Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Berbasis Moderasi Beragama Terintegrasi Teknologi Untuk Calon Guru
Penulis
Maimun Maimun , Ibrahim IbrahimDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3317Diterbitkan:
2025-05-31Terbitan:
Vol 10 No 2 (2025): MeiKata Kunci:
Moderasi beragama, teknologi pembelajaran, kebutuhan calon guru, kurikulum integratifArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan integrasi nilai moderasi beragama dalam pembelajaran berbasis teknologi bagi calon guru. Studi ini merupakan tahap awal (define) dari model pengembangan Thiagarajan, yang difokuskan pada pengumpulan data kebutuhan melalui survei terhadap 250 mahasiswa calon guru di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan indikator meliputi pemahaman nilai moderasi beragama, penguasaan teknologi pembelajaran, dan kebutuhan integrasi keduanya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemahaman responden terhadap nilai moderasi berada pada kategori sangat tinggi, namun penguasaan teknologi masih berada pada kategori sedang. Sementara itu, kebutuhan integrasi nilai moderasi dalam pembelajaran berbasis teknologi tergolong sangat tinggi. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan kurikulum dan perangkat pembelajaran yang mampu menggabungkan nilai-nilai moderasi beragama dengan pemanfaatan teknologi, guna mendukung pembentukan calon guru yang moderat, adaptif, dan siap menghadapi tantangan pendidikan Abad 21.
Referensi
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33-60.
Amtiran, A. A., & Kriswibowo, A. (2024). Kepemimpinan Agama Dan Dialog Antaragama: Strategi Pembangunan Masyarakat Multikultural Berbasis Moderasi Beragama. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 8(3), 331-348.
Anggriyani, M., Syaharuddin, S., Mandailina, V., Abdillah, A., & Mahsup, M. (2024). Penggunaan Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika: Tren dan Tantangan. In SEMANTIK: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 2, No. 1, pp. 348-372).
Arjunnajata, R., Mamesah, M. F. A. I., & Fathurrohman, R. (2024). Dampak Pembelajaran PAI Berbasis Lingkungan dengan Integrasi Teknologi dan Media Sosial terhadap Karakter Religius Siswa SDN 1 Mlaran Purworejo. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 3(2), 109-118.
Awalita, S. N. (2024). Nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan agama Islam rahmatan lil’alamin tingkat Madrasah Ibtida’iyah. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 1-12.
Bahtiar, B., Yusuf, Y., Doyan, A., & Ibrahim, I. (2023). The trend of technology pedagogical content knowledge (TPACK) research in 2012-2022: Contribution to science learning of 21st century. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 39-47.
Cappa, E., Hamzah, R. A., & Intan, I. (2024). Pengembangan Aspek Landasan Terhadap Perancangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Scholars: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(1), 14-28.
Dwiyani, A. (2023). Pendidikan Islam Multikultural diSekolah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 68-78.
Efendi, A., Pahrudin, A., & Jatmiko, A. (2024). Studi Tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dan Madrasah. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 7(2), 178-196.
Hasan, M. S. R., Ma'arif, M. A., Ainiyah, Q., Rofiq, A., & Mujahidin, M. (2024). Edukasi Moderasi Beragama Melalui Seni dan Budaya Islam. An Naf'ah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 128-139.
Hasibuan, H. A. (2021). Pendidikan kewarganegaraan: internalisasi nilai toleransi untuk mencegah tindakan diskriminatif dalam kerangka multikultural. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 440-453.
Hasibuan, K. (2023). Moderasi Beragama Berbasis Keluarga. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(11), 4655-4666.
Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93-116.
Hilmin, H. (2024). Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum merdeka belajar pendidikan agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 37-45.
Husni, R., Utomo, E., Rizqa, M., & Husna, R. (2023). Moderasi Beragama dalam Masyarakat 5.0: Analisis Konsep Berdasarkan Surat Al-Hujurat Ayat 13. SURAU: Journal of Islamic Education, 1(2), 146-160.
Ibrahim, I., Maimun, M., Bahtiar, B., & Suranti, N. M. Y. (2024). Interactive Learning Innovation: Improving Understanding of The Concepts of Motion and Force In Prospective Teacher Students. Biochephy: Journal of Science Education, 4(2), 1130-1136.
Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Tengah Multikulturalitas Indonesia. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1-13.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416-2422.
Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & Safinah, S. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dengan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Manajemen & Budaya, 4(1), 105-119.
Khamala, K., & Andriyani, S. (2024). Toleransi beragama di lingkungan sekolah dasar: Jumat bersih, praktik dan koeksistensi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(1), 387-400.
Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205.
Lestari, C. R., Fahmy, Z., Wati, M. L. K., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2024). Tinjauan Holistik Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di UIN Walisongo: Pendekatan Inovatif dengan Model CIPP. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 12(1), 179-192.
Maimun, M., & Bahtiar, B. (2022). The effect of search, solve, create, and share (SSCS) learning models assisted multimedia interactive to improve creative thinking ability and student learning outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1834-1840.
Maimun, M., & Bahtiar, B. (2023). The Effect of Online Service System-Based Institution Management on Learning Quality and Academic Achievement. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 516-530.
Maimun, M., & Bahtiar, B. (2024). The Role of Elementary Teachers in Developing 21st Century Skills: Creativity, Collaboration, Communication, and Critical Thinking. MACCA: Science-Edu Journal, 1(2), 32-38.
Ningsih, A. S., & Hurairah, J. (2024). Peran Pendidikan Islam Dalam Melawan Radikalisme Melalui Moderasi Beragama. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(3), 107-116.
Patih, A., Nurulah, A., Hamdani, F., & Abdurrahman, A. (2023). Upaya membangun sikap moderasi beragama melalui pendidikan agama Islam dan pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa perguruan tinggi umum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Putra, P. A., Fakhruddin, F., & Indrawari, K. (2023). Upaya Dosen Pendidikan Agama Islam Dalam Menyiapkan Mahasiswa Mengahadapi Tantangan Digital (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Rahman, K. I. (2024). Moderasi Beragama sebagai Dasar Pendidikan Anak Bangsa untuk Menciptakan Kerukunan. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 258-274.
Riani, S., Al Hakim, R. R., & Sukmarani, D. (2021, December). Pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis multimedia untuk pembelajaran biologi: mini-review. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Saihu, M. (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629-648.
Siburian, G. (2024). Analisis Konseptual Landasan Pendidikan dalam Konteks Pembangunan Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4935-4939.
Thiagarajan, S. “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.,” 1974, Accessed: Mar. 26, 2024. [Online]. Available: https://eric.ed.gov/?id=ED090725.
Wicaksana, E. (2020). Efektifitas pembelajaran menggunakan moodle terhadap motivasi dan minat bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117-124.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Maimun Maimun, Ibrahim Ibrahim

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.