Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Flip PDF Professional Pada Materi Tekanan Hidrostatis
Penulis
Agung Gumelar , Stepanus Sahala Sitompul , Hamdani HamdaniDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.709Diterbitkan:
2022-08-25Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 5 Pontianak, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang digunakan disekolah masih menggunakan LKPD dalam bentuk buku serta ketersediaan LKPD dalam bentuk cetak belum memenuhi jumlah peserta didik sehingga LKPD tidak diperoleh peserta didik secara merata. Oleh sebab itu Peneliti berinisiatif mengembangkan LKPD berbantuan flip pdf professional pada materi tekanan hidrostatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Langkah-langkah pegembangan LKPD (2) kelayakan LKPD (3) respon peserta didik terhadap LKPD berbantuan Flip pdf Professional pada materi tekanan hidrostatis di SMA Negeri 5 Pontianak. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Developmment (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang telah dimodifikasi, tanpa tahapan implementasi dan evaluasi. Langkah penelitian dan pengembangan ini adalah analisis masalah, perancangan, pengembangan dan uji kelayakan produk. Instrument penelitian menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon peserta didik dengan skala 4 kategori nilai. Hasil penelitian menunjukkan (1) kelayakan LKPD yang dinilai oleh ahli materi mendapatkan kategori layak (0,75) dan penilaian oleh ahli media mendapatkan kategori layak (0,74). (2) respon peserta didik terhadap pengembangan LKPD mendapat kategori sangat menarik (87%). Berdasarkan data penelitian dapat diperoleh simpulan berupa LKPD yang dikembangkan dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Abdul Majid (2011). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), h.176
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed). PT Bumi Aksara.
BSNP (2012). Diskripsi Item Kegrafikan. Jakarta: BSNP
Fadilah, N. (2021). Pengembangan buku elektronik fisika dasar 1 berbasis pendekatan saintifik pada materi fluida statis dan dinamis. Jambi: Universitas Jambi
Fadhila, A. N. (2022). Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Medan Magnet. 2(1), 53–70. https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/index%7C53
Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2021). Pengembangan LKPD berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281–291. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9871
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Sulistyarini, E. (2015). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA MATERI GELOMBANG BUNYI BERBASIS.
H. Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Sioarjo: Penerbit Nizamia Learning Center.
Hanafy, Muh. Sain. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Jurnal ilmu tarbiyah 17 (1): halaman 66-79. Diakses Pada 21 oktober 2021 pukul 22.30 wib. https;//journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/ viewFile/516/491
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rezki, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Menggunakan 3D Pageflip Pada Materi Protista. Jambi: FKIP Universitas Jambi.
Riduwan (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1-3.
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.