Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter dan Identitas Nasional
Penulis
Arif Rohman Hakim , Jajat DarojatDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1470Diterbitkan:
2023-07-30Terbitan:
Vol 8 No 3 (2023): AgustusKata Kunci:
Identitas Nasional; Karakter Bangsa; Pendidikan MutlikulturalArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk menumbuhkembangkan budipekerti dan karakter. Tulisan ini mengkaji tentang bagaimana pendidikan adalah kebutuhan dasar bagi setiap bangsa, dan pendidikan tidak dapat lepas dari kondisi obyektif masyarakatnya sendiri. Indonesia sebagai negara multikultural terbesar di dunia dan memiliki kebudayaan yang kaya patut dibanggakan. Namun di lain pihak, sebagai negara berkembang, Indonesia menghadapi tantangan global yang dapat mencabut akar budaya bangsa sehingga kehilangan identitas nasional dan karakter bangsa. Bahwa pendidikan adalah untuk menumbuhkembangkan budipekerti manusia, memepersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan masa depan bangsa. Demikian kajian ini akan menyuguhkan pandangan pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan identitas nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian library research. Suatu penelitian yang mengkaji teori-teori yang sudah ada pada teks-teks baik buku, jurnal, makalah, artikel maupun lainnya. Dari hasil pembahasan penelitian ini bahwa, konsep pendidikan multikultural perlu mengembangkan kurikulum yang berbasis pada pendidikan multikulutral. Kurikulum yang bertujuan pada pengembangan karakter bangsa dan identitas nasional. Hal ini penting untuk menjadi perhatian karena pendidikan pada dasarnya adalah menumbuhkan budipekerti sesuai dengan basis budaya dan nilai kepercayaan yang berkembang di masyarakat.
Referensi
Achadi, Muh. Wasith (2018). PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Jurnal Al-Ghazali, 152–167. Retrieved from https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/72
Alfath, Tahegga Primananda, Salman, Radian, & Sukardi, Sukardi (2020). Derivasi Konsep Negara Kepulauan Dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bina Hukum Lingkungan, 4(2), 216–235. https://doi.org/10.24970/bhl.v4i2.101
Anwar, Syaiful (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233–247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v9i2.3628
Efendi, Zainal (2015). Panduan Praktis Menulis Skripsi Tesis dan Desertasi Kualitatif Kuantitatif dan Kepustakaan. Medan: Mitra.
Ermanovida, Ermanovida, Chotimah, U., Kurnisar, Kurnisar, Saptawan, A., Khairunnisyah, T., & Putri, A. U. (2020). Upaya Pembangunan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Hots Dengan Media Online Bagi Guru-Guru PkN SMA Di Kabupaten Ogan Ilir. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 806–810. Retrieved from http://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/avoer/article/view/286
Firmansyah, Firmansyah (2020). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 164–169. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14384
Isparwoto, Isparwoto (2016). Peran Pendidikan Multikultural Dalam Membangun Budaya Dan Karakter Bangsa. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1). Retrieved from http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/30
Kholik, Nur (2017). Peranan sekolah sebagai lembaga pengembangan pendidikan multikultural. Jurnal Tawadhu, 1(2), 244–271. https://doi.org/10.52802/twd.v1i2.289
Nanggala, Agil (2020). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan multikultural. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545
Perpusnas (2003). UU Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Perpusnas.Go.Ig, 19(8), 159–170. Retrieved from https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/4220/UU%20NO%202%20TH%201989.pdf
Prasetiawati, Eka (2017). Urgensi Pendidikan Multikultur untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama di Indonesia. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 1(02), 272–303. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876
Rachmah, Huriah (2013). Nilai-nilai dalam pendidikan karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7–14. Retrieved from https://www.academia.edu/download/56942917/134-File_Utama_Naskah-387-1-10-20130923.pdf
Salim, Munir (2017). Bhinneka tunggal ika sebagai perwujudan ikatan adat-adat masyarakat adat nusantara. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.24252/ad.v6i1.4866
Sari, Milya, & Asmendri, Asmendri (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Soemarmi, Amiek, Indarti, Erlyn, Pujiyono, Pujiyono, & Diamantina, Amalia (2019). Konsep negara kepulauan dalam upaya perlindungan wilayah pengelolaan perikanan Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 48(3), 241–248. https://doi.org/10.14710/mmh.48.3.2019.241-248
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna V. (2014). Metodologi Penelitian, Yogyakarta: PT Pustaka Baru. Cet-1.
Supranoto, Heri (2015). Implementasi pendidikan karakter bangsa dalam pembelajaran SMA. Jurnal Promosi, 3(1), 36–49. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.141
Syafrizal, Achmad (2015). Sejarah islam nusantara. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.664
Tambunan, James Ronald (2020). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Widya, 1(2), 1–14. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2401241&val=22928&title=Pengembangan%20pendidikan%20karakter%20dan%20budaya%20bangsa%20berwawasan%20kearifan%20lokal
Tsauri, Sofyan (2015). Pendidikan Karakter Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa. IAIN Jember. Retrieved from http://digilib.uinkhas.ac.id/1723/1/BUKU%20SOFYAN%20TSAURI%20PENDIDIKAN%20KARAKTER%202015.pdf
Biografi Penulis
Jajat Darojat, UI Bunga Bangsa Cirebon
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arif Rohman Hakim, Jajat Darojat
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.