Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Matematika
Penulis
Fifin Asmaliyah , Ni Made Intan Keriyani , Slamet NugrohoDOI:
10.29303/jipp.v10i1.3136Diterbitkan:
2025-02-28Terbitan:
Vol 10 No 1 (2025): FebruariKata Kunci:
Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Problem Based Learning.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Motivasi belajar memiliki peran penting dalam mencapai keberhasilan belajar peserta didik di sekolah. Motivasi belajar yang rendah menyebabkan hasil belajar yang rendah pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Terdapat 4 tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX-B SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 34 siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, kuesioner/angket dan tes. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan motivasi belajar pada keenam indikator dengan rincian, pada indikator pertama sebesar 63,58% pada siklus I menjadi 83,12% pada siklus II, indikator kedua sebesar 65,46% pada siklus I menjadi 84,46% pada siklus II, indikator ketiga sebesar 71,33% pada siklus I menjadi 86,33% pada siklus II, indikator keempat sebesar 56,67% pada siklus I menjadi 80,24% pada siklus II, indikator kelima sebesar 54,46% pada siklus I menjadi 78,57% pada siklus II dan indikator keenam sebesar 48,80% pada siklus I menjadi 76,82% pada siklus II. Rata-rata persentase motivasi belajar peserta didik siklus I sebesar 60% pada kriteria sedang, sedangkan pada siklus 2 menjadi 82% pada kriteria sangat tinggi. Selain motivasi belajar, hasil belajar peserta didik juga meningkat yaitu pada siklus I sebesar 59,67% pada kriteria sedang menjadi 81,27% yang berada pada kriteria sangat tinggi pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.
Referensi
Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asmaliyah, F., Sripatmi, Salsabila, N. H., & Arjudin (2023). Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 48-58. Https://doi.org/10.29303/jcar.v5i2.2937
Azis, I. S. (2024). Implementation of differentiated learning with a Culturally Responsive Teaching approach to increase students’ interest in learning. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2750-2758. Https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.9348
Fitri, N. W., Subarinah, S., & Turmuzi, M. (2019). Analisis kesalahan Newman dalam menyelesaikan soal cerita materi turunan pada siswa kelas XII. MANDALIKA Mathematics and Education Journal, 1(2), 66.
Hasma, N., J. (2017). Keterampilan dasar guru untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 23-35. Https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1555
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dari Perspektif Minat Belajar?. Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148. Https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/9597
Jannah, S. R., Munandar, K., Wadiono, G., & Aisah, D. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi dengan Model PjBL dan Pendekatan CRT. Jurnal Biologi, 1(4), 1–11. Https://doi.org/10.47134/biology.v1i4.1994
Kenwening, L. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Inspiratif Menggunakan Media Comic Strip pada Siswa Kelas IX G SMPN 26 Bandar Lampung. Journal Educational of Indonesia Language, 4(1), 33–39. Https://www.journal.uml.ac.id/JEIL/article/view/1553
Kunandar (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jagakarsa: PT Rajagrafindo Persada.
Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American educational research journal, 32(3), 465-491. Https://doi.org/10.3102/00028312032003465
Martin (2013). Dasar-dasar perencanaan pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Mulyawati, Y., & Purnomo, H. (2021). Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan. Elementa: Jurnal PGSD STKIP Banjarmasin, 3(2), 25-27. Https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1317
Muñiz, J. (2019). Culturally Responsive Teaching: A 50-State Survey of Teaching Standards. New America, March. Https://eric.ed.gov/?id=ED594599
Mustaqfiroh, Nizaruddin, Kurniawati, A., & Muhtarom (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Proximal, 7(2), 937-944. Https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.4073
Nofziarni, A., Hadiyanto, Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016-2024. Https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. Https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Purwanto, N. (2008). Prinsip-Prinsipdan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, R. A., Apriandi, D., & Purwaningtijas (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(2), 523-529. Https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/5970/4815
Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275- 286. Http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/3397
Sari, A., Sari, Y. A., & Namira, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram pada Mata Pelajaran Kimia Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Asimilasi Pendidikan, 1(2), 110-118. Doi: 10.61924/jasmin.v1i2.18
Septiani, D. A., Andyani, Y., & Astuti, B. R. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 2(1), 29-36. Https://didaktika.lombokinstitute.com/index.php/JPTK/article/view/16
Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan.
Slameto (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Utomo, H. (2020). Penerapan Media Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Bukit Aksara Semarang. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 37–43. Https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.6
Wardani, D. A. (2023). Problem Based Learning: Membuka Peluang Kolaborasi dan Pengembangan Skill Siswa. Jurnal Penelitian dan Penjaminan Mutu, 4(1), 1-17. Https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/issue/view/7
Weja, A. R., & Bano, V. O. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Waibakul. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1073–1080. Https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/2818
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fifin Asmaliyah, Ni Made Intan Keriyani, Slamet Nugroho

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.