Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 24 Mataram Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2021/2022
Authors
Aprilianti Aprilianti , Sripatmi Sripatmi , Nilza Humaira Salsabila , Nani KurniatiDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.820Published:
2022-09-11Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Persamaan Garis LurusArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kesulitan siswa dalam belajar matematika bukan merupakan masalah yang baru, salah satunya ditunjukkan dengan kurang kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika, siswa harus memiliki sikap afektif seperti disposisi matematis untuk membantu siswa agar lebih percaya diri, berpikir terbuka, bertekad kuat serta minat dan keingintahuan siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 24 Mataram tahun ajaran 2021/2022 dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster sampling dan subjek penelitian yang terpilih pada penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIIIA SMPN 24 Mataram. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu dengan angket disposisi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan disposisi matematis kategori tinggi memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori baik sekali. Kemudian 2 siswa dengan disposisi matematis kategori sedang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori cukup. Selanjutnya 2 siswa dengan disposisi matematis kategori rendah memiliki tingkat kemampuan pemecahan yang berbeda yaitu kurang dan kurang sekali. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki disposisi matematis dengan kategori tinggi memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sangat baik. Selanjutnya siswa yang memiliki disposisi matematis dengan kategori sedang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masaalah dengan kategori cukup. Kemudian siswa yang memiliki disposisi matematis dengan kategori rendah memiliki tingkat kemampuan pemecahan yang kurang dan kurang sekali.
References
Amri, S., & Ahmadi, LK. (2010) Proses pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Yogyakarta: UNY.
Islamiati, N., Lapele, D.A., & Sari, B.P. (2021) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis pada Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Jurnal Pendidikan Matematika 10(02), 30-35.
Hutajulu, M., Wijaya, T.T., & Hidayat, W. (2019) The effect of mathematical dispotition and learning motivation on problem solving: an analysis. Infinity Journal, 8(2), 30-37.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Disposisi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mawaddah, S., & Anisah, H., (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika 3(2), 166-175.
National Council of Teachers of Mathematics. (1989). Curriculum And Evaluation Standars For School Mathematica, (Online) Retrieved From http://www.nctm.org/focalpoints
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.
Polya, G (1973). How To Solve It. United States Of America: Princeton University Pres.
Pratama, D.O. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Kelas VIII SMP Negeri 01 Seluma. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Pratiwi, A.R. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik Dalam Setting Model Anchored Instruction Matematika. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, 22-23.
Siniguian, T. M. (2017). Students Difficulty In Solving Mathematical Problems. International Journal of Advanced Research in Engineering and Applied Sciences, 6(2), 30-37.
Sumarmo, U. (2010). Berfikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik. (Online). http://www.academia.edu,diakses
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.