Pengaruh Komponen Customer Intimacy terhadap Rasa Senang, Kepuasan dan Kepercayaan Mahasiswa di UPBJJ-UT Majene

Anfas Anfas, Abdul Latif, Nurdiyah Nurdiyah

Abstract


Dalam prakteknya, tingkat retensi mahasiswa pada pendidikan jarak jauh (PJJ) di seluruh dunia sangatlah tinggi, bahkan dapat mencapai 30%-50% dari total mahasiswa yang semua mendaftar. Hal ini dikarenakan dalam PJJ tidak ada konsep DO, sehingga mahasiswalah yang menentukan lanjut atau tidaknya. Banyak factor yang mempengaruhi retensi tersebut, salah satunya tingkat kepuasan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komponen dari customer intimacy, yakni komunikasi (X1), perhatian (X2) dan hubungan relasi (X3) terhadap rasa senang (Y1), kepuasan (Y2) dan kepercayaan (Y3) mahasiswa Universitas Terbuka (UT) di UPBJJ-UT Majene. Populasi penelitian adalah mahasiswa UPBJJ-UT Majene masa registrasi 2021.2 yang minimal telah berada di semester 2 ke atas.  Penentuan jumlah sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, yaitu para mahasiswa yang bersedia mengisi kuisioner yang disebarkan secara online dan diperoleh jumlah sebanyak 235 sampel. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Semua komponen costumer intimacy: komunikasi (X1), perhatian (X2) dan hubungan relasi (X3) berpengaruh positif terhadap rasa senang mahasiswa (Y1); 2) Semua komponen costumer intimacy: komunikasi (X1), perhatian (X2) dan hubungan relasi (X3) berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa (Y2); 3) Semua komponen costumer intimacy: komunikasi (X1), perhatian (X2) dan hubungan relasi (X3) berpengaruh positif terhadap kepercayaan mahasiswa (Y3).


Keywords


costumer intimacy; komunikasi; perhatian; hubungan relasi; rasa senang; kepuasan; kepercayaan.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. (2005). Mahasiswa S2 pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh: Pemanfaatan Internet dan Bantuan Belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 6(2), 77–91.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, Agus Tri dan Prawoto, Nano (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis (Dilengkapi Aplikasi SPSS & EViews). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prehallindo.

Nafiah, Naslikhatun (2021). Pengaruh Customer Intimacy , Promosi, Dan Citra Merek Islam Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia Kcp Godean 3 Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Novita, Yeyen (2021). Pengaruh Service Quality Dan Customer Intimacy Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat KC Solo Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahid, Masaat (2007). Analisis Tingkat Hubungan Baik (Costumer Intimacy) Pasien Dengan Perawat Pada Ruangan Perawatan Bedah di RSUD dr. Chasan Boesoirie Ternate Tahun 2007. Skripsi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Ternate.

Warindrasti, R., & Pratama, A. A. N. (2021). Mampukah kepusan konsumen memediasi pengaruh personal selling, direct selling, dan nilai-nilai islam. Journal of Management and Digital Business, 1(1), 25-36




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.