Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis PowToon Pada Materi Statistika
Penulis
Lina Nuriyanti , Sudi Prayitno , Ratna Yulis Tyaningsih , Ketut SarjanaDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.808Diterbitkan:
2022-09-02Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Aplikasi PowToon, Media Pembelajaran Matematika, StatistikaArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan sangat berperan penting dalam pembangunan nasional guna meningkatkan sumberdaya manusia. Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang terjadi pada masa pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) adalah metode pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), oleh karena itu guru ditunut untuk lebih inovatif menentukan media pembelajaran yang dapat digunakan agar lebih efektif. Media pembelajaran berbasis PowToon merupakan salah satu media yang disajikan dalam bentuk video yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh yang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Powtoon yang valid, praktis, dan efektif serta menjelaskan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Powtoon pada materi statistika kelas VIII MTs Negeri 2 Mataram. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan media pembelajaran ini adalah 4D (Define, Design, Developement, Dissemination). Hasil penelitian berupa media pembelajaran materi statisika berbasis PowToon yang berbentuk Video MP4. Produk mendapatkan skor kevalidan 0,88 dengan kriteria sangat valid oleh 3 orang validator. Kepraktisan produk mendapatkan skor kepraktisan 83,75% dengan kriteria sangat praktis dilihat dari hasil respon 20 orang siswa terhadap penggunaan media pembelajaran matematika berbasis PowToon pada materi statisika. Sedangkan keefektifan media mendapatkan kriteria sangat efektif karena ketuntasan siswa telah kencapai 85%, dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada siswa dalam uji coba. Selanjutnya media pembelajaran berbasis PowToon disebarluaskan dengan mengadakan seminar tingkat lokal dan disebarkan melalui YouTube sehingga mudah untuk diakses oleh siswa. Dengan demikian, media pembelajaran matematika berbasis PowToon dapat dinyatakan sebagai media yang valid, praktis, dan efektif untuk selanjutnya digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Referensi
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran (2nd ed.). Remaja Rosdakarya.
Anggraeni, W., & Yuniarsih, T. (2017). Dampak Tata Ruang Kantor Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 105–112. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8098
Azmi, S., Sarjana, K., Junaidi, J., Tyaningsih, R. Y., & Wahidaturrahmi, W. (2021). Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Kreatif Bagi Guru Matematika SMP Se-Kota Mataram. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 220–229. https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i2.99
Ikbal, M. S., & Khuzaimah, A. U. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Pop-up Book. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.12522
Kurniawan, D., & Dewi, S. V. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214–219. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.193
Miswari, M. K., Amrullah, A., Hayati, L., & Sarjana, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi pada Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 1 Wanasaba. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 105–116. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.135
Mutala’ah, M., Arjudin, A., Wahidaturrahmi, W., & Prayitno, S. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Matematika pada Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 7 Mataram. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 538–549. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.104
Nasution, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1), 47–63. https://doi.org/10.31604/eksakta.v4i1.41-48
Nor, M., Zuhdi, & Asbiah. (2021). The Development of Learning Media Based on Powtoon in Global Warming Materials for Class XI High School. Journal of Educational Sciences, 5(2), 278–286. https://doi.org/278-286
Rahmat, & Irfan, D. (2019). Rancang bangun media pembelajaran interaktif komputer dan jaringan dasar di smk. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(1), 48–53. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i1.103642
Subarinah, S., Sridana, N., & Prayitno, S. (2021). Development of Learning Model Based on Cognitive Processes in Mathematical Investigation. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 531–533. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.143
Sukmanasa, E., & Novita, L. (2020). Analisis Respon Guru terhadap Pelatihan dan Pendampingan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Guru Gugus 1 Kota Bogor. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.25098
Susanna. (2018). Penerapan Teams Games Tournament (Tgt) Melalui Media Kartu Domino Pada Materi Minyak Bumi Siswa Kelas Xi Man 4 Aceh Besar. Lantanida Journal, 5(2), 93–196. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2832
Tyaningsih, R. Y., Arjudin, Prayitno, S., Jatmiko, & Handayani, A. D. (2021). The impact of the COVID-19 pandemic on mathematics learning in higher education during learning from home (LFH): Students’ views for the new normal. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012119
Tyaningsih, Ratna Yulis, & Samijo, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Bab Peluang (MUPEL) terhadap Penurunan Kesalahan Konsep Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 2(1). https://doi.org/10.21274/jtm.2019.2.1.41-50
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Action Research, Research and Development (R and D). Yayasan Podok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka.