Pengaruh Self-Regulated Learning (SRL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Masbagik
Penulis
Tsania Ardina Sholiha , Nani Kurniati , Ratna Yulis Tyaningsih , Sudi PrayitnoDOI:
10.29303/jipp.v7i3.745Diterbitkan:
2022-08-05Terbitan:
Vol 7 No 3 (2022): SeptemberKata Kunci:
Hasil Belajar, Matematika, Self-Regulated LearningArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Tercapainya tujuan pembelajaran memerlukan peran aktif siswa dalam merencanakan dan mengatur strateginya dalam belajar. Kemampuan siswa dalam meregulasi diri dalam membuat proses belajar yang efektif disebut self-regulated learning (SRL). Keberhasilan siswa dalam belajar turut dipengaruhi oleh SRL yang siswa miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning (SRL) terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistika inferensial meliputi analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi . Selain itu, diperoleh nilai t hitung  t tabel  dan nilai signifikansi data 0,00 yang lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 sehingga hipotesis diterima yaitu self-regulated learning (SRL) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil uji koefisien determinasi yang diperoleh sebesar  Dapat disimpulkan bahwa self-regulated learning (SRL) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Masbagik Tahun Ajaran 2021/2022. Siswa yang memiliki SRL yang tinggi cenderung akan memiliki hasil belajar matematika yang tinggi pula.
Referensi
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058.
Arsyad, R. N., Pomalato, S. W. D., Abbas, N., & Achmad, N. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION, 3(1), 48–56. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.12423.
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri Dan Penyesuaian Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal BIOTEK, 3(2), 54–69. https://doi.org/10.24252/jb.v3i2.1023.
Daniela, P. (2015). The Relationship Between Self-Regulation, Motivation And Performance At Secondary School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 2549–2553. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.410.
Eom, S. (2019). The Effects of Student Motivation and Self-regulated Learning Strategies on Student’s Perceived E-learning Outcomes and Satisfaction. Journal of Higher Education Theory and Practice, 19(7), 29–42. https://doi.org/https://doi.org/10.33423/jhetp.v19i7.2529.
Febryliani, I. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Self-Regulated Learning terhadap Motivasi Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas Virtual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2302–2312. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.768.
Fitria, L., Jamaluddin, J., & Artayasa, I. P. (2020). Analisis Hubungan antara Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Matematika dan IPA Siswa SMA di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 147–155. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2302.
Fitriatien, S. R., & Mutianingsih, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Operasional Riset melalui Self Regulated Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 95–106. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.631.
Granberg, C., Palm, T., & Palmberg, B. (2021). A Case Study of a Formative Assessment Practice and The Effects on Students’ Self-Regulated Learning. Studies in Educational Evaluation, 68(100955), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100955.
Idris, F., Hassan, Z., Ya’acob, A., Gill, S. K., & Awal, N. A. M. (2012). The Role of Education in Shaping Youth’s National Identity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 443–450. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.299.
Kristiyani, T. (2016). Self-Regulated Learning: Konsep, Implikasi dan Tantangannya Bagi Siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Muniri, Wayuningtyas, N., & Choirudin. (2021). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rejotangan. Prosding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.19030/cier.v9i1.9549.
Mustopa, N. M., Mustofa, R. F., & Diella, D. (2020). The Relationship Between Self-Regulated Learning and Learning Motivation with Metacognitive Skills in Biology Subject. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(3), 355–360. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12726.
Nurdianti, Prayitno, S., Amrullah, & Kurniati, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram terhadap Pembelajaran Daring di era COVID-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 610–620. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.119.
Panadero, E., & Alonso-Tapia, J. (2014). How do students self-regulate? Review of Zimmerman’s cyclical model of self-regulated learning. Anales de Psicologia, 30(2), 450–462. https://doi.org/10.6018/analesps.30.2.167221.
Pratiwi, N., Sripatmi, Sridana, N., & Amrullah. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Metematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar pada Materi Lingkaran Tahun Ajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.150.
Rahmat, & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar SMK. Voteteknika (Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(1), 48–53. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378.
Rarasanti, I. G. A., Sarjana, K., Prayitno, S., & Sripatmi, S. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPK. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 275–284. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.67.
Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 105–113. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v1i2.1946.
Sarjana, K., Turmuzi, M., Tyaningsih, R. Y., Lu’luilmaknun, U., & Kurniawan, E. (2022). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Era New Normal. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 309–316. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.303.
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuala Behe. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(2), 85. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3663.
Wulandari, Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Griya Journal of Mathematics Education and Application Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455–466. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.86.
Zamnah, L. N. (2017). Hubungan Antara Self-Regulated Learning dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Cipaku Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 31–38. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.549.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement : An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501.