Peningkatan Moral Keagamaan Siswa Melalui Kegiatan Imtaq di SMAN 1 Bolo-Bima-NTB
Penulis
Sovian Sovian , Faridi Faridi , Mohammad KamaludinDOI:
10.29303/jipp.v8i3.1519Diterbitkan:
2023-08-03Terbitan:
Vol 8 No 3 (2023): AgustusKata Kunci:
Kegiatan Imtaq, Moral Keagamaan, Peningkatan.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Peningkatan moral keagamaan di lingkungan sekolah terhadap siswa merupakan tanggungjawab sekolah itu sendiri, melalui kegiatan imtaq secara rutin. Sekolah tentu merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik untuk mencapai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Upaya meningkatkan moral keagamaan siswa pada hakikatnya tidak sekedar mengarahkan siswa pada aspek kognitif saja, akan tetapi pada aspek afektif dan juga aspek psikomotoriknya. Berkenaan dengan merosotnya moral keagamaan siswa, peningkatan moral keagamaan melalui kegiatan imtaq merupakan salah satu kegiatan yang sangat mendukung untuk memberikan materi keagamaan yang akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa sehingga akan meningkatkan moral keagamaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan moral melalui Imtaq oleh guru untuk membentuk karakter siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan phenomenologik naturalistic yaitu meneliti apa yang secara alami terjadi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan Imtaq di SMAN 1 Bolo meliputi kegiatan keagamaan diantaranya ada ceramah, baca tulis Al-Qur’an, dzikir, bina akhlak hingga pesantren kilat. Kegiatan Imtaq ini dilakukan secara rutin oleh siswa dengan bimbingan guru mata pelajaran agama. Berdasarkan uraian hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMAN 1 Bolo, SMAN 1 Bolo telah mengimplementasikan Kegiatan Imtaq secara baik dan teratur. Melalui kegiatan Imtaq siswa diharapkan dapat memiliki moral keagamaan yang meningkat seiring dengan kegiatan berlangsung.
Referensi
Abuddin, N. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers. Retrieved From https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=968660
Ariana, R. (2016). Peningkatan moral keagamaanAriana, Riska. 2016. “Peningkatan Moral Keagamaan Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Imtaq di SMPN 1 Palu.” 1–23. doi: http://repository.iainpalu.ac.id/id/eprint/810.
Asyari, Akhmad, Marjan Suhendra, & Muhamad Ahyar Rasidi (2021). “Efektivitas Program Imtaq Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di SMPN 1 Pujut.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(4):1426–34. doi: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2570.
Fattah, Abdul (2018). “Implementasi Program IMTAQ dalam Menunjang Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Swasta Lombok Barat (Studi Kasus di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung).” Jurnal Penelitian Keislaman 14(2):87–100. doi: 10.20414/jpk.v14i2.489.
Fitriani, Iwan & Abdulloh Saumi (2018). “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa.” el-Midad 10(2):75–97.
Hajar, Siti (2019). “Peranan Kegiatan Imtaq Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas V Di Sdn 1 Kekait Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Mataram.” 84. doi: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/833.
Mashunatun, U. (2022). “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magetan.” doi: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18725.
Rindawan (2014). “Evaluasi Pelaksanaan Program Iman Dan Taqwa Smpn Di Kecamatan Gerung an Evaluation of the Implementation of Fait and Taqwa Program in Junior High School in Gerung District.” Jurnal Evaluasi Pendidikan 2(1):85–98. doi: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jep/article/view/76.
Sita, Dita Maya (2018). Penerapan Program Imtaq Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Smpn 23 Seluma ” Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu Tahun 2018.
Syafeie, Ahmad Khomaini (2020). “Internalisasi Nilai-Nilai Iman Dan Taqwa Dalam Pembentukan Kepribadian Melalui Kegiatan Intrakurikuler.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 5(1):60–75. doi: 10.24235/tarbawi.v5i1.6280.
Wahid, Abdul (2015). “Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam ( Concept and Objectives of Islamic Education ).” Istiqra’ III(1):18–23. doi: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/241.
Bustanuddin, A. (2007). Agama dalam Kehidupan Manusia Pengantar Antropologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persad. Retrieved From https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=228593
Fattah, A. (2018). Implementasi Program Imtaq dalam Menunjang Pembelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Swasta Lombok Barat (Studi Kasus di MI Nurul Karim NW Kebon Ayu Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 87–100. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.489
Fitriani, I., & Saumi, A. (2018). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program imtaq dalam membentuk kepribadian siswa. El-Midad, 10(2), 75–97. Retrieved From http://eprints.umpo.ac.id/2837/
Hajar, S. (2019). Peranan Kegiatan Imtaq Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Kelas V di SDN 1 Kekait Kecamatan Gunungsari Lombok Barat Tahun 2011/2012. Universitas Muhammadiyah Mataram. 84. Retrieved From http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/833
Mahalli, A. M. (2002). Membangun Pribadi Muslim. Yogyakarta: Menara kudus. Retrieved From http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/833
Mashunatun, U. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Magetan. Retrieved From http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/18725%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/18725/1/201180225 Umi Mashunatun PAI.pdf
Mawardi, L. (2009). Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Retrieved From https://openlibrary.org/books/OL23711016M/Evaluasi_Pendidikan_nilai
Muhaimin (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Retrieved From https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=326262
Muhammad, D. A. (2012). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Retrieved From https://books.google.co.id/books/about/Pendidikan_agama_Islam.html?id=fg3KAAAACAAJ&redir_esc=y
Shihab, M. Q. (1992). Tafsir al-Amanah. Jakarta: Pustaka Kartini. Retrieved From https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=321539
Ulwan, A. N. (2001). Tarbiyah Ruhiyah: Petunjuk Praktis Mencapai Derajat Taqwa. Jakarta: Gema Insani Press. Retrieved From https://www.bukukita.com/Agama/Islam/102600-Tarbiyah-Ruhiyah.html
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sovian Sovian, Faridi Faridi, Mohammad Kamaludin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.