Pengaruh Model Pembelajaran FGD (Focus Group Discussion) Berbantuan Poster Terhadap Partisipasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi
Penulis
Ayu Erlina , Sukardi Sukardi , Ananda WahidahDOI:
10.29303/jipp.v9i4.2834Diterbitkan:
2024-11-05Terbitan:
Vol 9 No 4 (2024): NovemberKata Kunci:
Focus Group Discussion, partisipasi belajar, poster.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Partisipasi belajar merupakan salah satu tolak ukur untuk melihat ketercapaian tujuan pembelajaran, apabila partisipasi belajar peserta didik baik, maka kemungkinan besar tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan oleh guru dalam RPP dapat didicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran FGD (Focus Group Discussion) berbantuan poster terhadap partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiment, sedangkan design penelitian yang digunakan adalah Posttest Only With Nonequivalent. Populasi yang diteliti adalah peserta didik SMAN 10 Mataram dengan sample dari dua kelas yakni XII-IPS D sebagai kelas eksperimen dan XII-IPS E sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling. Instrumen pengumpulan data telah melalui uji validitas dan reliabilitas sebelum digunakan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mendapat rata-rata skor (38,06) lebih tinggi dari kelas kontrol (28,84), data tersebut menunjukan adanya perbedaan rata-rata skor yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran FGD (Focus Group Discussion) berbantuan poster berpengaruh pada partisipasi belajar Sosiologi.
Referensi
Anggraena, Y. (2020). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian dan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ary, D., Jacobs, L., & Sorensen, C. (2014). Introduction To Research Education Edition 9. USA: Wadsworth
A’yunin, S. (2023). Penerapan Metode Forum Group Discussion (Fgd) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Al-Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 01(02).
Betari. J. (2020). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Media Gambar Kelas X IPS 3 SMAN12 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1).
Creswell, John W & J. David Creswell (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc.
Fatima, A., Suryana, J., & Rapi, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Riko The Series Terhadap Partisipasi Belajar Siswa. Jurnal Education. Vol 1. No. 1, 2021
Fatmawati, S. (2019). Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume 9 Nomor 2 Juni 2019
Ghazi, A., & Marhaendro., S. (2023). The Simple of the Learning Model Approach on Elementary School of Students in West Lombok of Nusa Tenggara. Journal of English Education and Teaching (JEET)
Handayani (2013). Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Playing III. (Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta)
Hanim, L. (2023). Pengembangan Modul Poster Pendidikan Menggunakan Aplikasi Picsart Untuk Siswa SMPN 08 Gresik. Jurnal Seni Rupa, Vol. 11 No. 3.
Hayati, U. (2020). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. (Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan)
Harfiah, F. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Focus Group Discussion (FGD) Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Pada Materi Redoks. (UIN Sunan Kalijaga)
Hidayati, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Focus Group Discussion Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar PAI Siswa SD Negeri 05 Kepahiang. Ejournal An-Nizom IAIN Bengkulu. Vol. I, No. 3, Desember 2016
Hijrawatil, A. (2019). Evektifitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) Terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota Berbau. PERNK Jurnal PAUD, 2(1).
Indirizal, E. (2014). Diskusi Kelompok Terarah. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya. 16 (1)
Iskandar (2017). Peningkatan Partisipasi Aktif dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.E Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di SMP Negeri 7 Pujut Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Mandala. 2(2).
Isnawan, M. (2020). Kuasi Eksperimen NTB: Nashir Al-Khutub Indonesia
Junaidi (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX Materi Teks Discussion Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Model Pembelajaran Focus Group Discussion Pada SMP Negeri 2 Tangse Kabupaten Pidie. Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora. 9(4), 2021
Nilda M. & Herianto H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Ejournal OSF Preprints.
Nurhada, H. (2020). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Melalui Pembelajaran Learning Cylcle 5E Di Kelas X SMA Karang Anyar. (Skripsi. Universitas Sebelas Maret)
O. Nyumba T., Wilson, K., Christina, J., & Mukherjee, N. (2017). The use of focus group discussion methodology: Insights from two decades of application in conservation. Methods in Ecology and Evolution.
Patia, U. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV di MIS Al-Irsyadiyah. JPFS .6 (2) 2023 64-71
Purwana, E. (2019). Evektifitas Metode Pembelajaran Fokus Group Discussion (FGD) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Materi Keperawatan Jiwa Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Poltekeskemenkes Mataram Tahun 2018. (Skripsi. Poltekes Mataram) Vol. 1 No.1 (2019)
Pohan, N. (2023). Partisipasi Belajar Siswa Pasca Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Sosiologi (Studi Kasus: Siswa Kelas X SMAN 1 Batang Onang). Naradidik: Journal of Education & Pedagogy. Volume 2 Nomor 2 2023
Rahmah, F. (2020). Hubungan Partisipasi Belajar Dengan Karakter Tanggung Jawab Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bangkinang Kota. (Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru)
Rahmah, N., Kafrawi, M., & Alwan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Poster Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajaran. 3(2).
Sariah (2012). Kegiatan Belajar Partisipatif. Vol 37, No 1.
Situngkir, W., Roulina, S., & Emelda., T. (2022). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 2 Kelas Iv Sd Negeri No. 124386 Jl. Pisang. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 10(2).
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiyono, Y. (2015). Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS. Vol 27, No 2
Sukardi, S. (2020). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur Evaluasi (Aplikasi Pada Ilmu-Ilmu Sosial. Jawa Barat: CV Adanu Abimata
Sukardi, S., Dewi, O., Nursaptini, N., & Wahida, A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Relia Terhadap Hasil Belajar Sosiologi. Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan, 9(2), Mei 2024
Sukardi, S., Jihatul, H., & Nursaptini, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran AIR Berbantuan Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. FKIP Universitas Mataram. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Sukardi, S., Ismail, M., & Novi, S. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokal Bagi Anak Putus Sekolah Pada Masyarakat Marginal. Cakrawala Pendidikan, 3, 402-412.
Sya’bani, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Menyatakan Pendapat Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Focus Group Discussion (FGD) Dalam Mata Kuliah Profesi Keguruan. Tamaddun-Jurnal Pendidkan dan Pemikiran Keagamaan, 14 (1) 18.
Tamam, F., Masrichah, L., & Hasani, M. (2020). Belajar Bahasa arab aktif berbasis fokus group discussion (FGD). Vol 4 (2020)
Trusulo, R. (2024). Penerapan Focus Group Discussionuntuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Kerohanian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra. Volume 11, Nomor 3 Tahun 2024.
Utami, P. (2013). Penerapan Knowledge Management Pada Perguruan Tinggi (Studi Kasus Amik Bsi Purwokerto). 1(1), 5
Wahab, G., & Rosnawati (2020). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jawa Barat: Adanu Abimata
Wahyuni, S. (2016). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Penanganan Demam Pada Anak di Dusun Plosogeneng Desa Plosowahyu Lamongan. (Skripsi. STIK Muhammadiyah Lamongan)
Waluyati, M. (2020). Penerapan Fokus Group Discussian (FGD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 8(1) pp. 80-91
Widiyati (2019). Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Ketenagakerjaan Peserta Didik di SMP N 7 Purworejo. Indonesian Journal of History Education, 7 (2), 2019
Yuliawati, S. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dengan Efektivitas Iklan Sebagai Veriabel Intervening Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce.
Yunita, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Ekologi Kewarganegaraan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Aktif. Vol 15, No 2.
Zulkarnain, R. & Gusti, R. (2020). Implementasi Teknik Forum Group Discussion (Fgd) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Melalui Mata Kuliah Seminar Proposal Skripsi. Jurnal Obor Penmas. 3(2), Oktober 2020
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ayu Erlina, Sukardi Sukardi, Ananda Wahidah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.