Pengembangan LKPD Bermuatan Kearifan Lokal Tema ‘Indahnya Kebersamaan’ dan Efektivitas Terhadap Karakter Nasionalisme Kelas IV SDN 3 Lenek Lauk
Penulis
Haslina Putri Lestari , Moh. Irawan Zain , Baiq Niswatul KhairDOI:
10.29303/jipp.v8i1.1169Diterbitkan:
2023-02-14Terbitan:
Vol 8 No 1 (2023): FebruariKata Kunci:
Kearifan Lokal Lenek, Nasionalisme, Pengembangan LKPD.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Sekolah sebagai garda terdepan pendidikan harus bisa menjadi agen penjaga nasionalisme melalui proses pembelajaran. Oleh sebab itu, untuk menghindari lunturnya nilai nasionalosme pada diri peserta didik dapat dilakukan melalui pembelajaran. Salah satunya pembelajaran yang dikaitkan dengan kearifan lokal peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan produk LKPD bermuatan kearifan Lokal lenek yang efektif dan valid digunakan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi : 1) analisis, 2) desain, 3) pengembangan, 4) implementasi, 5) evaluasi. Peneltian ini dilakukan di SDN 3 Lenek Lauk Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian pengembangan LKPD : a) Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 94,6% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi dari ahli desain dan bahasa tahap I mendapatkan persentase 96 % dengan kategori sangat layak, hasil validasi ahli desain dan bahasa tahap II mendapatkan persentase 100% dengan kategori sangat layak. b) Hasil respon peserta didik kelompok kecil mendapatkan nilai persentase 96% dengan kategori sangat layak, respon peserta didik kelompok besar mendapatkan nilai persentase 99,3% dengan kategori layak. c) Keefektifan produk LKPD bermuatan kearifan Lokal efektif digunakan. Hal ini berdasarkan adanya peningkatan hasil pretest dan posttest sebesar 30,33. Sehingga hasil seluruh penilaian dapat disimpulkan bahwa produk LKPD bermuatan kearifan lokal Lenek sangat layak digunakan.
Referensi
Aisyah, N. Wulandari, R. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (Dori) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (2), 26-34.
Anggraini, A. F., Erviana, N., Anggraini, S., & Prasetya, D. D. (2016). Aplikasi Game Edukasi Petualangan Nusantara. Prosiding SENTIA, 8 (1), 168–172. Diambil dari http://sentia.polinema.ac.id/index. php/SENTIA2016/article/download/35/30
Annisa, E. N, & Idris, M. A. (2013). Efektivitas Open Ended Approach untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika (PTK di SMK Muhamadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Apriana, Desta (2020). Peranan Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Pada Siswa SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto
Aswasulsikin, A. (2017). Partisipasi Masyarakat Desa Dalam Pembangunan Pendidikan. Deepublish. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek RI. (2022). Kamus Besar Bahasa Indonsesia Daring. Diambil dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah., & Sriwarthini, N L P. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study For Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar MIPA, 16 (1), 136-141.
Majid, Abdul (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.
Nurdin, S. & Adriantoni (2016). “Kurikulum dan Pembelajaran”. Depok: Rajagrafindo Persada.
Permendikbud. (2018). Pasal 2 Nomer 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan.
Permendikbud. (2020). Nomer 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Putra, L. D., & Ishartiwi, I. (2015). “Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178.
Putri, Ayunda & Lala, Jelita (2020). “ Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Untuk SiswaSekolah Dasar”. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNIMED, 4(4), 70-77. Diambil dari https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/js/article/download/20614/14425
Rayanto, Y. H. & Sugianti (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rochmad (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurusan Matematika UNNES. Jurnal KREANO. 3(1), 59-72.
Subekti, Tabah & Sumarlan. 2017. Nilai Karakter Kebangsaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar, dalam Edukasi : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan. 9 (1), 66-75.
Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Vebrianti, dkk. (2017). Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Mahasiswa Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Riau. Diambil dari https://media.neliti.com/media/publications/187185-IDpengembangan-lembar-kerjasiswa-lks-berb.pdf
Waluyo, E., Sa’dijah, C., & Subanji (2016). Pengembangan Rpp dan Lkpd Berbasis Realistic Mathematics Education Dengan Memerhatikan Beban Kognitif Siswa Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Yuniarti, Intan (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kaerifan Lokal Tema Cita-citaku Subtema Aku dan Cita-citaku Kelas IV SDN 6 Cakranegara. Skripsi S1. Universitas Mataram.
Yunita, R., Karma, I. N., & Zain, M. I. (2021). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Berkearifan Lokal Masyarakat Sumbawa. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar, 1(4), 272.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Haslina Putri Lestari, Moh. Irawan Zain, Baiq Niswatul Khair
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.