Analisis Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Pada Proses Pembelajaran (Studi Literature Review)
Authors
Muhammad SalimDOI:
10.29303/jipp.v9i3.3127Published:
2024-08-31Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Analisis, Aplikasi, Pembelajaran Daring, PembelajaranArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidik dituntut untuk inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, oleh karena itu perlu memanfaatkan berbagai aplikasi pembelajaran daring yang sebagai alternatif pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pemanfaatan pembelajaran daring pada proses pembelajaran. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literature review yang bersumber dari data sekunder yang berasal dari laporan hasil penelitian yang tertuang dalam artikel, buku teks, prosiding dan website serta sumber-sumber lain yang dianggap relevan dengan topik kajian ini. Selanjutnya peneliti melakukan tabulasi dan melakukan analisis untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat beberapa aplikasi pembelajaran daring yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu 1) Sway digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif 2) Wordwall berisi fitur kuis, menjodohkan atau memasangkan pasangan, pencarian kata, dan kata acak. 3) Quizizz. memiliki fitur yang menarik, seperti karakter tema yang berbeda-beda,4) Google Classroom, dapat diakses kapan saja dan di mana saja, tidak membutuhkan banyak bandwidth atau kuota akses; 5) Zoom, memudahkan interaksi dengan siswa, memberikan variasi dalam pembelajaran online, 6) Kahoot, menggabungkan elemen pembelajaran dan hiburan dalam format kuis interaktif. Beberapa aplikasi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar, motivasi belajar serta berpikir kritis siswa baik yang dilaksanakan pada sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi.
References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, & Nursaadah, R. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6).
Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).
Alfaeni, D., Nurkanti, M., & Halimah, M. (2022). Kemampuan Kolaborasi Siswa Melalui Model Project Based Learning Menggunakan Zoom Pada Materi Ekosistem. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi , 13(2).
Al-qonita, A. S., Aliputri, N. U., & Kinasih, P. P. (2023). Literature Review: efektivitas aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan.
Aprilia, C. (2022). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Microsoft Teams Dan Sway Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA N 1 Banyumas. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3).
Ardian, S., Hasanah, W. K., & Rana, F. I. (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. Bihari Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 3(2).
Arlianti, Pangestika, R. R., & Ngazizah, N. (2021). Analisis Respon Dan Keaktifan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom. Jurnal Dharma PGSD, 1(2).
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran . Gunahumas Jurnal Kehumasan Unipersitas Pendidikan Indonesia, 3(1).
Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Clasroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelsjrsn Ekonomi. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).
Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Madaniyah, 11(2).
Haddar, G. Al, & Juliano, M. A. (2021). Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada siswa Tingkat Sekolah Dasar. Research & Learning in Education, 3(6).
Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1).
Larasati, D. A., & Yuanta, F. (2021). Efektivitas Media Microsoft 365: Sway terhadap High Order Thingking Skill dalam Pembelajaran Daring di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 5(6).
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).
Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5).
Ma’ruufah, M. A., Gestiardi, R., & Chumdari. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1).
Merliana, A., Aprily, N. M., & Agustini, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Sway Sebagai Media Pembelajaran IPS SD Mengenai Materi Kegiatan Ekspor dan Impor. Indonesia Journal Of Primary Education, 5(2).
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., & Hasanah, A. L. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative Reserarch & Learning in Primary Education, 1(2).
Munawaroh, S. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Aplikasi Sway pada Mata Pelajaran Produksi Olahan Diversifikasi Hasil Perikanan. Jurnal Kreatif Online, 9(1).
Mustofa, M., Bara, A. B., & Khusaini, F. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Get Press Indonesia.
Nainggolan, A. P., & Manalu, R. B. B. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Clasroom Terhadap efektifitas Pembelajaran. Journal Coaching Education Sports, 1(2).
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1).
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat Motivasi Belajar siswa Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).
Nugraha, D. (2024). Pembelajaran Daring, Literasi Digital, dan Perilaku Bermedia Sosial. CV.Adanu Abimata.
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(1).
Permana, S. P., & Kasriman. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5).
Purnamasari, S., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Putra, A., & Kesi, A. (2020). Systematic Literature Review: Penggunaan Kahoot Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potential Utilization Of Tiktok Social Media As Internal Learning Media Online Learning. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2).
Rohman, A. (2021). Panduan Praktis Pembelajaran Daring dengan Google Classroom dan Google Meet. PT Elex Media Komputindo.
Salim, M. (2023). Inovasi Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4).
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2).
Santosa, M. H. (2022). Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Guru-Guru Di Indonesia. Nilacakra.
Saputra, M. R. A., Chalid, F. I., & Budianto, H. (2023). Metode Ilmiah & Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kepustakaan (Bahan Ajar Madrasah Riset)). Nizamia Learning Center.
Savira, A., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Media aplikasi Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4).
Siregar, W. V., Hasibuan, A., & Nurdin, M. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Daring Untuk Membangun Generasi Hebat. Jurnal Vokasi, 5(2).
Siswanto, D. H., Alghiffari, E. K., & Andriyani. (2024). Pengembangan Alat Evaluasi Berpikir Kreatif Berbasis Aplikasi Microsoft Sway pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah Dan Pesantren, 3(2).
Yatimah, D., Ansori, Hermawan, Y., & Alhadihaq, M. Y. (2024). Pemanfaatan Platform Digital untuk Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.