Pengaruh Literasi Numerasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022
Penulis
Sestia Ningsih , Ida Bagus Kade Gunayasa , Nurul Kemala DewiDOI:
10.29303/jipp.v7i3c.881Diterbitkan:
2022-10-17Terbitan:
Vol 7 No 3c (2022): SeptemberKata Kunci:
Literasi Numerasi, Hasil Belajar, SDN Lingkok LimaArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis, berbicara dan berhitung. Dalam kemampuan literasi dan numerasi ini merupakan dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik sebagai acuan pengetahuan dasar untuk mengetahui pembelajaran atau materi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen Pre-Exsperimental dengan menggunakan bentuk one group preteest-posttest design. Objek penelitian ini adalah kelas III SDN Lingkok Lima. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Intrumen penelitian menggunakan tes pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan uji-t paired sample test, yang terdiiri dari uji normalitas One-Sample Kolmogorov dan uji Homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan dari uji normalitas one-sample yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.200 > 0,005 sedangkan pada uji homogenitas diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,552 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Sedangkan pada uji-t paired sample test diperoleh signifikansi (sig. 2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya ada pengaruh literasi numerasi terhadap hasil belajar matematika kelas III SDN Lingkok Lima Tahun Ajaran 2021/2022.
Referensi
Adha, S., Paloloang, & B., Akina., (2014). Penggunaan Garis Bilangan Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas V SD Inpres 3 Besusun. Elementary School Of Education E-Jurnal, 2(1), 18-22 . diakses pada 5 maret 2022 melalui : http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ESE/article/view/2788/1884
Agustina R. 2015. Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model TGT (Teams Games Tournament) Pada Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN Cimpedes Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Bandung: Universitas Pasunda. Diakses pada 16 maret 2022 melalui http://repository.unpas.ac.id/12953/5/BAB%20II%20PDF.pdf.
Dalyono, (1997). Pskologi Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Dantes, N., & Handayani, N, N, L., (2021). Peningkatan Literasi Numerasi Sekolah dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(3), 269-283. Diakses pada 1 Maret 2022 melalui: https://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/download/121/99.
Darwanto., Khasanah, M., Putri, & Monica, A., (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah. Jurnal Eksponen, 11(2), 26-35 diakses pada 2 Maret 2022 melalui: https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/381/238.
Depdikbud. (1993). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Diasputri, A., Nurhayati S., & Sugiyo W., (2013). Pengaruh pembelajaran probing-promping berbantuan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar. Jurnal inovasi pendidikan kimia, 7(1), 1103-1111. Diakses pada 28 mei 2022 melalui link : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/4411/3776
Faradillah, A., Hadi W, & Soro S. (2020). Evaluasi proses dan hasil belajar. Penerbit Uhamka Press, 2020. Jakarta. Diakses pada 24 februari 2022.
Fitrianingtyas, A., Radia, & Elvira H., Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedang anak 02. E-jurnal mitra pendidikan, 1(6), 709-719.
Humaedi, S., (2016). Pengaruh Penggunaan Media Visual Gambar Seri Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SDN 11 Ampenan Kecamatan Ampenan Kota Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Sarjana Universitas Mataram.
Jumanah, Arjudina, & Rosyidah, A.N.K (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Blok Pecahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN 10 Mataram. Primary Education Journal, 1(1), 44-51. Diakses melalui https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/54/13
Karimah, Z, U., (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Model Group Investigation Pada Siswa Kelas III SDN Rowogempol II. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses pada, 1 maret 2022 melalui https://eprints.umm.ac.id/35636/3/jiptummpp-gdl-zahrotulul-49337-3-babii.pdf
Karso. (2020). Pembelajaran Matematika di SD .diakses pada 02 maret 2022 melalui : http://repository.ut.ac.id/4026/1/PDGK4203-M1.pdf.
Kristin, F., (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Scholaria, 6(2), 74-79 Diakses Pada 5 Maret 2022 Melalui : https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230/208.
Malhotra, Naresh K. (2006). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta : PT. Indeks.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, l(1), 25-26. Di akses pada Selasa 05 Oktober 2021.link: http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473.
Perdana, R., & Suswandari Mi., (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 3(1), 9-15. Terdapat di link: https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/absis/article/download/1385/pdf
Purwati, D., (2019). Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar . Prosiding Sendika. 5(1) 57-61. Diakses pada 1 Maret 2022 melalui: http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/633/538.
Rohim, D., Cahya, R, S., & Ganestri, D, I., (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1) 54-62. Diakses pada 2 maret 2022 melalui : https://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/14993/6810.
Rosyidah, A.N.K. Husniati. Widodo, A. & Khair, B.N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Darek Lombok Tengah. Jurnal Of Elementary Education. 5(1). 53-58. Diakses melalui https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979/2961
Ruseffendi, E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.
Setyowati., (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP 13 Semarang. Skripsi sarjana S1 Universitas Negeri Semarang.
Sugiono., (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta.
Suriansyah, A., (2011). Landasan Pendidikan. Comdes: Banjarmasin. Diakses pada 1 maret 2022 melalui: http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku%20Landasan%20Pendidikan.pdf
Wahyuningsih, S., Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: 2021. Berkas PDF. Diakses pada Jumat 15 oktober 2021 Link: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/2021/06/2%20Modul%20Literasi%20Numerasi.pdf.
Widayati, S., (2013). Meningkatkan Kemampuan Bilangan dan Operasinya di kelas lll SD Melalui Kegiatan Bermain Dengan Aturan. Jurnal Pendidikan, 7(1), 49-64. Diakses pada 7 maret 2022 melalui: https://media.neliti.com/media/publications/116839-ID meningkatkan-kemampuan-bilangan-dan-oper.pdf.
Widodo, A. Haryati, L.F. Syazali, M. Indraswati, D. & Anar, A.P. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Literasi dan Numerasi Dasar Inklusif Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 53-60. Diakses melalui https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jipd/article/view/928/554
Yasika, E., (2014). Penggunaan Media Kertas Buffalo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dalam Menghitung Keliling Persegi Dan Persegi Panjang Siswa Kelas lll SDN UMA Beriang Tahun Ajaran 2014-2015. Skripsi Sarjana S.1 Universitasi Mataram.