Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram
Penulis
Agil Al Idrus , Karnan Karnan , Dadi SetiadiDOI:
10.29303/jipp.v3i2.32Diterbitkan:
2019-02-13Terbitan:
Vol 3 No 2 (2018)Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi meliputi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yang lebih dikenal dengan Akreditasi. Salah satu indikator mutu program studi adalah baik tidaknya nilai akreditasi prodi yang menggambarkan program studi secara menyeluruh. Pelaksanaan akreditasi prodi yang merupakan sistem penjaminan mutu eksternal terus berkembang dari waktu ke waktu dan sistem yang berlaku adalah berbasis SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Prodi Pendidikan Biologi adalah salah satu prodi di lingkungan FKIP UNRAM yang akan mengajukan akreditasi disebabkan masa berlakunnya akan segera berakhir dalan satu tahun mendatang. Namun demikian untuk bisa memperoleh nilai tersebut perlu dilakukan persiapan-persiapan baik di tingkat prodi maupun fakultas, sehingga perlu dilakukan kajian kesiapan program studi dan fakultas dalam mengahadapi akreditasi prodi berbasis SAPTO. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesiapan Prodi Pendidikan Biologi dan institusi/fakultas dalam menghadapi akreditasi berbasis SAPTO yang mencakup 7 estándar akreditasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif kualitatif. Penelitian dilaksanakan mulai dari akhir bulan Mei 2018 sampai dengan akhir Nopember 2018.Tempat pelaksanaan di FKIP Universitas Mataram. Subjek penelitian dan sumber adalah dosen program studi, tenaga kependidikan dan dekanat di lingkungan FKIP UNRAM serta dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dokumen dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting untuk dicari tema dan polanya data reduction , kemudian data display, setelah itu ditarik sebuah conclusion drawing. Hasil menunjukan bahwa tingkat kesiapan prodi untuk akreditasi pada tingkatan kurang siap dengan data dan informasi sesuai dengan tagihan dari standar pada borang seperti : standar Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian, Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu, Mahasiswa dan Lulusan Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik, Penelitian, Pelayanan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerjasama, Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, serta Sistem Infsi.ormasi. Dengan demikian perlu dipersiapkan data informasi yang dibutuhkan serta penjelasan yang fokus dan komprehensif untuk bagian-bagian tertentu dari standar pada borang akreditasi.Referensi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2008a. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku I Naskah Akademik Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2008b.. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku V Pedoman Penilaian Akreditasi Program Studi Sarjana Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2008c.. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku II Standar Dan Prosedur Akreditasi Program Studi Sarjana. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2008d.. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku IIIA Borang Akreditasi Yang Diisi Oleh Program Stud. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2008e.. Akreditasi Program Studi Sarjana Buku IIIB Borang Institusi Yang Diisi Oleh Fakultas/Sekolah Tinggi. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2017a. Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kebijakan Penyusunan Instrumen Akreditasi. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 2017b. Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Sistem Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta : Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi 2017c. Panduan Penggunaan Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) Versi 01 Untuk Pengguna Perguruan Tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi
Kementerian Pendidikan Nasional .2011. Kajian Analisis Sistem Akreditasi Program Studi Dalam Rangka Reformasi Birokrasi Internal. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional
Kemenristekdikti. 2016a. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.Jakarta : Kemenristekdikti.
Kemenristekdikti. 2016b. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. .Jakarta : Kemenristekdikti.
Natarajan, R. 1999. The Role of Accreditation in Promoting Quality Assurance of Technical Education. Int. J. Engng Ed. Vol. 16, No. 2, pp. 85-96.
Parwanto. 2012. Akreditasi dan Mutu Pendidikan Tinggi. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tersedia http://sippendidikan.kemdikbud. go.id/wp-content/uploads/pdf/ 240320141247035. Diakses 20 Oktober 2018
Raditya, A. A., Kartono, Raharjana, I. K. 2016. Sistem Dashboard Untuk Persiapan Akreditasi Program Studi Sarjana Berdasarkan Standar BAN-PT. Jurnal Sistem Informasi (JSI), ( 8), 1.
Sywelem, M. M. G. 2014. Accreditation Models in Teacher Education: The cases of United States, Australia and India. International Journal of Education and Research. (2) 3.