Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Bubur Kertas Pada Anak Usia 5-6 Tahun di KB Mentari Gomong Tahun Ajaran 2021/2022
Authors
Rahmawati Rahmawati , MA. Muazar Habibi , Ika RachmayaniDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.768Published:
2022-08-24Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Bubur kertas, Motorik Halus, Usia 5-6 tahun.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di KB Mentari Gomong terkait dengan perkembangan motorik halus anak yang masih belum berkembang optimal. Hal ini dapat dilihat dari kurang optimalnya kemampuan anak dalam menggerakkan jari jemari, kordinasi mata dan tangan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan motorik halus melalui bermain bubur kertas pada anak usia 5-6 tahun di KB Mentari Gomong. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui bermain bubur kertas di KB Mentari Gomong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 anak yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Penelitian menggunakan 2 siklus dengan empat kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada siklus I (pertemuan I) memperoleh nilai persentase sebesar (49,52%). terjadi peningkatan di tahap I (pertemuan II) sebesar (55,95%), pada siklus II (pertemuan III) meningkat lagi mencapai (70,71%), pada siklus II (pertemuan IV atau terakhir) sebesar (87,14%) dan telah melebihi target yang diinginkan yakni 76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain bubur kertas dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun di KB Mentari Gomong Tahun ajaran 2021/2022.
References
Aprilena (2015). “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Menggunakan Aneka Warna Krayonâ€. Di akses pada 20 Maret 2021. http://repository.unib.ac.id
Bambang Sujiono (2008). “Metode Pengembangan Fisikâ€. Jakarta: Universitas Terbuka.
B. Susilaningsih (2015). â€Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Bermain Bubur Kertas Di TK ABAâ€. Di akses pada 25 Juni 2020. http://eprints.uny.ac.id
Decaprio, Richard (2013). “Aplikasi Pembelajaran Motorik Di Sekolahâ€. Yogyakarta: Diva Press.
Desi Afriani (2017). â€Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Bermain Bubur Kertas Di TK B Rizani Putraâ€. Di akses pada 29 Mei 2021. http://repository.unja.ac.id
Elyska Karolina (2020). “Pengaruh Media Plastisin Bubur Kertas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Perwanida 1 Bandar Lampungâ€. Di akses pada 12 Juni 2022. http://repository.radenintan.ac.id
Fahruddin & Zulfakar (2018). Culturally Responsive Teaching Practice In Early Childhood International Jurnal of Recent Scientifict Research. Vol.9, Issue 9(E), PP 28941-2895.
Fara Silvia (2020). “Perkembangan Motorik Halus Melalui Media Bubur Kertas Pada Anak Usia 3-4 Tahunâ€. Di akses pada 12 Juni 2022. http://repository.ar-raniry.ac.id
Fitri, L., Astini, BN., Rachmayani, I., & Fahruddin, F. (2021). “Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Motoric Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahunâ€. Jurnal Pendidikan Dasar dan Anak Indonesia, 2 (2), 236-242.
Khadijah & NuruL Amelia (2020). “Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori Dan Praktikâ€. Jakarta : Kencana.
Lestari, I., Habibi, M., Rachmayani, I., & Astini, BN (2021). “Upaya Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Media Gambar Berseri Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Mertak Kecamata Pujut Lombok Tengah Tahun 2021â€. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Anak Indonesia, 2 (3), 308-313.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, 2014. Jakarta.
Putri, SH, Astawa, IMS, Rachmayani, I., & Suarta, IN (2021). “Kegiatan Menganyam Untuk Menyempurnakan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun :Studi Kasus Di Desa Mekar Sari Gerung Tahun 2020â€. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Anak Indonesia, 2 (1), 202-207.
R.E. Izzaty. “Perkembangan Peserta Didikâ€. (Yogyakarta: UNY press, 2008) h.14
Rudiyanto, Ahmad (2016). “Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Diniâ€. Lampung: Darussalam press.
Siti Saniya (2020). “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Aktivitas Montase Di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Mutira Hati Kota Jambiâ€. Di akses pada 15 Mei 2022. http://repository.uinjambi.ac.id
Sopiawati (2014). “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Taman Kanak-Kanak Melalui Bermain Tanah Liat Di Usia 5-6 Tahun TK PGRI Kecamatan Lembang-Bandung Baratâ€. Di akses pada 22 Juni 2021. http://repository.upi.ac.id
Suharmi Arikunto (2010). “Penelitian Tindakan Kelasâ€, Yogyakarta: Aditya Media.
Wahyuni, S.., Astini, BN., Suarta, IN, & Astawa, IMS (2021). “Pengembangan Boneka Kulit Jagung Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anakâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Anak Indonesia, 2 (1), 185-190.
Sugiyono (2014). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Zeni Suryaningsih (2017). “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Menggunakan Kirigami Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun†. Di akses pada 20 Mei 2022. http://eprintslib.ummgl.ac.id
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.