Pengaruh Permainan Warna Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Kota Mataram

I Made Suwasa Astawa

Abstract


Kecerdasan naturalis memiliki peran yang besar dalam kehidupan, tapi tidak diikuti dengan pemberian stimulus yang baik untuk anak. Anak lebih sering dibebankan untuk mengasah kecerdasan intelektual dibanding kecerdasan naturalis. Sehingga rendahnya kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram dimana pada kenyataannya sebagian besar anak suka membuang sampah sembarangan, corat-coret tembok, dan kurang peduli terhadap  lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan warna terhadap kecerdasan naturalis pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experiment Design dengan One Group Pre-test and Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah participant observation dimana peneliti juga ikut menjadi pengamat dalam jalannya penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah statistik Non-parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil perhitungan menunjukkan Z hitung ≤ Z table (-2,809 ≤ 1,645) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima,sehingga hipotesis yang berbunyi “ Ada pengaruh permainan warna  terhadap kecerdasan naturalis anak anak usia 5-6 tahun di PAUD Kota Mataram.

Full Text:

PDF

References


Anita, Yus 2013. Perbedaan Kecerdasan Jamak Melalui Implementasi Pembelajaran Dengan Konsep Diri Serta Interaksinya Terhadap Kecerdasan Jamak. Diakses Pada Tanggal 02 Oktober 2016 Pukul 04:48 AM

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Candiasa, Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertasi Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Daniel, 2016, Karakter Warna, Jakarta :Pertiwi Perkasa

I Made Suwasa Astawa, 2016 Buku Ajar Pengembangan Seni FKIP Universitas Mataram

Khikmah, Nunik Zahirotul. 2014. Waran-Warni Gambar Anak Http//Nunik/zoharatul. Blogspor.com. Diakses Pada Tanggal 01 April 2016 pukul 04:57 AM.

Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari Oktafiah. 2014. Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Eksperimen pada Kelompok B1 di Pendidikan Anak Usia Dini Kemala Bhayangkari 26 Kota Bengkulu. Diakses Pada Tanggal 24 Mei 2016

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009. Standar PAUD. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Standar PAUD. Jakarta: Mentri Pendidikan Nasional.

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning TEORI & APLIKASI PAIKEM. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Suriyati R. Ngau. 2013. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak Kelompok B di Kelompok Bermain Tunas Ceria Desa Ilotunggula Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara. Diakses Pada Tanggal 02 Oktober 2016




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i1.53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.