Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Media Peta Konsep Pada Materi Pecahan Kelas IV SDN Kuta
Penulis
H. Maruf , Mursadam MursadamDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.716Diterbitkan:
2022-08-24Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Two Stay Two Stray, Peta Konsep, Proses, Hasil Belajar Kognitif, Pecahan.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus melalui tahap rencana awal, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar kognitif. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru selama proses belajar mengajar berlangsung sedangkan tes hasil belajar siswa dibuat dalam bentuk urain sebanyak 5 soal bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaraan Two Stay Two Stray dan media peta konsep dalam setia pertemuan. Hasil penelitian pada siklus I yang terdiri dari hasil observasi aktivitas siswa berkategori cukup aktif (2,66 dan 2,86), hasil observasi aktivitas guru berkategori aktif (60 dan 65) dan hasil evaluasi belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (66,66%). Hasil penelitian pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dimana hasil observasi aktivitas siswa berkategori aktif (3,26 dan 3,59), hasil observasi aktivitas guru berkategori sangat aktif (75 dan 85) dan hasil evaluasi sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (93,33%). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan media peta konsep dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN Kuta pada materi pokok pecahan tahun pelajaran 2021/2022.
Referensi
Abdurrahman, (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Almiati. (2011). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Siswa SMK Negeri 8 Semarang Dalam Materi Integral. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1)
Arifin M., (1995). Pengembangan Program Pengajaran, Cetakan Pertama Airlangga, Universitas Press, Surabaya.
Arikunto, S., (2005). Manajmen Penelitian Edisi Revisi, Rineke Cipta, Jakarta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, (1993). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Pada CBSA Dan LKS, Surabaya.
Djamarah, (1994). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.
Hamalik Oemar, (2001). Kurikulum Dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.
Hamalik, O. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ibrahim, (2002). Penelitian Portopolio Dan Penelitian Autentik, Unesa, Universitas Press, Surabaya.
Irma. (2012). Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Disertai Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Iru, L. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo.
Irzani, (2009). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Media Grafindo Press. Yogyakarta.
Lilik, W. (2006). Pendayagunaan Media Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Matematika, (03)
Mustafa. (2020). Implementasi Model Peta Konsep dalam Peningkatan Kemampuan Bercerita Siswa SDN 69 Kota Banda Aceh. Jurnal Peradaban Islam, 2(2).
Nasution, (2001). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Penerbit, Bumi Aksara. Jakarta.
Nurhalifah. (2011). Skripsi Pengaruh Penerapan Strategi Peta Konsep Terdahap Prestasi Belajar Pada Bidang Studi Fisika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Mataram. Mataram: IKIP Mataram.
Riduwan. (2009). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Roestiyah, (2001). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Slameto, (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Soegijo, (2002). Classroom Discusion, Unesa, Universitas Press, Surabaya.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Suharjono, (2007). Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta
Suherdi, D. (2008). Mikroskop Pedagonik (Alat Analisis Proses Belajar Mengajar). Bandung: UPI Press.
Sujatmiko Ponco, 2005. Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya Untuk Kelas VII SMP dan MTs, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo.
Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Titin (2011). Skripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Mataram: IKIP Mataram.
Trianto (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 H. Maruf, Mursadam Mursadam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.