Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran di Kelas IV SDN 34 Mataram
Penulis
M. Ihsan Kadafi , Muhammad Tahir , Ilham Syahrul JiwandonoDOI:
10.29303/jipp.v7i3.615Diterbitkan:
2022-07-23Terbitan:
Vol 7 No 3 (2022): SeptemberKata Kunci:
Dampak pandemi Covid-19, Proses pembelajaran, SDN 34 MataramArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan di Indonesia saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan adanya penyebaran sebuah virus yang diberi nama virus corona yang dapat menyebabkan suatu penyakit yang dinamakan Covid-19. Untuk mencegah penularan penyakit ini secara lebih luas pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan salah satunya kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur jalannya proses belajar mengajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan salah satunya belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran di kelas IV SDN 34 Mataram. Pendekatan yang digunakang dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang secara spesifik menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles &Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 di SDN 34 Mataram dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi watsApp. (2) dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran. Guru mengalami kesulitan ketika menilai keterampilan dan kemampuan siswa, dikarenakan proses pembelajaran dilakukan secara online/daring. (3) kendala-kendala dalam proses pembelajaran. Guru dan siswa seringkali terkendala pada alat komunikasi seperti, kuota internet yang sangat terbatas, tidak semua siswa memiliki smartphone dan pemahaman siswa terhadap aplikasi yang digunakan saat proses pembelajaran daring belum belum sepenuhnya dimengerti oleh siswa.
Referensi
Afianti, D., Witono, A. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SDN 7 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 203– 213.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Al-Qawi, Abdirrahman, Abu. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta: Khalifa.
Arifin, Zainal (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arikunto (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Baharin, R., Halal, R., Aji, S., Yussof, I., & Saukani, N.M. (2020). Impactof Human Resource Investmenton Labor Productivity in Indonesia. Iranian Journal of Management https://doi.org/10.22059/ijms.2019.280284.673616
Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).
Chakraborty, M., & Muyia Nafukho, F. (2014). Strengthening student Mengagement: What do students want in online courses? European Journal of Training and Development, 38(9), 782–802. https://doi.org/10.1108/EJTD-11-2013-0123
Jiwandono, Ilham S. (2017). Peran Guru dalam Menciptakan Lingkungan BelajarYang Kondusif di SDN Wonorejo 01 Lawang. Prosiding TEP & PDs. Transformasi Pendidikan Abad 21. Tema:6;Nomor 21.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan,2(1), 55-61.
Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 14-20.
Imaniah, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
Jurnal Ilmiah PendidikanGuru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor1, 139-149Februari2017
Jogiyanto (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Surat Edaran Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Made Yeni Suranti, N. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70. https://corona.ntbprov.go.id/
Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muhibbin Syah (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Mulyana, Deddy. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemic COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. eduPsycouns: Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. 7, 297–302.
Rooijakkers, A. (1991).Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: PTPresindo.
Siregar,P.P., & Zahra, A.H. (2020). Bencana Nasional Penyebaran COVID-19 sebagai Alasan Force Majeure, Apakah Bisa?Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.
Slameto (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Stake, Robert E. (1994). “Case Studies†in Norman K. Denzin and Yvonna S. Lincoln (eds.). “Handbook of Qualitative Researchâ€, Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: ALFABETA.
Suryosubroto (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Tersiana, Andra (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemic.
Wardhani, T. Z., & Krisnani, H. (2020). OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 48-59.
Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Winkel W.S. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Zahrotunnimah, Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15103