Pengaruh Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) Berbasis Unit Produksi Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek
Penulis
Yani Novita Sari , Sri Zulfia NovritaDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2767Diterbitkan:
2024-11-20Terbitan:
Vol 9 No 4 (2024): NovemberKata Kunci:
Kesiapan Berwirausaha, Pembelajaran Teaching Factory, Siswa Tata Busana.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pembelajaran Teaching Factory dapat memberikan peserta didik pengalaman industri langsung serta paparan terhadap dunia kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Teaching Factory berbasis unit produksi, mengetahui kesiapan berwirausaha siswa Tata Busana sebelum mengikuti pembelajaran Teaching Factory, mengetahui pengaruh pembelajaran Teaching Factory berbasis unit produksi terhadap kesiapan berwirausaha siswa Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional dengan teknik total sampling, melibatkan 82 siswa. Hasil penelitian diketahui pembelajaran Teaching Factory siswa Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek sebesar 80% dengan kategori baik. Sedangkan kesiapan berwirausaha siswa Tata Busana sebesar 82% dengan kategori baik, kedua variabel diukur dengan menggunakan kriteria TCR. Berdasarkan analisis regresi linear sederhana, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pembelajaran Teaching Factory terhadap kesiapan berwirausaha siswa Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek, dibuktikan dengan uji T dengan model regresi linear sederhana dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Thitung> Ttabel (10.502 >1,99). Hal ini menunjukkan nilai positif, dapat disimpulkan semakin tinggi pengaruh pembelajaran Teaching Factory maka makin tinggi juga kesiapan berwirausaha siswa Tata Busana di SMKN 1 Ampek Angkek. Pengaruh pembelajaran Teaching Factory terhadap kesiapan berwirausaha dalam penelitian ini sebesar 58% dan 42% dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Referensi
Agustina, N. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teaching Factory Terhadap Kesiapan Berwirausaha (Survei pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/55884/
Ambarsari, N. P. (2020). Efektifitas Teaching Factory Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausaha Siswa SMK Jurusan Tata Busana. Jurnal Online Tata Busana, 9(03), 151-160. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/37091
Badan Pusat Statistik (BPS). (2024). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Pendidikan Tinggi yang Ditamatkan.
Ciana, N. P (2020). Pengaruh Pelaksanaan. Pembelajaran. Kewirausahaan. dan Efikasi. Diri Terhadap. Kesiapan. Berwirausaha. Siswa. Kelas. XII. di SMKN 1 Lubuk Basung. Jurnal Ecogen, 3(2), 332-343. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index
Direktorat Pembinaan SMK, (2017). Tata Kelola Pelaksanaan Teaching Factory; Jakarta: Kemdikbud.
Ernawati, E., & Buang, N. A. (2017). Penilaian Keberkesanan Program Diploma Tata Busana Terhadap Keterampilan Berwirausaha dan Kemampuan Mengenal Peluang Usaha Bagi Alumni. UNES Journal of Education, 1(3), 202-219. https://ojs.ekasakti.org/index.php/UJE/article/download/237/215/
Ernawati, I., & Nelmira, W. (2008). Tata Busana . Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Fauzani, A. R., Novrita, S. Z., & Dewi, S. M. (2018). Pengembangan Modul E-Book Pada Mata Kuliah Perawatan Kulit Wajah Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 1(4), 173-180. https://jptk.ppj.unp.ac.id/index.php/jptk/article/view/29
Firdaus, S., Mulyawan, F. D., & Fajriana, M. (2021). Pengaruh teaching factory terhadap kreatifitas, kompetensi, serta inovasi siswa sekolah menengah kejuruan. Inovasi Kurikulum, 18(1), 95-103. https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/42672
Gusmira, G., Ernawati, E., & Novrita, S. Z. (2021). Kontribusi Informasi terhadap Minat Siswa Smk N 3 Kota Sungai Penuh untuk Melanjutkan Pendidikan ke Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fpp-unp. Journal of Home Economics and Tourism, 15(2). https://ikipp.lp2m.unp.ac.id/prodi/d/83206/scholar/page/2
Hasanah, M. N., Sojanah, J., & Santoso, B. (2023). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Model Pembelajaran Teaching Factory terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 21-27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/61567
Irsyada, R., Dardiri, A., & Sugandi, R. M. (2018). Kontribusi Minat Berwirausaha dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang (Doctoral dissertation, State University of Malang). http://mulok.library.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=89502
Noviyanti, E., Sudiartha, I. G. P., & Widiartini, N. K. (2023). Pengaruh Pembelajaran Teaching Factory (TEFA) Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Inovasi Produk Cake dan Kue Indonesia (PCKI) Melalui Kreaktivitas Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(1), 77-89. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/2089
Novrita, S. Z. (2007). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Busana Pria (Action Research) Di Jurusan Kesejahteraan Keluarga FT UNP.
Novrita, S. Z., Yulastri, A., Effendi, H., & Muskhir, M. (2023). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Kurikulum Pembelajaran Wirausaha terhadap Kompetensi Wirausaha Digital Mahasiswa Vokasi Tata Busana. Indonesian Journal of Computer Science, 12(6). http://ijcs.net/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3584
Oktaviani, V. (2020). Pengaruh kepribadian wirausaha terhadap minat berwirausaha siswa tata busana SMKN 6 Padang. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 45-54. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpeka/article/view/7651
Perdana, N. S. (2018). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran model Teaching Factory dalam upaya peningkatan mutu lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1). https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/116
Pratomo, R. P. K., Mulyadi, H., & Utama, D. H. (2018). Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XII pastry sekolah menengah kejuruan negeri 9 bandung. Journal of Business Management Education (JBME), 3(2), 67-77. https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/14216
Rahmalia, S. N. (2021). Hubungan Hasil Belajar Produk Kreatif Kewirausahaan dengan Kesiapan Berwirausaha Siswa Program Keahlian Jasa Boga SMKN 2 Pariaman (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang). http://repository.unp.ac.id/38796/
Ramadani, P., & Novrita, S. Z. (2019). Peningkatan hasil belajar keterampilan menjahit rok melalui media mock up di kelas tata busana siswa SLB Negeri 2 Padang. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1),203-208. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gorga/article/view/13170/11140
Rije, R., Achmad, S. S., Fitrilinda, D., & Ayub, D. (2024). Kesiapan Berwirausaha pada Siswa SMK Negeri 1 Tualang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 2(1), 417-422. https://rayyanjurnal.com/index.php/jleb/article/view/1758
Sari, A. K., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. https://jurnal.iicet.org/index.php/jrti/article/view/1696
Sudiyono, S. S. (2019). Teaching factory sebagai upaya peningkatan mutu lulusan di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159-181. https://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php/litjak/article/view/271
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: ALFABETA.
Utama, D. H., Nuryanti, B. L., & Agustina, N. Pengaruh penerapan model pembelajaran teaching factory terhadap kesiapan berwirausaha. Journal of Business Management Education (JBME), 5(3), 31-38. https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/29978
Utami, R. D., & Denmar, D. (2020). Pengaruh Business Center, Sikap Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas Xi Bisnis Daring Dan Pemasaran Smkn 2 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 466-480. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/286
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yani Novita Sari, Sri Zulfia Novrita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.