Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sebagai Sarana Edukasi Kesiap-Siagaan Bencana Tsunami Pada Anak
Penulis
M. Iqbal Liayong PratamaDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.782Diterbitkan:
2022-09-12Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Kesiap-siagaan, Tsunami, Media Pembelajaran Interaktif, Lectora InspireArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Salah satu yang dikategorikan rentan terhadap bencana tersebut ialah anak-anak. Anak-anak berisiko lebih tinggi menderita trauma dan tekanan jika dibandingkan orang dewasa. Oleh karenanya, anak-anak perlu diberdayakan untuk mengurangi dampak dari bencana. Suatu langkah sederhana untuk memperkenalkan konsep bencana alam adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai sarana edukasi kesiap-siagaan bencana tsunami pada anak. Hal ini dilakukan berdasar pada upaya untuk mengurangi risiko bencana pada anak, yang mana anak-anak merupakan golongan yang rentan terhadap suatu bencana. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode research and development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Proses pengumpulan data akan dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pengujian functional testing menunjukkan semua fitur yang dimuat pada media dapat berjalan dengan baik, (2) hasil validasi media dengan para ahli (ahli materi, media dan bahasa) menunjukkan skor rata-rata 4.25 yang berarti sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan dapat digunakan.
Referensi
Global Facility for Disaster Reduction and Recovery. (2020). Indonesia. https://www.gfdrr.org/en/indonesia
Hardhy, J., Muhaimin, & Syahri, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Lectora Inspire Materi Bentuk Molekul untuk Siswa Kelas X IPA SMAN 10 Kota Jambi. J. Ind. Soc. Integ. Chem., 7(2).
Koem, S. (2019). Membangun Ketahanan Berbasis Komunitas dalam Mengurangi Risiko Bencana di Desa Pilomonu Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.30653/002.201942.143
M Iqbal Liayong Pratama, Hendra, & Daud Yusuf. (2022). Edukasi Kesiap-Siagaan Bencana Tsunami Pada Anak Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21158
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2). https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Nasir, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Web Di Kelas VIII SMP UNISMUH Makassar. Akademika, 9(01). https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.813
Nina Sulvia Ayuna Sari, Hamengkubuwono, & Pratama, M. I. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4).
Nurbaiti, U. C., Pascasarjana, P., & Muhammadiyah, U. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Pengembangan multimedia menggunakan software Lectore Inspire diharapkan mampu membantu permasalahan- permasalahan dalam pembelajaran . Penyusunan multimedia dengan Lectore Inspire dimaksudkan mempermu. 12(1), 21–29. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.1317
Nurfitriani, Pasau, G., & Raharjo, S. S. (2014). Identifikasi Sesar di Wilayah Gorontalo dengan Analisis Mekanisme Bola Fokus. Jurnal MIPA. https://doi.org/10.35799/jm.3.1.2014.3905
Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Yang Diintegrasikan Dengan Camtasia Studio Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal. https://doi.org/10.34312/jgej.v1i1.4041
Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.519
Ramadhani, I. A., & Rumaur, J. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Materi Dasar Komputer kelas X di SMK Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi). https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v1i1.385
Ronan, K. R., & Johnston, D. M. (2005). Promoting Community Resilience in Disasters. In Promoting Community Resilience in Disasters. https://doi.org/10.1007/b102725
Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Alfabeta.
Tambunan, I. R., & Purba, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Untuk Mata Pelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Kelas X Di SMK Swasta Imelda Medan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 24–34.
UNDP. (2020). One of the world’s most disaster-prone countries, Indonesia prepares school for tsunamis. UNDP. https://www.id.undp.org/Content/Indonesia/En/ Home/Presscenter/Articles/2018/One-of-the-World-s-Most-Disaster-Prone-Countries--Indonesia-Prep.Html.