index.php/pedagigk/article/view/2689
Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Kelas IV. JIPP: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691–697. doi:10.29303/jipp.v6i4.318
Zubair, & Nurhasanah (2013). Pengembangan Media dan ABP Pembelajaran IPS SD. FKIP: Universitas Mataram.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.