Analisis Fenomena Resonansi pada Pembelajaran Sains: Catatan Perkuliahan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Penulis
Muhammad Syazali , Umar UmarDOI:
10.29303/jipp.v7i2.413Diterbitkan:
2022-03-12Terbitan:
Vol 7 No 2 (2022): JuniKata Kunci:
Karakteristik, Mahasiswa, Pembelajaran Sains, Resonansi.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Terbatasnya data karakteristik mahasiswa berdampak pada tidak optimalnya penyusunan RPS dan implementasinya dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar sains pada aspek keterampilan proses menjadi rendah. Salah satu bentuk karakteristik mahasiswa adalah respon yang mereka berikan terhadap dinamika yang terjadi dalam pembelajaran. Apakah dinamika seperti rajin atau malas belajar, keaktifan atau kepasifan dalam pembelajaran dan prestasi yang lebih tinggi atau lebih rendah menular pada mahasiswa? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan fenomena resonansi pada pembelajaran sains. Penelitian deskriptif yang menggunakan metode survey ini melibatkan 106 mahasiswa PGSD Universitas Mataram sebaga responden. Untuk mendapatkan data, digunakan instrumen angket yang disebarkan melalui google form. Data kemudian dianalisis untuk menentukan tren/kecenderungan dari data tersebut. Hasil survey menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa terdorong untuk melakukan hal yang dilakukan atau dapat menyamai capaian yang diraih oleh mahasiswa lain. Dari aspek belajar, proporsi mahasiswa yang termotivasi karena melihat mahasiswa lain rajin belajar (99.1%) lebih besar dibandingkan dengan proporsi untuk menjadi malas karena melihat mahasiswa lain malas belajar (57.5%). Dari aspek partisipasi dalam pembelajaran, proporsi mahasiswa yang termotivasi untuk aktif sebesar 100%. Ini lebih besar dari proporsi mahasiswa yang terpengaruh untuk ikut pasif dalam pembelajaran (38.7%). Adapun dari aspek prestasi, proporsi mahasiswa yang termotivasi untuk menyamai atau melampaui temannya yang lebih berprestasi lebih besar dibandingkan dengan proporsi yang yang kurang termotivasi karena ada temannya yang kurang berprestasi. Dari hasi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi fenomena resonansi pada pembelajaran sains diitnjau dari respon mahasiswa terhadap rangsangan dari mahasiswa lain yang berbentuk rajin dan malas belajar, aktif dan pasif dalam pembelajaran, serta lebih berprestasi dan kurang berprestasi.Referensi
Ana, A., Minghat, A. D., Purnawarman, P., Saripudin, S., Muktiarni, M., Dwiyanti, V., & Mustakim, S. S. (2020). Students’ perceptions of the twists and turns of E-learning in the midst of the Covid 19 outbreak. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 15–26. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/242
Argaheni, N. B. (2020). A systematic review: The impact of online lectures during the covid-19 pandemic against Indonesian students. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–109.
Ariani, D. W. (2016). Why do I study? the mediating effect of motivation and self-regulation on student performance. Business, Management and Education, 14(2), 153–178. https://doi.org/10.3846/bme.2016.329
Artayasa, I. P., Susilo, H., Lestari, U., & Indriwati, S. E. (2017). Profil keterampilan proses sains dan hubungannya dengan hasil belajar sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Brandmiller, C., Dumont, H., & Becker, M. (2020). Teacher perceptions of learning motivation and classroom behavior: The role of student characteristics. Contemporary Educational Psychology, 63. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101893
Cho, M. H., Park, S. W., & Lee, S. eun. (2021). Student characteristics and learning and teaching factors predicting affective and motivational outcomes in flipped college classrooms. Studies in Higher Education, 46(3), 509–522. https://doi.org/10.1080/03075079.2019.1643303
Davis, K., Sridharan, H., Koepke, L., Singh, S., & Boiko, R. (2018). Learning and engagement in a gamified course: Investigating the effects of student characteristics. Journal of Computer Assisted Learning, 34(5), 492–503. https://doi.org/10.1111/jcal.12254
Ferdianto, T., Faniru Pakuning Desak, G. G., & Lena. (2018). A Comparative Study of Teaching Styles in Online Learning Environment. International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2017, 8273505. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2017.8273505
Fitriwati, D. G. (2018). The Effect of Motivation on the Learning Achievement. IJIELT, 4(1), 198–208.
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Mahmood, N. (2015). Motivation and science performance: Influence on Student learning in science. Science International, 27(2), 1445–1452. http://search.proquest.com/central/docview/1695240006/456C05B9D805464BPQ/2?accountid=62831
Nurcahyani, D., Yuberti, Irwandani, Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Rahman, M. (2021). Ethnoscience learning on science literacy of physics material to support environment: A meta-analysis research. Journal of Physics: Conference Series, 1796, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012094
Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.
Rusilowati, A., Astuti, B., & Rahman, N. A. (2019). How to improve student’s scientific literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012028
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. EOCD.
Senjawati. (2020). Peran guru kelas dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA melalui pembelajaran berbasis etnosains. Integrated Science Education Journal, 1(2), 46–50. https://doi.org/10.37251/isej.v1i2.78
Sholikah, L., & Pertiwi, F. N. (2021). Analysis of science literacy ability of junior high school students based on Programme for International Student Assessement (PISA). INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2922
Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran daring dimasa andemi Covid-19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184–191. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.36
Syazali, M., Erfan, M., & Khair, B. N. (2021). Learning facilities that can develop science process skills in Indonesia: Review of experimental studies. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 910–923. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4414
Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil keterampilan proses sains mahasiswa melalui implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290
Syazali, M., Wira, L., & Amrullah, Z. (2021). Assessment hasil belajar sains mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dimasa pandemi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.136
Utomo, M. N. Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Tools and strategy for distance learning to respond Covid-19 pandemic in Indonesia. International Information and Enginering Technology Association, 25(3), 383–390. https://doi.org/10.18280/isi.250314 Received:
Wati, E., Yuberti, Saregar, A., Fasa, M. I., & Aziz, A. (2021). Literature research: Ethnoscience in science learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012087
Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801
Yulianci, S., Asriyadin, Nurjumiati, Kaniawati, I., Liliawati, W., & Muliana. (2021). Preliminary analysis of module development by setting arguments through the application of scientific inquiry models to improve students’ scientific attitudes. Journal of Physics: Conference Series, 1806, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012021