Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Siswa Kelas XI
Penulis
Surahman Surahman , Laila Hayati , Ulfa Luluilmaknun , Sri SubarinahDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.756Diterbitkan:
2022-09-03Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
kooperatif tipe Jigsaw, kemampuan komunikasi matematis, SMAN 1 NarmadaArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pembelajaran matematika selama ini dianggap sebagai pelajaran yang tidak menyenangkan oleh sebagian siswa dan siswa jarang ikut aktif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Narmada dan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian posttest only control design. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas,, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa instrumen tes kemampuan komunikasi matematis yang telah dirancang memenuhi kriteria valid dan terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI pada materi turunan fungsi.
Referensi
Abdullah, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Pelajaran Kimia Di Madrasah Aliyah. Lantanida Journal, 5(1), 13-28.
Ahmad, M., & Nasution, D. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang. 3(2), 83-95.
Alhamid, T. (2019). Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).
Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP dalam Setting Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2(1), 203-213.
Hanifah, N. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Materi Elastisitas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Archiefment Division (STAD) Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(3), 67-73.
Humongiono, I., Abas, N., & Ismail, Y. (2013). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tibawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.
Kemdikbud. (2016). Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kusnadi, D., Tahmir, S., & Minggi, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 123–135.
Kuswandi., Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif tipe JIGSAW. Siska Journal of Mathematics Education, 5(1), 47-56.
NCTM. (2000). Principle and Standards for Schools Mathematics. United States of America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Pane, N.S., Jaya, I., & Lubis. M.S. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Penyajian Data di Kelas VII MTs Islamiyah Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Axiom, 7(1) 1-19.
Sugandi, I. A., & Sumarmo, U. (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan Setting koopeartif Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa SMA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 494-505. FMIPA: UNY.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran Keterampilan Pembelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Bandung: FMIPA UPI.
Syarifuddin. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Tipe Group Investigation (GI) terhadap Ketercapaian Kompetensi dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa di SMA. Jurnal Mandala Ilmiah Education, 4(1), 163-172.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Surahman Surahman, Laila Hayati , Ulfa Luluilmaknun, Sri Subarinah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.