Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Berbasis Proyek dalam Pemahaman Konsep Siswa SMAN 1 Empang Pada Materi Pencemaran Lingkungan
Penulis
Riski Yana Wulandari , Muhlis Muhlis , Baiq Sri HandayaniDOI:
10.29303/jipp.v8i2.1105Diterbitkan:
2023-05-30Terbitan:
Vol 8 No 2 (2023): MeiKata Kunci:
Hasil belajar siswa, Model pembelajaran STEM berbasis proyek, Model pembelajaran konvensional, pemahaman konsep siswa.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran STEM berbasis proyek dalam pemahaman konsep siswa SMAN 1 Empang pada materi pencemaran lingkungan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA yang ada di SMAN 1 Empang, yang terdiri dari 5 kelas yaitu kelas X IPA 1 – X IPA 5. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran STEM berbasis proyek dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yang menjadi variabel bebas (X) adalah model pembelajaran STEM, sedangkan untuk variabel terikatnya (Y) adalah pemahaman konsep siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t independent sample ttest pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan nilai uji hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa thitung lebih besar dari pada tTabel atau 6.300 > 2.293, sehingga kesimpulan penelitian ini adalah “Ada Pengaruh Model Pembelajaran STEM Berbasis Proyek Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Empang Pada Materi Pencemaran Lingkungan”.
Referensi
Afriana, J., Anna. P, & A. Fitriani (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2): 212.
Afifah , A. N., Ilmiyati, N., & Toto (2019). Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11 (2): 73-78.
Amir, R. H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Dalam Pembelajaran IPA Konsep Sumber Energi Pada Siswa Kelas IV SD Pertiwi Makassar. Skripsi , 1-202.
Aninda, A., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi STEM Siswa Sma . Journal Of Science Education And Practice, 3 (2): 1-16.
Astuti, I. D., Toto, & L. Yulisma (2019). Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi. 2(11): 97
Budiyono, A., Husna, H., & Wildani, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pbl Terintegrasi STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Siawa. Edusains, 12 (2): 167-176.
Davidi , E. I., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering And Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11 (1): 11-22.
Dywan, A. A., & Airlanda, G. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Dan Tidak Berbasis STEM Terhadap keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 4 (2): 344-354.
Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada pembelajaran Fisika. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 1-4.
Fadilah, A. N. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM Di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Mipa Uniba, 182-190.
Fikriyah, M., Indrawati, & Gani, A. A. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Disertai Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (2). 181 -186
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualititatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Cv. Pustaka Ilmu.
Hidayani, Fitra (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And, All Based In Mathematical Elements (STEM) Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Di Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 113. Skripsi. Jakarta. Universitas Negri Jakarta (UNJ)
Ismayani, A. (2016). Pengaruh penerapan stem project based Learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 3 (4): 271.
Izzani, L. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Sma Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar. Skripsi , 1-150.
Izzati, N., T, L. R., Susanti, & Siregar, N. A. (2019). Pengenalan Pendekatan Stem Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1 (2): 83-89.
Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil belajar Fisika Peserta Didik. Journal Of Islamic Education, 190-199
Kadir (2010). Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial . Jakarta: Pt. Rosemata Sampurna.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 5 (2): 53-62.
Kristanti, Y. D., Subiki, & Handayani, R. D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2). 122-128.
Magdalena, M. (2018). Kesenjangan Pendekatan Model Pembelajaran Conventional Dengan Model Pembelajaran Contextual Terhadap Hasil Belajar Pancasila Program Studi Teknika Akademi Maritim Indonesia ² Medan. Jurnal Warta, 1-19
Nurmaliah, N., Ilyas, S., & Apriana, E. (2018). Penggunaan Metode Karyawisata Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Biotik : Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 2 (1), Hal : 23-27.
Payadnya, I. A., & Jayantika, I. A. (2018). Anduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik. Sleman: Deepublish Cv Budi Utama.
Radiusman (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada . Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6 (1): 1-8.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 61-71.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latif, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Erhaka Utama .
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Varia Pendidikan, 79-83.
Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Biologi. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi , 6 (3): 236-243.
Suherman, A. (2015). Efektivitas Penerapan Multimedia Animasi Katup Pneumatik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Mekatronika di SMK Karya Bhakti Pusdikpal Cimahi (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Sukmawijaya, Y., Suhendar, & Juhanda, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi , 28-43.
Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Matematika Siswamenggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. 7 (1). Jurnal Elemen, 209-220.
Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9 (3): 113-120.
Wijaya, A, D., Nila, K, M & Rizqi, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) Pada Kurikulum Indonesia. Makalah disajikan dalam Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya. Universitas Jember. Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Winarni, J., Siti Zubaidah., & Supriyono K.H. (2016). STEM: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Malang: Pros.Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 21(2)
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Riski Yana Wulandari, Muhlis Muhlis, Baiq Sri Handayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.