Deskripsi Kemampuan Literasi Anak Kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo Tahun 2022
Penulis
Hidayatussoalihah Hidayatussoalihah , I Wayan Karta , Ika RachmayaniDOI:
10.29303/jipp.v7i4.963Diterbitkan:
2022-11-08Terbitan:
Vol 7 No 4 (2022): DesemberKata Kunci:
Kemampuan Literasi, Kelompok B, PAUDArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan semua aspek perkembangan yang dimiliki anak. Salah satunya adalah perkembangan bahasa di dalamnya mencakup kemampuan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di TK Negeri Pembina bulan April tahun 2022. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Negeri Kecamatan Palibelo sudah berkembang sesuai harapan. Artinya literasi dini anak sudah mampu memahamai bahasa lisan, berkomunkasi dengan baik, mengerti bahasa yang disampaikan guru. Kemampuan literasi dasar anak sudah mampu mendengarkan dengan baik tentang materi alam semesta, anak mampu berbicara dengan lancar, anak sudah mampu membaca beberapa kata, menulis nama sendiri, menulis kata. Anak mampu membedakan buku bacaan dan memanfaatkan literasi perpustakaan. Anak sudah mengetahui dan memahami manfaat literasi media. Anak mampu ampu memanfaatkan literasi teknologi. Anak mampu memahami manfaat literasi visual.
Referensi
Ainiyah, Nur (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia.
Anggraeni, Filia Dina, & Fasti, Rola (2017). Literasi Informasi Pada Guru. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baiti, Noor (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usi Dini.
Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
Budiharto, Triyono, & Suparman (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya, dan Kependidikan; SEUNEUBOK LADA.
Daroah (2013). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Panggung Boneka Pada Anak Kelomspok B TK Pertiwi Sumber Wulan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan danIlmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Fauziah, Fajriyati & Rahman, Taopik (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak.
Hasannah, Uswatun & Gemelly, Rani (2019). Efektifitas Metode Mendongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dini Anak Prasekolah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Universitas Mulawarman Samarinda.
Hidayah, Laily (2017). Implementasi Budaya Literasi di Sekolah Dasar Melalui Optimalisasi Perpustakaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri di Surabaya. Jurnal Ketahanan Pangan Universitas Islam Malang.
Latip, Abdul (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran.
Lisnawati, Iis & Ertinawati, Yuni (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Meta Edukasi.
Muawwanah, Uyu (2018). Pemanfaatan Big Book Sebagai Media Literasi Anak Usia Dini. Jurnal UIN Sunan Kalijaga.
Nuraini, Rini, Pattiasina, Petrus Jacob, & Ulfah, Anisah (2022). Peran Literasi Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Madrasah; Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
Nurannisa, Siti (2017). Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran. ELSE: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.
Oktariani & Ekadiansyah, Evri (2020). Peran Literasi Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K)
Pratiwi, Qurrata Ayuni & Fatimah, Sitti (2020). Pembelajaran Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Pada Masa School From Home Di Desa Mattanette Bua Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Jurnal IAIN Bone: YAA BUNAYYA.
Purwo, Suciati (2017). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar. Journal STKIP PGRI Trenggalek.
Rahmawati, Laila (2016). Sosialisasi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Sosialisasi Sekolah Aman dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Kuala Kapuas.
Ritonga, Nur Juwita (2019). Analisis Media Ibu Rumah Tangga Dalam Media Parenting Pada Anak Usia Dini Menonton Televisi Di Kecamatan Karang Baru Kabupaten Aceh Tengah. Pena Cendikia: Journal of Science, Education, and Islamic Religion
Ruhaena, Lisnawati (2013). Proses Pencapaian Kemampuan Literasi Dasar Anak Prasekolah dan Dukungan Faktor-faktor Dalam Keluarga. Publikasi Ilmiah: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, Ratna Fadilah Ika (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Dasar Islam: Al-Bidayah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sueca, I Nengah (2021). Literasi Dasar: Bahan Literasi Berbasis Permainan Bahasa. Badung-Bali: Nilacakra.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif da R&D. Bandung : Penerbit ALFABETA.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif da R&D. Bandung : Penerbit ALFABETA.
Surangga, I Made Ngurah (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar.
Suryati, Luh (2019). Literasi Media dan Pendidikan Demokrasi Dalam Masyarakat Informasi. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma.
Syahbara, Enggar Arie, Makarim, Chididjah, & Lisnawati, Santi (2020). Analisis Kemampuan Literasi Media Online Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Ibn Khaldun Bogor. Journal of Comunication Science and Islamic Dakwah.
Syamsiyah, Nur & Hardiyana, Andri (2021). Implementasi Metode Bercerita Sebagai Altefnatif Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Teguh, Mulyo (2018). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata.
Usman, Muhammad (2015). Perkembangan Bahasa Dalam Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Deepublish.
Wahidin, Unang (2018). Implementasi Literasi Media Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Islam STAI Al Hidayah Bogor.
Widiastuti, Dian Ervina, Hidhayah, Fitri Nurul, Utami, Fadillah Diah Winta, & Wana, Prima Rias (2020). Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Madiun: CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Zati, Vidya Dwi Amalia (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Universitas Negeri Medan.