Pengaruh Project Based Learning Pembuatan Awetan Bioplastik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Peserta Didik
Penulis
Fathia Handayani , Dadi Setiadi , I Putu Artayasa , A Wahab JufriDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1711Diterbitkan:
2023-11-01Terbitan:
Vol 8 No 4 (2023): NovemberKata Kunci:
Awetan Bioplastik, Berpikir Kreatif, Literasi Sains, Project Based LearningArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project based learning (PjBL) melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain unequivalent pretest-posttest control group. Penelitian dilakukan di MAN 1 Lombok Barat dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 54 siswa. Sampel penelitian dibagi menjadi siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data berpikir kreatif dan literasi sains siswa dilakukan dengan pemberian tes. Hipotesis penelitian diuji dengan anacova. Hasil Anacova pada data berpikir kreatif menunjukan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan pada data literasi sains menunjukan nilai signifikansi 0,047 < 0,05, berarti terdapat perbedaan yang signifikan baik pada rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis maupun literasi sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model PjBL melalui pembuatan awetan bioplastik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi sains peserta didik.
Referensi
Adnan, A., Mulbar, U., Sugiarti, S., & Bahri, A. (2021). Scientific Literacy Skills of Students: Problem of Biology Teaching in Junior High School in South Sulawesi, Indonesia. International Journal of Instruction, 14(3), 847–860. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14349
Alimuddin, Z., & Fitria. (2019). Cara Mengajar Lebih Efektif Dengan. Menggunakan PCK. Kalimantan Selatan: HAFECS Press
Andari, T., & Lusiana, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Tugas Terstruktur Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar I. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(1), 66-72. https://doi.org/10.31539/jks.v2i1.14
Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Forrester, J. (2008). Thinking Creatively; Thinking Critically. Asean Socila Science Journal, 4(5), 100-105. https://www.proquest.com/magazines/thinking-critically-creatively/docview/219273538/se-2
Hailu, S. (2012). Bioplastic Preparation Training for Biology Teaching Material Production. Bandung: UPI JICA Office
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics Indiana University.https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Handayani, T. L., Retnoningsih, A., & Herlina, L. (2013). Efektivitas Group Investigation Ditunjang Penugasan Awetan Bioplastik Terhadap Hasil Belajar dan Minat Wirausaha, Journal of Biology Education, 2(1). http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18681
Kadariah, K., Kusmaladewi, K., & Hasmiah, H. (2020). Faktor Kesulitan Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Ditinjau Dari Penggunaan Kurikulum, Struktur Materi, Sarana Dan Prasarana, Dan Alokasi Waktu, JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan,3(2),15.https://doi.org/10.26858/jekpend.v3i2.14410
Kamariah, Muhlis, & Ramdani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 210–215. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2925
Komariyah Z & Soeparno (2010). Pengaruh pemanfaatan media permainan kartu hitung terhadap hasil belalajr siswa materi ajar operasi hitung campuran mata pelajaran matematika kelas III SDN Jerawat I Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1):63-73. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/5007
Komariyah, Z. (2010). Pengaruh Pemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Meteri Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Babat Jerawat I Surabaya, Teknologi Pendidikan,10(1).https://ejournal.unesa.ac.id
Kusumaningtyas, N., Sikumbang, D., & Hasnunidah, N. (2020). The Effect of Project Based Learning (PjBL) Model On Creative Thinking Ability of Student. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(2), 11-19. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/20920/14719
Lee, C. Y., Chen, P. H., & Chan, T. W. (2019). Enhancing scientific inquiry with project-based learning through simulation-based virtual experiments. Journal of Educational Technology & Society, 22(3), 1-13 https://www.jets.net/collection/published-issues/22_3
Nafisah, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Melalui Pembuatan Awetan Bioplastik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 12 Bandar Lampung Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup (Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Ganjil di SMP Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018). Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Nita, R. S., & Irwandi, I. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 231-238. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2503
Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. JURNAL e-DuMat., 3(2). https://doi.org/10.52657/je.v3i2.455
OECD. (2016). Programme for International Student Assessment (PISA) Result PISA from 2015 Indonesia. Paris: OECD Publications.
Okpara, F. O. (2007). The value of creativity and innovation in entrepreneurship. Journal of Asia entrepreneurship and sustainability, 3(2), https://www.proquest.com/scholarly-journals/value-creativity-innovation-entrepreneurship/docview/213619364/se-2
Purwaningsih, E. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI Smk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(10).https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i10.17132
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. April, 0–16. Diakses pada, 22 Sep. 23.https://www.researchgate.net/publication/332415017_ANALISIS_PENDIDIKAN_INDONESIA_DI_ERA_REVOLUSI_INDUSTRI_40
Rusman (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rusmono.
Salih, M. (2010). Developing Thinking Skills in Malaysian Science Students Via an Analogical Task. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(1): 110-128. https://eric.ed.gov/?id=EJ910946
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1),79-83. http://dx.doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 119-131. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/329
Setiati, N., Indriyanti, D. R., Rudyatmi, E., Subekti, N., Dewi, P., Sriyadi, S., ... & Arditama, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring melalui Video Pembuatan Berbagai Awetan Hewan bagi Guru IPA-Biologi Sekecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-18. https://doi.org/10.15294/jce.v1i1.48835
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Utami, R. P., Probosari, R. M., & Fatmawati, U. M. I. (2015). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantu instagram terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas x sma negeri 8 Surakarta. Bio-Pedagogi, 4(1), 47-52. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v4i1.5364
Wijanarko, A.G., Supardi, K., & Marwoto. 2017. Keefektifan model project based learning terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120-125. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fathia Handayani, Dadi Setiadi, I Putu Artayasa, A Wahab Jufri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.