Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Gugus 2 Pekat
Penulis
Aning Eryanti Sabilillah , Asrin Asrin , Moh. Irawan Zain , Husniati HusniatiDOI:
10.29303/jipp.v10i1.3114Diterbitkan:
2025-02-28Terbitan:
Vol 10 No 1 (2025): FebruariKata Kunci:
ADDIE, Buku cerita bergambar, Membaca pemahamanArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media buku cerita bergambar serta efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian meliputi angket ahli media dan materi, angket respon guru dan siswa, serta tes evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gugus 2 Pekat, sedangkan objek yang diteliti adalah media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar sangat valid berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi dengan rata-rata 87,5%. Media dinilai sangat praktis dengan nilai 95,8% dari uji coba satu-satu, nilai uji coba kelompok kecil 90,5%, uji coba kelommpok besar dan respon guru dengan nilai rata-rata 89,6%. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,001 dan skor N-Gain sebesar 0,68 untuk kelas eksperimen (kategori sedang) serta 0,03 untuk kelas kontrol (kategori rendah). Dengan demikian, media buku cerita bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Gugus 2 Pekat.
Referensi
Adianti, T., Zain, M. I., & Affandi, L. H. (2021). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus di SD Negeri 1 Taman Ayu). JURNAL ILMIAH PENDAS: PRIMARY EDUCATION JOURNAL, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i2.369
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344.
Anggraini, G., & Asrin, A. (2021). Development of Interactive to Improve Learning Local Script in Sumbawa. SocioEdu: Sociological Education, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59098/socioedu.v2i1.303
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208–216.
Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Gugus 04 Kecamatan Pujut. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 77–84.
Athifah, N., Zain, M. I., & Ermiana, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun. Journal of Classroom Action Research, 1(2), 187–195.
Dian Apriliani, I. G. A., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525
Hadid, Z., Kanzunnudin, M., & Fathurohman, I. (2023). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Rembang dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 153–160. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72266
Hidayah, N., Intiana, S. R. H., Erfan, M., & Zain, M. I. (2024). Pengembangan Komik Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Mbojo Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (Geoscienceed Journal), 5(4), 779–787.
Husna, Z. A., Salimi, M., & Suryandari, K. C. (2023). Pengembangan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 1083–1093.
Kusnulyaningsih, D., Husniati, & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Muatan Seni Budaya dan Prakarya Kelas IV SDN 39 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(22), 480–486. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.677
Magdalena, I., Fadhillah, D., & Gusmawati, L. (2023). Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2561–2563.
Mardiyanti, Zain, M. I., & Dewi, N. K. (2022). Pengembangan Media Kartu Kata Berbasis Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Tema 3 Kegiatanku Sub Tema 1 Kegiatan di Pagi Hari SDN1 Dopang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 702–709.
Nurul, A., & Abbas, N. (2021). Development of Picture Storybooks to Improve Reading Comprehension. In Elementary School Teacher (Vol. 5, Issue 2, pp. 1–5). Elementary School Teacher of Education Department, Faculty of Education.
OECD. (2023). PISA 2022 Results.
Parameswari, K. I., Gunayasa, I. B. K., & Asrin. (2022). Analisis Kaidah Kebahasaan pada Teks Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 1 Sandik Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 61–67.
Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS (I. Fatria, Ed.). Deepublish.
Rahayu, D. S., Pratiwi, A. S., & Saleh, Y. T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Petualangan Pospanda untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di SDN 3 Sukajadi. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknnologi Dan Arsitektur, 2(1).
Sajida, F., Arjudin, A., & Fauzi, A. (2024). Pengembangan Media Congklak Matematika untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi KPK dan FPB Kelas V SDN 38 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2331–2338. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2788
Saputri, E. W. M., Widiarini, Makrifah, I. A., & Mubarok, T. A. (2023). Development Local Culture Story Book to Teach Reading Comprehension for Junior High School. Journal of Development Research, 7(2), Process. https://doi.org/10.28926/jdr.v7i2.171
Sarika, R., Gunawan, D., & Mulyana, H. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUKAGALIH. Caxra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 62–69.
Setiawati, E., Zain, M. I., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan IPAS SDN Gugus I Sekarbela. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2448–2456. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2826
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Alfabeta.
Sulikhah, S., Utomo, S., & Santoso, S. (2020). Pengaruh Teknik Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) dan Teknik Skema terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SD Negeri Kelas III di Kecamatan Karanganyar Demak. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 3(2), 365–385.
Suparlan, S. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12.
Suprapto, H. M., & Zubaidah, E. (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa. LITERA: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 20(3), 446–463. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v20i3.40074
Wahid, F. S., Mutaqin, A., & Yasin. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar. Media Bina Ilmiah, 16(5), 6873–6882.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aning Eryanti Sabilillah, Asrin Asrin, Moh. Irawan Zain, Husniati Husniati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.