Analisis Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sdn 61 Karara Kota Bima
Penulis
Mar'atun Basitha , Nurhasanah Nurhasanah , Husniati HusniatiDOI:
10.29303/jipp.v7i4.898Diterbitkan:
2022-10-26Terbitan:
Vol 7 No 4 (2022): DesemberKata Kunci:
Strategi, Kemampuan, Membaca PermulaanArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan hambatan dan faktor pendukung penggunaan strategi membaca permulaan di SDN 61 Karara Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah menurut Miles dan Huberman dengan menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk uji keabasahan data menggunakan uji kredibilitas. Setelah dilakukan analisis bahwa dengan adanya strategi dan hambatan serta faktor pendukung membaca permulaan tersebut dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di SDN 61 Karara Kota Bima yaitu strategi Struktural Analitik Sintetik (SAS), strategi menyanyi, strategi membaca menggunakan papan belajar bergambar, strategi membaca diluar ruangan dan strategi lainya selain pembelajaran di kelas adapun strategi literasi bersama setiap hari kamis yang diadakan sekolah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di SDN 61 Karara. Adapun faktor pendukung terlaksananya strategi dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan adalah adanya minat belajar membaca dari peserta didik dan fasilitas atau sarana dan prasarana yang didukung oleh buku-buku yang disediakan didalam kelas serta di perpustakaan dan guru memberikan motivasi kepada murid untuk membaca. Sedangkan pada faktor penghambat, seperti kesadaran untuk belajar membaca dari peserta didik dan keadaan ekonomi keluarga.
Referensi
Adnan, Meliza, & Safiah I. (2016). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Gugus Inti Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 1(2).
Astia, Meri (2020). Analisis Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas I SD Negeri 93 Palembang. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Dan Pendidikan Dasar (Kajian Teori dan HasilPenelitian), 3(1). https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/scholastica/article/view/7553
Budiana, Irwan et al. (2020). Strategi Pembelajaran. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Dafit, Febriana & Zaka Hadikusuma Ramadan (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/585
Destian, Ilman, Hanafi, Dwiana Asih Wiranti & Aan Widiyono (2021). Strategi Guru Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD di Masa Pandemi. Diajar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (2) https://journal.yp3a.org/index.php/diajar/article/view/778
Fauziyah, Maya Ulfa, Ghullam Hamdu, & Seni Apriliya (2017). Bentuk-Bentuk Kesalahan Membaca Permulaan Siswa SD Melalui Metode Sas Berbantuan Media Pop Up. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4 (1) https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7387
Harianto, Erwin (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 9 (1). https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2/1
Herlina, Emmi Silvia (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan. 5 (4). http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/1290
Husniati, Lalu Hamdian A., Heri Hadi S., & Makki, M. (2022). Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Inklusif Di Sdn Gugus I Kopang. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3). https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/10672
Khotimah, Husnul, Hary Soedarto Harjono, & Hadiyanto (2019). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan: The Use of The Sas (Synthetic Analytical Structural) Method In Beginning Reading Learning. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 4(2). https://online-journal.unja.ac.id/JPTD/article/view/13378)
Laely, Khusnul (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/download/3877/2896
Lubis, Saadah (2012). Analisis Profesionalisme Guru Berdasarkan Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jurnal Administrasi Publik. 1 (1). https://ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/948/958
Nurhasanah, Khairu, N., Anindita SHM Kusuma, Nasaruddin, & Mega P Sari (2021). Implikasi Pembelajaran Berbasis Portofolio terhadap Metacognitive Awareness, Self-Regulating dan Karakter Mahasiswa Prodi PGSD Universitas Mataram di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3). http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/198
Shoimin, A. (2014). Guru Berkarakter Untuk Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Sinaga, E., Sangelia, Nurbiana Dhieni, & Tjipto Sumadi (2021). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). http://eprints.hamzanwadi.ac.id/2976/
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Suryani, T., Safruddin, S., & Nurhasanah (2022). Pengaruh Strategi Inquiring Minds Want to Know Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V SDN 1 Sakra Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3). http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/744
Windrawati, Wiyani, Solehun, & Harun Gafur (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1). https://unimuda.ejournal.id/jurnalpendidikandasar/article/view/405
Wiranata, Ardi (2017). Faktor Pendukung Dan Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Murid Kelas II SDN Kraton. Basic Education, 6(1).
Yani, Sri, Ayu M., Khairun N., & Heri Setiawan (2021). Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(2) https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/394