Adaptasi dan Validasi Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS) Versi Indonesia
Penulis
Miftah Fariz Prima PutraDOI:
10.29303/jipp.v7i2.499Diterbitkan:
2022-05-09Terbitan:
Vol 7 No 2 (2022): JuniKata Kunci:
Pembelajaran online, adaptasi dan validasi, Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS)Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kepuasaan dosen dalam pembelajaran online diyakini sebagai indikator penting dalam kualitas pembelajaaran daring. Namun sayangnya, belum banyak instrumen yang dikembangkan secara khusus untuk mengungkap konstruk tersebut, apalagi yang berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengadaptasi dan menguji validitas serta reliabilitas Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS) pada konteks Indonesia. Terdapat 73 dosen (laki-laki=41, perempuan=32) dengan usia rata-rata 36,71 tahun, SD: 8.10 dari berbagai kampus yang ada di Indonesia terlibat dalam studi ini. Selain the Online Faculty Satisfaction Survey (OFSS), alat ukur yang digunakan untuk menguji validitas konvergen OFSS adalah Satisfaction with Life Scale (SWLS). Analisis korelasi serta cronbach alpha digunakan untuk menguji validitas dan reliabilitas OFSS yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menemukan, dari 28 item yang ada dalam OFSS, 5 item gugur dalam pengujian. Nilai koefisien korelasi OFSS versi indonesia menggunakan corrected-item total correlation (CITC) bergerak dari 0.305-0.741. Untuk reliabilitas bergerak dari 0.891-0.901 dengan nilai reliabilitas keseluruhan OFSS sebesar 0.901. Uji validitas konvergen menunjukkan bahwa OFSS berkorelasi positif dengan SWLS (r = 0.288, p < 0.05). Dengan hasil tersebut maka dapat dinyatakan bahwa OFSS versi Indonesia yang berjumlah 23 item merupakan alat ukur kepuasaan dosen dalam pembelajaran online yang valid dan reliabel.Referensi
AEDC. (2008). Quality framework for online education. Retrieved March 28, 2022, from https://onlinelearningconsortium.org/about/quality-framework-five-pillars/
Afiatin, T., Istianda, I. P., Wintoro, A. Y., Ulfa, L., & Bulo, F. M. (2016). Happiness of Working Mothers Through Family Life Stages. Anima, 31(3), 101–110. https://doi.org/https://doi.org/10.24123/aipj.v31i3.569
Asrul, & Hardianto, E. (2020). Kendala Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP N Satap 1 Ladongi. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1.
Avgerinou, M. (2010). Teacher vs. student satisfaction with online learning experiences based on personality type. Etpe.Eu, 1, 223–231. http://etpe.eu/files/proceedings/26/1286265424_4.pdf
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1999). Social cognitive theory: An agentic. Asian Journal of Social Psychology, 2(1), 21–41. https://doi.org/10.1111/1467-839X.00024
Bolliger, D. U., & Martindale, T. (2004). Key factors for determining student satisfaction in online courses. International Journal on E-Learning, 3(1), 61–67. https://doi.org/10.5771/9783845279893-1090-1
Bolliger, Doris U., & Wasilik, O. (2009). Factors influencing faculty satisfaction with online teaching and learning in higher education. Distance Education, 30(1), 103–116. https://doi.org/10.1080/01587910902845949
Cahyawati, D., & Gunarto, M. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19: Hambatan, tingkat kesetujuan , materi, beban tugas , kehadiran, dan pengelasan dosen. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 150–161. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i2.33296
Darmawan, F. (2015). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pemanfaatan E-Learning (Studi Kasus: E-Learning IF UNPAS). Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(4), 63–71. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1378
Diener, E. D., Emmons, R. A., & Griffin, S. (1985). The Satisfaction With Life Scale. Journal of Personality Assessment, 49, 71–79.
Elliott, K. M., & Shin, D. (2002). Student Satisfaction: An alternative approach to assessing this important concept. Journal of Higher Education Policy and Management, 24(2), 197–209. https://doi.org/10.1080/1360080022000013518
Elshami, W., Taha, M. H., Abuzaid, M., Saravanan, C., Al Kawas, S., & Abdalla, M. E. (2021). Satisfaction with online learning in the new normal: perspective of students and faculty at medical and health sciences colleges. Medical Education Online, 26(1), 1–11. https://doi.org/10.1080/10872981.2021.1920090
Fadilah, F., & Mahyuny, S. . (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Locus Of Control Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Samudra. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 02(02), 100–105.
Hoofman, J., & Secord, E. (2020). The effect of COVID-19 on education. Psychiatry Research, 14(4), 1071–1079. https://doi.org/10.1016/j.pcl.2021.05.009
Kline, P. (2000). Handbook of psychological testing. In Personality and Individual Differences (Vol. 20, Issue 1). Routledge. https://doi.org/10.1016/s0191-8869(96)90047-1
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Pearson Prentice Hall.
Kurucay, M., & Inan, F. A. (2017). Examining the effects of learner-learner interactions on satisfaction and learning in an online undergraduate course. Computers and Education, 115, 20–37. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.06.010
Miyazoe, T., & Anderson, T. (2010). The interaction equivalency theorem. Journal of Interactive Online Learning, 9(2), 94–104.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32771
Pavot, W., & Diener, E. (1993). Review of the Satisfaction With Life Scale. Psychological Assessment, 5, 164–172.
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603
Rahayu, R. P., & Wirza, Y. (2020). Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 392–406. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.29226
Starr, A. M., Betz, E. L., & Menne, J. W. (1971). College Student Satisfaction Questionnaire (CSSQ) Manual. http://eric.ed.gov/?id=ED058268
Strachota, E. (2006). The Use of Survey Research to Measure Student Satisfaction in Online Courses. Midwest Research-to-Practice Conference in Adult, Continuing, and Community Education, 2, 6. http://www.umsl.edu/continuinged/education/mwr2p06/pdfs/D/Strachota_Use_of_Survey_Research.pdf
Tabachnick, B. ., & Fidel, L. . (2007). Using multivariate statistics. In Studies in Nonlinear Dynamics and Econometrics (Vol. 20, Issue 1). Pearson education, Inc.
Taha, M. H., Abdalla, M. E., Wadi, M., & Khalafalla, H. (2020). Curriculum delivery in Medical Education during an emergency: A guide based on the responses to the COVID-19 pandemic. MedEdPublish, 9, 69. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000069.1
Tian, S. W., Yu, A. Y., Vogel, D., & Kwok, R. C. W. (2011). The impact of online social networking on learning: A social integration perspective. International Journal of Networking and Virtual Organisations, 8(3–4), 264–280. https://doi.org/10.1504/IJNVO.2011.039999
Ulinuha, G., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem pembelajaran daring berdasarkan end user computing satisfaction. Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3321
Umar, J., & Nisa, Y. F. (2020). Uji Validitas Konstruk dengan CFA dan Pelaporannya. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia), 9(2), 1–11. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i2.16964
Utami, E. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 471–479. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555
Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Dharma Praja Denpasar. Jurnal Pangkaja, 24(1), 107–118.
Wei, H. C., & Chou, C. (2020). Online learning performance and satisfaction: do perceptions and readiness matter? Distance Education, 41(1), 48–69. https://doi.org/10.1080/01587919.2020.1724768
Wibisono, S. (2012). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Simulasi Menggunakan Importance Performance Analysis (Studi Pada Kelas Psikologi Eksperimen). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 1(3), 184–197. https://doi.org/10.15408/jp3i.v1i3.10704