Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) Siswa Kelas IX
Penulis
Aftina Rabbani , Baidowi Baidowi , Wahidaturrahmi Wahidaturrahmi , Sripatmi SripatmiDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.815Diterbitkan:
2022-09-04Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Pemecahan Masalah, Matematika, Tipe Kepribadian, MBTIArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Salah satu mata cabang ilmu pengetahuan adalah matematika dan salah satu aspek kemampuan yang penting dalam matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Siswa memiliki perbedaan kemampuan dalam memecahkan masalah, dan salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Myers Briggs Type Indicator (MBTI) siswa kelas IX MTs Negeri 1 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik penentuan subjek penelitian yaitu purposive dan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek artisan hanya mampu melaksakan 2 dari 4 tahapan pemecahan masalah, yaitu tahapan memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian. Subjek idealist sudah mampu melewati 3 dari 4 tahapan pemecahan masalah, yaitu tahapan memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan meninjau kembali. Subjek guardian hanya mampu melewati 1 dari 4 tahapan pemecahan masalah, yaitu tahapan memahami masalah. Subjek rational sudah mampu melewati 3 dari 4 tahapan pemecahan masalah, yaitu tahapan memahami masalah, melaksanakan rencana penyelesaian dan meninjau kembali. Jadi, disimpulkan bahwa subjek berkepribadian idealist dan rational memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari subjek berkepribadian artisan dan guardian. Â Â
Referensi
Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran matematika menggunakan strategi abduktif-deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25-34.
Aryanto, E. W., Suharto, Setiawan, T. B., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian menurut david keirsey. Kadikma, 9(2), 185–193.
Ilmiyana, M. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA ditinjau dari tipe kepribadian dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI) (Undergraduate Thesis, UIN Raden Intan Lampung, Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/511
Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah pola bilangan ditinjau dari gaya belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66–80.
Keirsey, D. (1998). Please understand me II: Temperament character intelligence. United States of America: Prometheus Nemesis Book Company.
Khamidah, K., & Suherman. (2016). Proses berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 231 – 248.
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and standards for school mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Ningsih, R. M., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari tipe kepribadian extrovert dan introvert. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2756–2767.
Nurojab, E. S., & Sari, V. T. A. (2019). Hubungan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 329–336.
Polya, G. (1985). How to solve it: A new aspect of mathematical method. New Jersey: Princeton University Press.
Putra, R. W. Y. (2017). Analisis proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian guardian dan idealis. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 52–65.
Permendikbud 2014 No. 58, Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Sari, N. I., Amrullah, Azmi, S., & Sarjana, K. (2021). Analisis tingkat metakognisi peserta didik dalam memecahkan masalah matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 36–43.
Sari, R. A., Anggreni, F., & Mazlan. (2021). Kemampuan pemecahan masalah matematika: sebuah tinjauan terhadap kepribadian guardian dan idealis. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 8(1), 117 – 130.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulastri, M., Hayati, L., Hikmah, N., & Azmi, S. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian siswa madrasah tsanawiyah. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 648–659.
Susanto, E., & Mudaim. (2017). Pengembangan inventori MBTI sebagai alternatif instrumen pengukuran tipe kepribadian. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 41–52.
Utami, G., & Bahtiar, N. (2020). Aplikasi pengenalan kepribadian tipe Myers Briggs menggunakan metode fuzzy saw berbasis android. Jurnal Masyarakat Informatika, 11(1), 59–67.
Yusuf, M. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Padang: Prenadamedia Group.