Strategi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari
Penulis
AFNAN NIZAN AFNAN , Bagdawansyah Alqadri , Yuliatin Yuliatin , Edy HeriantoDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1423Diterbitkan:
2023-07-29Terbitan:
Vol 8 No 3 (2023): AgustusKata Kunci:
Guru Penggerak, Mutu Pembelajaran, Strategi.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Strategi guru penggerak merupakan ikhtiar meningkatkan mutu pembelajarandi SMPN 1 Gunung Sari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik miles and hubermen yaitu: reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Teknik kebasahan data menggunakan tringgulasi waktu, sumber, dan teknik. Berdasarkan hasil data yang didapatkan staretgi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Sari yaitu: 1) Perencanaan Pembelajaran berdasarkan dengan: Hasilsosialisasi mandiri kurikulum merdeka, Pemetaan gaya belajar peserta didik, Mengembangkan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, Memilih metode pembelajaran yang berdampak dan berpusat pada peserta didik, Menentukan media dan sumber belajar; 2) Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berdierensiasi; 3) Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran dengan melakukan penilaian langsung dari proses, produk, dan konten serta refleksi pembelajaran; 4) Peningkatkan kompetensi teman sejawat dengan melakukan pelatihan dan bimbingan teman sejawat; 5). Peningkatkan kompetensi peserta didik dengan mengembangkan kompetensi berfikir kritis, mengembangkan kompetensi peserta didik secara holistik dan menciptakan budaya postif peserta didik. Faktor pendukung internal strategi guru penggerak yaitu: 1). Kompetensi guru penggerak; 2). Kesadaran guru penggerak; 3). Motivasi guru penggerak. Adapun faktor pendukung eksternal strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu: 1) Dukungan pihak sekolah; 2) Dukungan teman sejawat; 3) teknologi informasi dan komunikasi; 4) Prasarana sekolah; 5) Mitra guru penggerak. Faktor penghambat internal starategi guru penggerak yaitu: 1). Kondisi energy dan management waktu yang kurang baik dari guru penggerak. Adapun faktor eksternal strategi guru penggerak yaitu; 1) Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi; 2) Kurikulum; 3) Kecemburuan sosial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa strategi guru penggerak dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMPN 1 Gunung Saru melakukan: 1). Perencanaan pembelajaran; 2). Pelaksanan pembelajaran; 3). Penilaian dan evaluasi pembelajaran; 4). Meningkatkan kompetensi teman sejawat; dan 5). Meningkatkan kompetensi peserta didik. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat ada 2 (dua) yaitu: Faktor pendukung dan penghambat internal dan faktor pendukung dan penghambat eksternal.
Referensi
Agung, I., Yufridawati, Sulistiyo, F. D., Santoso, A. Budi, & Efaria, L. (2020). Strategi Pengimbasan Pembelajaran Kreatif Guru Penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–10.
Dharma, A. (2020). Modul 1.3 Visi Guru Penggerak. In Program Pendidikan Guru Penggerak Paket Modul 1 Paradigma Dan Visi Guru Penggerak (Pp. 1–50). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Fadillah, M. H., Sanusi, S., & Efendi, P. (2020). Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Manajemen Sekolah Model. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 5(2), 111–124. Https://Doi.Org/Https://Ejournal.Iainpalopo.Ac.Id/Index.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1230
Fauzan, A., Rispawati, R., & Salam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Kuliah Demokrasi Pancasila. Journal Of Moral And Civic Education, 5(1), 12–21. Https://Doi.Org/10.24036/8851412512020503
Hariyanto, H., Jahiban, M., & Herianto, E. (2019). Strategi Guru Ppkn Dalam Penguatan Karakter Siswa SMPN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1), 1–17. Https://Doi.Org/10.29303/Juridiksiam.V6i1.85
Herianto, E. (2012). Pembinaan Pasca Pelatihan Dalam Pembentukan Perilaku Profesionalisme Keguruan Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Sekolah Dasar, 21(2), 167–177.
Ismail, M., Zubair, M., Rispawati, Herianto, E., & Alqadri, B. (2019). Pelatihan Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Pada Guru-Guru Ma / M . Ts Pondok Pesantren Al Raisyiah Sekarbela Mataram. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 11–12.
Kariem, N. A., & Syahril, I. (2020). Merdeka Belajar Episode 5 Guru Penggerak. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Https://Www.Youtube.Com/Watch?V=X6vp4akeslm
Kusuma, O. D., & Luthfah, S. (2020). Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. In Program Pendidikan Guru Penggerak Paket Modul 2 Praktik Pembelajaran Yang Berpihak Pada Murid (P. 64). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Mentari, W. (2015). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Riskesdas 2018, 3, 103–111.
Mulyasa. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Era Rovolusi Industri 4.0 (B. S. Fatmawati (Ed.)). Bumi Aksara.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In E-Book PDF (Vol. 1, Issue 1, P. 305).
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Strategi Pembelajaran. In Aisera Rainy Sophe (Ed.), Edu Pustaka (Cetakan I). Edu Pustaka.
Nursapisah. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (Ed.); Cetakan I). Wal Ashri Publishing.
Nyoman, K. I., Sri, W. N. N., & Widya, S. I. G. M. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(1), 66–73. Https://Doi.Org/Http://Ojs.Uhnsugriwa.Ac.Id/Index.Php/JPM/Article/View/763%0Ahttp://Ojs.Uhnsugriwa.Ac.Id/Index.Php/JPM/Article/Download/763/419
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. In Rusmini (Ed.), Diterbitkan Oleh: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (Pusaka) (Cetakan I). Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan.
Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.
Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., & Indonesia, U. K. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99.
Sijabat, O. P., Manao, M. M., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2022). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak. Journal Of Educational Learning And Innovation (Elia), 2(1), 130–144. Https://Doi.Org/10.46229/Elia.V2i1.404
Simon Petrus Rafael. (2020). Modul 1.1 Refleksi Filososfis Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. In Program Pendidikan Guru Penggerak Paket Modul 1 Paradigma Dan Visi Guru Penggerak (Pp. 1–64). Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Sukoyati, M., & Fajriati, A. S. (2021). Evaluasi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Evaluasi Peningkatan Program, 12(3), 95.
Taufik, I. (2017). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Di Smp Muhammadiyah 3 Bandar. In Raden Intan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.
Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar Dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. Https://Doi.Org/10.15294/Puruhita.V2i1.42325
Yuliatin, Zubair, M., & Alqadri, B. (2022). Lesson Study Penerapan Model Pembelajajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Man 2 Model Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), 17–25. Https://Juridiksiam.Unram.Ac.Id/Index.Php/Juridiksiam
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Afnan Nizan, Bagdawansyah Alqadri, Yuliatin Yuliatin, Edy Herianto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.