PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA
Penulis
Dedi Riyan Rizaldi , A. Wahab Jufri , Jamaluddin JamaluddinDOI:
10.29303/jipp.v5i1.103Diterbitkan:
2020-05-09Terbitan:
Vol 5 No 1 (2020): MeiArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Abstrak: Perkembangan dunia teknologi dan informasi yang semakin pesat dapat memberikan alternatif bagi pendidik untuk menggunakan berbagai media pembelajaran salah satunya yaitu Physics Education and Technology (PhET). Tujuan penulisan artikel ini untuk menjelaskan tentang 1). Efektivitas penerapan media simulasi PhET dalam proses pembelajaran fisika, 2) Strategi penerapan media simulasi PhET dalam proses pembelajaran fisika, serta 3) Kelebihan dan kekurangan media simulasi PhET dalam proses pembelajaran fisika. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan filosofi post positivisme dengan teknik pengumpulan data berupa tri-anggulasi (gabungan), yaitu penelitian kepustakaan melalui pengumpulan data, terutama data verbal seperti buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara induktif. Berdasarkan hasil tinjauan pustaka, analisis data, dan diskusi dapat disimpulkan bahwa 1). Media simulasi PhET secara efektif digunakan untuk membantu guru dan siswa dalam mempelajari konsep fisika, 2) media simulasi PhET sangat baik dikombinasikan dengan model pembelajaran inkuiri, dan 3) media simulasi PhET memiliki keuntungan yaitu efektif dalam menjelaskan konsep fisika yang sifatnya abstrak, sedangkan kekurangannya adalah bahwa implementasi di sekolah sangat tergantung pada unit komputer yang tersedia.
Kata kunci: Simulasi Interaktif PhET, Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Fisika
Abstract: The rapid development of technology and information world can provide an alternative for educators to use various learning media, one of which is Physics Education and Technology (PhET). The purpose of this review is to explain 1). The effectiveness of the application of PhET simulation media in the physics learning process, 2) The strategy of applying the PhET simulation media in the physics learning process, and 3) The anvantages and disanvantages of the PhET simulation media in the physics learning process. The writing of this article uses a qualitative method based on a post positivisme philosophy with data collection techniques in the form of tri-anggulation (combined), namely library research through data collection, especially verbal data such as books, articles, notes, and various other scientific literature. The data collected is then analyzed inductively. Based on the results of literature review, data analysis, and discussion it can be concluded that 1). PhET simulation media are effectively used to help teachers and students in learning physics concepts, 2) PhET simulation media are very well combined with inquiry learning models, and 3) PhET simulation media has the advantages of being effective in explaining abstract physical concepts, while the disadvantages is that the implementation in schools is very dependent on the computer units available.
Keywords: PhET Interactive Simulations, Guided Inquiry, Physics Learning
Referensi
Adams, W. K. et al. (2008). A Study of Education Simulations Part II-Interface Design. Journal of Interactive Learning Research, 19 (4):551-577. Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/24364/.
Anita, S. & Rusman. (2008). Strategi Pembelajaran di SD. Universitas Terbuka: Jakarta.
Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. EDC: Jakarta.
Finkelstein, et al. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot Journal of Learningand Teaching, 2(3):1-20. Retrieved from https://www.researchgate.
net/profile/Wendy_Adams2/publication/251348703_High Tech_Tools_for_Teaching_
Physics_the_Physics_Education_Technology_Project/links.pdf
Khoiriyah, I., Rosidin, U. & Suana, W. (2015). Perbandingan hasil belajar menggunakan phet simulation dan kit optika melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3 (5):97-107. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/10234/6897.
Najib, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Program Simulasi PhET dalam Pembelajaran Inkuiri Laboratorium terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Universitas Negersi Semarang. Semarang.
National Research Council (1999). Inquiry and The National Science Education Standards: A Guide for Teaching and Learning. National Academy Press: Washington, DC.
Nurhayati, Fadilah, S. & Mutmainnah (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Animasi Software PhET terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 4 (2):1-7. DOI: dx.doi.org/10
.26740/jpfa.v4n2.p1-7.
Perkins, K. et al. (2006). PhET: Interactive Simulations for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, 44(18):18-23.
Putra, E. I. (2016). Analisi Miskonsepsi dan Upaya Remidiasi Pembelajaran Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Pembelajaran Lectora dan PhET Simulation di SMA Unggul Tunas Bangsa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2):13-19.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEIA GROUP.
Simbolon, D. H & Sahyar (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3):299-315.
Sugiyono (2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhandi, A. (2009). Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1):35-47.
Sumawauw, J. M., Ibrahim, M. & Prastow, T. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(1):25-36.
Wieman, C. E. & Perkins, K. K. (2006). A Powerful Tool for Teaching Science. Nature Physics, 2:290-292.
Wieman, C. E., Adams, W. K. & Perkins, K. K. (2008). PhET: Simulations That Enhance Learning. SCIENCE, 322:682-683.
Wieman et al. (2010). Teaching Physics Using PhET Simulation. The Physics Teacher, 48(4):225-227.
Whitaker, M. A. B. (1979). History and Quasi History in Physics Education Part 1. Physics Education, 14(1): 108-111.
Zuhri, M. S. & Jatmiko, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) menggunakan PhET Similasi untuk Menurunkan Miskonsepsi Siswa Kelas XI pada Materi Fluida Statis di SMAN Kesambeng Jombang. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(3):103-107.