Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis P5 di SMP Muhammadiyah 8 Batu
Penulis
Maya Elok Kharisma , Faridi Faridi , Zulfikar YusufDOI:
10.29303/jipp.v8i2.1420Diterbitkan:
2023-05-30Terbitan:
Vol 8 No 2 (2023): MeiArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
SMP Muhammadiyah 8 Batu telah menjalankan kegiatan P5 dengan 6 tema. Kegiatan P5 ini menghasilkan jiwa gotong royong, karena terdapat peningkatan karakter pelajar mulai dari kebersamaan, empati, saling bekerjasama, tolong menolong, dan solidaritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan dan strategi apa yang diberikaan oleh guru dalam penanaman karakter gotong royong melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, dalam analisis data peneliti menggunakan tiga tahap yaitu, proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dalam penanaman karakter gotong royong berbasis P5 menunjukkan bahwa (!) proses pelaksanaan karakter gotong royong pada saat kegiatan P5 diawali dengan asesmen diagnostik, pengenalan, kontekstualisasi, aksi nyata, refleksi-tindak lanjut dan perayaan belajar. Kegiatan P5 ini dilakukan dalam kurun 1 minggu-1 bulan dari 3 tema (2) strategi yang diberikan guru kepada pelajar yaitu, a) kompetisi untuk tema “kewirausahaan" dan "bhineka tunggal ika” dan mengadakan seminar dengan KPU bawaslu kota batu dengan tema “suara demokrasi”.
Referensi
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Falaq, Y. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 367–380. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi (Studi Komparatif tentang Metode, Strategi dan Konten) (Vol. 34, Issue 11). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28896/1/1420410210_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Hadi, M. Y., Meirani, R. K., & Minatullah. (2022). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Kesenian Ojhung dan Singo Ulung Dalam Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(1), 1–12. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3329/0
Halim, F., Purba, R., Kristina, Y., Tannuary, A., Tinggi, S., Ekonomi, I., Simalungun, U., & Indonesia, M. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 1(3), 282–289. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51
Huda, M. K., & Rajagukguk, S. (2020). Penguatan Karakter Peduli Lingkungan di Pesantren Modern Al-Barokah Melalui Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatan Biopori. Best: Journal of Biology Education, Science & Technology, 3(2), 198–204.
Irawati, D., Muhamad Iqbal, A., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura; Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. http://hpj.journals.pnu.ac.ir/article_6498.html
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(1).
Nasution, A. G. J. (2020). Diskursus Merdeka Belajar Perspektif Pendidikan Humanisme. Ihya Al-Arabiyah; Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Sastra Arab, 6(1), 107–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v6i1.7921
Nilamsari, A., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695
Paranita, S. (2023). Nilai-Nilai Nuju Jerami Sebagai Sumber Pendidikan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bangka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1992–1998.
Purnawanto, A. T. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 16(1), 72–87. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=7ebjDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=teori+pemgembang+media+edgardale&ots=-nMvtOvGRE&sig=4IfS684n7Ps-jj-C9CdrfYkqIgU
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 86–93. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i22022p86
Syafira, D., Sirait, M. hangga R. B. ., & Rambe, D. P. (2022). Evaluai Program Pendidikan Karakter di MTs Al-Ulum Medan. Cermin: Jurnal Penelitian, 6(1), 408–421. https://www.unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/1817
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132.
Wahyudi, A. V., & Ummah, I. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Tari Topeng Cirebon di MI Al-Washliyah. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Daasr 2, 2(20), 170–180.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maya Elok Kharisma, Faridi Faridi, Zulfikar Yusuf
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.