Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis
Penulis
Trisna wati , Jannatin Ardhuha , Ni Nyoman Sri Putu Verawati , Hikmawati HikmawatiDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2791Diterbitkan:
2024-11-09Terbitan:
Vol 9 No 4 (2024): NovemberKata Kunci:
Fluida Dinamis, Hasil Belajar, Media Animasi, Model Pembelajaran Berbasis Masalah.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 7 Mataram yang berjumlah 214 orang dan terbagi ke dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 26 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis berupa soal pilihan ganda berjumlah 19 soal yang sudah lulus uji instrumen. Hasil dari penelitian menunjukkan behwa nilai rata-rata kelas XI MIPA 6 yaitu 70,0 dan nilai rata-rata kelas XI MIPA 5 yaitu 58,8. Hasil uji hipotesis menunjukkan kedua kelas homogen dan data terdistribusi normal. Menggunakan rumus t-test polled varians diperoleh sebesar 2,2 dan sebesar 2.0, sehingga lebih besar dari , maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengeruh model pembeljaran berbasis masalah berbantuan media animasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi fluida dinamis.
Referensi
Al Furqan, B. (2019). Pengaruh Model Problem Based Leming (PBL) Berbantuan Media AnimasiTerhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Materi Termodinamika dan Gelombang Mekanik Di Kelas XI MAN 2 Padang (Disertasi Doktor, Universitas Negeri Padang).
Alfiah, S., & Dwikoranto (2022). Penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Laboratorium Virtual PhET untuk Meningkatkan HOTs Peserta didik SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 13(1), Hal: 10-18
Apriwahyuni, R., Yunus, S., & Wahyuni, D. (2021). Penerapan Model Pembelajara Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan. 2(1), Hal: 89-100.
Aritonang, H. W., & Zubir, M. (2022). Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional berbantuan media ispring pada materi laju reaksi. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(8), 572-578.
Arlen, S. R., Astuti, I. A. D., Fatahillah, F., & Purwanti, P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Aplikasi Appypie Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik di SMK. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Fisika, 1(1), 44-49.
Dewi, S. M., Harjono, A., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kreativitas Fisika Peserta Didik SMAN 2 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 123-128.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Elvira, F. S., Roshayanti, F., & Baedhowi, S. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 511-521.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahapeserta didik Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287.
Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341.
Gunawan, A., & Harjono, S. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru: Vol. I (Issue 1).
Halmuniati, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 6(4), 332-340.
Harefa, D. (2020). Teori Ilmu Kealaman Dasar.
Harianti, J. L., Sari, M., & Deswita, P. (2023). Penggunaan PhET Simulasi pada Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-Fb) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fisika SMA/MA. Natural Science, 9(1), 80-93.
Hatimah, H., Wahyudi, W., Verawati, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 741-746.
Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44-48.
Jauhari, T., Hikmawati, & Wahyudi (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media PhET terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(1), Hal: 7-12.
Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. (2015). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta didik Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 185-192.
Maulidya, H. Z., Aprilia, N., & Hanafi, Y. (2021). Studi Literatur Peningkatan Kemampuan Analisis Siswa Melalui Model PBL pada Pembelajaran IPA Biologi. Journal of Biology Learning, 3(2), 55-64.
Munandar, H., Sutrio, & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 111–120.
Novita, N., Aulia, I., & Fatmi, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal on Education. 5(3), Hal: 6092-6100.
Nurdyansyah, N. (2018). Model pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran IPA materi komponen ekosistem. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Paradina, D., Connie, & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas X. Kumparan Fisika, 2(3), 169–176.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika: Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1-10.
Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., & Ardiana, D. P. Y. (2020). Teknologi Pendidikan.
Sakti, I. (2013). Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik di SMA Negeri Kota Bengkulu. In Optical Properties of Photonic Crystals (Vol. 2, Issue 9). Springer-Verlag.
Saroinsong, K. H., Harijadi, R., Pardanus, W., & Sojow, L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Desain Grafis Percetakan di SMK. In Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Vol. 1, Issue 3).
Setyosari, P. (2010). Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sitompul, N. N. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta didik SMP Kelas IX. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 45–54.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sukiyasa, K., & Sukoco (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Sistem Kelistrikan Otomotif (Vol. 3, Issue 1).
Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).
Suryaniti, N. K. A., Suadnyana, I. N., & Putra, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Berbantuan Media Audio Visual Animasi terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smp negeri 2 mataram ditinjau dari kemampuan akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70.
Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan media laboratorium virtual phet simulation untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika mahasiswa pada mata kuliah eksperimen fisika sekolah. Variabel, 4(2), 39-45.
Verawati, N. N. S. P., & Sukaisih, R. (2021). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Simulasi PhET: Studi Pendahuluan. Empiricism Journal. 2(1), Hal: 40-46.
Widiawati, R., Hikmawati, H., & Ardhuha, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1803-1810.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. 7(1).
Zahara, S., Yusrizal, & Rahwanto, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Stastis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1), Hal: 251-258.
Zaturrahmi., Festiyed., & Ellizar (2020). The Utilization of Virtual Laboratory in Learning: A Meta-Analysis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 3(2), Hal: 228-236.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Trisnawati Trisnawati, Jannatin Ardhuha, Ni Nyoman Sri Putu Verawati, Hikmawati Hikmawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.