Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Perilaku Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa
Authors
Yinsix Tamala , Arjudin Arjudin , Muhammad Turmuzi , Sripatmi SripatmiDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.789Published:
2022-09-01Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Aktivitas Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler; Perilaku Belajar; Prestasi Belajar MatematikaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam upaya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun dalam proses pembelajaran matematika disekolah, rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran dikelas, dan kebiasaan siswa yang tidak baik dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Sembalun Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII dengan jumlah 45 siswa. Sampel yang digunakan adalah total sampling dimana seluruh populasi menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika sebesar 47 ; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar ; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika dengan sumbangan efektif sebesar  dan sumbangan efektif masing-masing variabel berturut-turut  dan %. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler dan perilaku belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa.
References
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku guru matematika SMP. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebudayaan.
Dalyono, M. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2003). UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Djafry, Novianty (2008). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pesantren Al-Khaerat Gorontalo. Jurnal INOVASI, 5(3), 136-150.
Hadi, Sutrisno (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.
Hanifah & Abdullah, S. (2001). Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing, Dan Informasi, 1(3), 63–86. https://doi.org/10.25105/mraai.v1i3.1767
Mardiana, N. (2012). Upaya Guru dalam Meningkatkan Perilaku Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1).
Muinah, M. (2020). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.47165/jpin.v3i1.80
Mulyasa, E.(2006). Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Murti, W. (2019). Pengaruh Perilaku Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Viii Smpn 4 Bantimurung. Binomial, 2(1), 54–63.
Nofianti, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 120. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p120-129
Permendikbud (2013). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97.
Rahmawati, N., Qahfi, & Mariyanto, A. (2019). Pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di smp. Jurnal Paedagogie, 7(1), 1–12.
Rakhmawati, M. N. (2014). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pangasuh. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Salsabila, A., & Puspitasari (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pendidikan Dan Dakwah, 2, 278–288.
Siregar, Syofian (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sripatmi, S., Baidowi, B., & Fitriani, F. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(2), 104–112. https://doi.org/10.29303/jm.v1i2.1428
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Syah, Muhibbin (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Turmuzi, M. (2016). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Mataram
Wiratmoko, A. (2012). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Robotika terhadap Kecerdasan Emosional Siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.