Efektivitas Media Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Pemahaman Vocabulary Bahasa Inggris Siswa Kelas IV di MINU Tropodo Waru Sidoarjo
Authors
Alifi , Galih , Masud , NadlirDOI:
10.29303/jipp.v10i1.2828Published:
2025-02-28Issue:
Vol. 10 No. 1 (2025): FebruariKeywords:
Bahasa Inggris, Media Crossword Puzzle, Pemahaman Vocabulary.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang menjadi penyebab kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman kosakata bahasa Inggris. Selain itu, faktor lain yang turut berperan penting adalah penggunaan media pembelajaran yang terlalu monoton yang diterapkan oleh guru pada pelajaran bahasa Inggris. Khususnya dalam memahami kosakata bahasa Inggris. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam memahami kosakata, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian dengan target yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary bahasa Inggris di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen quasi yang berjenis Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media crossword puzzle sedangkan variabel terikatnya adalah pemahaman vocabulary bahasa Inggris peserta didik kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 peserta didik sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 peserta didik yang dibagi menjadi kelas kontrol berjumlah 27 dan kelas eksperimen juga berjumlah 27. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest-posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 56,00 sementara pretest kelas eksperimen sebesar 64,87. Sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 69,45, sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 92,87. Perbedaan nilai rata-rata pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diberi perlakuan. Hasil uji-t menyimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada skor nilai antara kelas kontrol (tanpa media crossword puzzle) dan kelas eksperimen (dengen media crossword puzzle) dalam mata pelajaran bahasa Inggris peserta didik kelas IV A dan IV C MINU Tropodo Waru Sidoarjo. Maka penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media crossword puzzle terhadap pemahaman vocabulary bahasa Inggris di kelas IV MINU Tropodo Waru Sidoarjo.
References
Afifah, L. N., Rukayah, R., & Adi, F. P. (2018). Penerapan Crossword Puzzle untuk meningkatkan pemahaman konsep uang pada siswa sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 57–62.
Alamsyah, S., & Budimanjaya, A. (t.t.). Strategi mengajar multiple intelligences mengajar sesuai kerja otak dan gaya belajar siswa. Prenadamedia Group.
Anggraeni, N. (2021). Penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui media Crossword Puzzle pada siswa SMP Negeri 8 Penajam. Jurnal Sosial dan Sains, 1(8), 827–837.
Annisa, P. (2019). Pengaruh bahasa asing terhadap bahasa Indonesia di tengah arus globalisasi.
Aryesha, V. (2021). Pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi teka-teki silang (Crossword Puzzle). Jurnal Binagogik, 8(2).
Azwar, S. (2013). Metode penelitian (Edisi ke-1). Pustaka Pelajar.
Sudaryana, D. E. A. B., Agusiady, R. R., & SEe, M. M. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif. Deepublish.
Pratiwi, A. (t.t.). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan Pembelajaran IPA Di SDN Gunung Sari 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar The Effect Of The Crossword Puzzle Learning Strategy On.
Damayanti, A. D. (2020). Peningkatan pemahaman kosakata bahasa Inggris materi nama-nama benda alam sekitar melalui media flash card siswa kelas II MIN 1 Kota Surabaya [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya].
Dwi (2021). Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Inggris Materi Nama-nama Benda Alam Sekitar melalui Media Flash Card Siswa Kelas II MIN 1 Kota Surabaya [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel].
Darmayanti, R., Nguyeen, P. T., & Serpe, A. (2023). Gema CowPu: Development of mathematical crossword puzzle learning media on geometry material on middle school students’ critical thinking ability. Assyfa Learning Journal, 1(1), 37–48.
DJamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar.
Finch, & Koprowski. (2019). Meaningful vocabulary learning: interactive bingo.
Fitriyah, N. (2019). Peningkatan pemahaman kosakata materi alat al muwasalat mata pelajaran bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi pada siswa kelas II E MI Al Fithrah Kedinding Surabaya [Universitas Sunan Ampel Surabaya].
Ghodang, H. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif (konsep dasar dan aplikasi analisis regresi dan jalur dengan SPSS). Penerbit Mitra Grup.
Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk penelitian pendidikan. Parama Publishing.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta Media Group.
Herlina, H. (2015). Meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui metode permainan Bingo. Visi, 10(2), 259978.
Holidazia, R., & Rodliyah, R. S. (2020). Strategi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.
Jamjam. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Pada Siswa. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 8(02).
Jannah, M. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran crossword puzzle terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris di kelas IV MI Salafiyah Jepara tahun ajaran 2020/2021 [Skripsi, UIN Walisongo].
Kasihani, S. (2007). English for young learners. Bumi Aksara.
Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, (50).
Matondang, Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.
Muhafidin, M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V MIN 6 Bandar Lampung [Disertasi, UIN Raden Intan Lampung].
Nisa, K. (2019). Peningkatan Pemahaman Mufradat Materi Ashab Al-Mihnah Mata Pelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Flash Card Di Kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya].
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.
Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.
Nurhalimah, N., Romdanih, R., & Nurhasanah, N. (2020). Upaya Meningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 72–78.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Oktavia, S. H., & Has, Z. (2017). pengaruh Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Bukit Raya Pekanbaru. PEKA, 5(1), 43–57. Pemerintah Indonesia. (1945). Undang Undang Dasar 1945 - Dewan Perwakilan Rakyat. Diakses 3 Januari 2024.
Prasetyaningtyas, S. (2020). Penerapan Metode Permainan Kartu Kwartet untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Belajar pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 100–108.
Ritonga, A. W., Ritonga, M., & Septiana, V. W. (2021). Crossword puzzle as a learning media during the covid-19 pandemic: HOTS, MOTS or LOTS? Journal of Physics: Conference Series, 1933(012126). IOP Publishing.
Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa.
Samarinda, E. P., Handayani, T., & Sofyan, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 5 Subtema 1 Kelas V MIN 08 Muara Enim. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 752–755.
Sapriyah, S. (2019). Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, 470–477.
Sari, S. (2020). Pengaruh Komunikasi dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Jihad Kecamatan Tembilahan Hulu. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(1), 75–93.
Setyawan, F. E. B. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian:(statistika praktis). Zifatama Jawara.
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. literasi media publishing.
Sri, A. (2008). Media pembelajaran. UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sukanda Permana, N. I. S. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Baiturrosyad Lembur Awi Pacet | Resource | Research of Social Education.
Sukmawati, A. K. (2020). Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Metode Modelling The Way Pada Kelas IV MI Ma’arif Polorejo Kabupaten Ponorogo [Disertasi, IAIN Ponorogo].
Sutedi, D. (2009). Penelitian pendidikan bahasa Jepang. Humaniora.
Syafitri, A., Yundayani, A., & Kusumajati, W. K. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Tambunsaribu, G., & Galingging, Y. (2021). Masalah yang dihadapi pelajar bahasa Inggris dalam memahami pelajaran bahasa Inggris. DIALEKTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 8(1), 30–41.
Tarigan, H. G. (2012). Penguasaan kosakata dalam kinerja bahasa. Remaja Rosdakarya.
Uliyandari, M., Candra, I. N., & Sumpono, S. (2014). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri Kota Bengkulu untuk Mata Pelajaran Kimia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.
Yudiati, R., & Rizqi, H. (2021). The Development of Learning Media Based on Android Using Crossword Puzzles to Improve Student’s Vocabulary Skill. 2nd Borobudur International Symposium on Science and Technology (BIS-STE 2020), 208–214. Atlantis Press.
License
Copyright (c) 2025 Alifi, Galih, Masud, Nadlir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.