Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Berbantuan Media Power Point Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Penulis
Firdhania Wulandari , Sukardi Sukardi , Masyhuri MasyhuriDOI:
10.29303/jipp.v7i3.752Diterbitkan:
2022-08-04Terbitan:
Vol 7 No 3 (2022): SeptemberKata Kunci:
berpikir kritis, inkuiri terbimbing, power pointArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Riset berikut tujuannya untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan media power point terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MA Al-Aziziyah Putri, yang diambil secara random setelah penyepadanan kelas. Kajian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Pengumpulan data mengguankan tes berbentuk pilihan ganda yang sudah terpenuhi syarat pengujian instrumen. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif, berupa analisis komparatif.  Berdasarkan uji komparatif menunjukkan adanya pengaruh metode inkuiri terbimbing berbantuan media power point kepada keterampilan berpikiran kritis siswa. Hasil uji gain score juga menunjukan kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Implikasi secara teoritis bahwa penggunaan model ini menjadi suplemen penguatan teori pembelajaran, khususnya yang berbasis kognitvisme dan konstruktivistik.
Referensi
Ambarsari, W. (2012). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dasar pada pelajaran biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta.
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/26992
Deta, U. A., & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/2577%3B
Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105-110.
http://repository.lppm.unila.ac.id/32705/
Egok, A. S. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7(2), 186-199.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/download/2186/1709
Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan model pembelajaran course review horay berbantuan power point terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(2), 131-140.
http://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/1455
Eva, D. P. (2012). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan peta konsep terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa sma n 3 sukoharjo.
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/28743
Fauziyah, E. (2017). PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI PARTISIPASI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Febrianto, E., Joyoatmojo, S., & Nugroho, J. A. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Power Point pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa SMK Negeri I Banyudono Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 2(1).
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/9012
Hariani, E., Sudjarwo, S., & Jaya, M. T. B. (2015). Efektivitas Pembelajaran Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Studi Sosial, 3(3).
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/9915
Herawati, H., Sudjarwo, S., & Sinaga, R. M. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL INKUIRI SOSIAL PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 WAY LIMA. Jurnal Studi Sosial, 7(1).
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/19347
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84-92.
https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/185
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2503
Kurniawati, D., Masykuri, M., & Saputro, S. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilengkapi lks untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan prestasi belajar pada materi pokok hukum dasar kimia siswa kelas x mia 4 sma n 1 karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 88-95.
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6886
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 2(1), 1-10.
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/333
Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri VI Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/2011. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1).
https://www.ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/197
Murtikusuma, R. P. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deret. Saintifika, 17(2).
http://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/2733
Nengsih, S., & Afriani, W. (2019). Pengembangan LKS Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Regulasi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 2(1), 50-59.
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/618
PEBRIYANTI, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kegiatan Pembelajaran Ke-1 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
http://repository.unpas.ac.id/5058
Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).
http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/468
Riyadi, I. P. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014.
https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/41799
Rostika, ND (2012). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains pada Konsep Ekosistem di SMP Negeri 2 Ciledug Kabupaten Cirebon (Disertasi doktoral, IAIN Syekh Nurjati Cirebon).
http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/391
Saputro, MNA, & Pakpahan, PL (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. JOEAI: Jurnal Pendidikan dan Instruksi , 4 (1), 24-39.
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/2151
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 7(1).
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1070
Solihin, M. W., Prasutowo, S. H. B., & Supeno, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299-306.
https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/BIOEDUSAINS/article/view/618
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, S., Ismail, M., & Suryanti, N. M. N. (2014). Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).
Sukardi, S., Wildan, W., & Sukri, A. (2020). Pendidikan Bagi Masyarakat Kategori Marginal Kawasan Pariwisata: Aplikasi Pendidikan Berbasis Praktik Sosial. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).
http://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/462
Sukarsa, I. W., Dantes, N., & Arini, N. W. (2014). Penerapan model pembelajaran kuantum berbantuan media Microsoft Powerpoint untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ipa siswa kelas IV semester 1 SD Negeri 6 Menanga. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/2555
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika , 1 (2), 79-88.
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/208
Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/604
Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. I. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2).
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/3007
Witanecahya, S. Z. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa Kelas X SMAN 2 Ponorogo pada Pokok Bahasan Perpindahan Panas. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3).
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/5/article/view/11051
Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.
https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/1379