Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa
Penulis
Jihan Juliastari , I Putu Artayasa , I Wayan MertaDOI:
10.29303/jipp.v7i2.444Diterbitkan:
2022-03-28Terbitan:
Vol 7 No 2 (2022): JuniKata Kunci:
Kreativitas ilmiah, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran inovatif, pembelajaran IPA SMP, sains teknologi masyarakatArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kreativitas Ilmiah merupakan kompetensi yang sangat penting pada abad XXI karena berkontribusi menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan ilmiah, sehingga keterampilan ini perlu dikembangkan pada siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji  pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kreativitas ilmiah siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalen control group disgn dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling.Variabel bebas penelitian dalah penerapan model pembelajaran yang berbeda, sementara variabel terikat penelitian adalah kreativitas ilmiah siswa. Data kreativitas ilmiah diperoleh dari hasil tes uraian. Instrumen tes disusun atas modifikasi tes kreativitas ilmiah dari Hu dan Adey. Uji hipotesis data menggunakan ANACOVA. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai sig. (p) = 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP.
Referensi
Al-Idrus, S.W., Muti’ah, & Rahmawati.R. (2021). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Kimia Lingkungan Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3(1) 14-25. Diakses dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun.
Anil, A. (2019). Education In The 21 st Century: The Dynamics of Change. The Research Journal of Social Sciences, 10(3), 128-233. Diakses dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/1541.
Antika, R.N., & Sulton, N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72-79. Diakses dari https://media.neliti.com.
Amalina, S.N., Jufri, A.W., & Japa. L. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Tantangan Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Ilmiah Siswa Kelas XI SMAN 2 Labu Api Tahun Ajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Diakses dari https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/view/607.
Arini, W., & Asista, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Cahaya Siswa Kelas VIII SMP Xaverius Kota Lubuklinggau. Science and Physics Educational Journal. 1(1), 23-38. Dikases dari https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/SPEJ/article/view/41.
Dawamah, B., Subiki., & Maryani (2018). Identifikasi Kemampuan Kreativitas Ilmiah Siswa SMA Negeri Pakusari Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 125-134. Dikases dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9407/6258.
Desianti, N.W.H., Andyana, P.B., & Setiawan, I.G.A.N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Setting Sains Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses dari https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1570.
Dinantika, H.K., Eko, S., & Nyeneng, I.D.P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73-80. Diakse dari https://ejournal.unha.ac.id/index.php/JTI/article/view/473.
Hadawiyah, R., P. Budi, A., & Sukra, I.W. (2019). Efektivitas Penerapan Pendekatan STM Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Kelas VII di SMP Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha. 6(2), 52-60. Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id.index.php/JJPB/article/download/21930/13557.
Hasasiyah S.R., Bagus, A.H, Bambang, S., & Putut, M. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 5-9. Dikases dari https://jpipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/193.
Hidayani, S., Trisna, A., & Erda, M. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP di Tanjungpinang dalam Merespon Isu Pencemaran. J. Pedagogi Hayati, 4(1), 30-37. Dikases dari https://ojs.umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati/article/download/2371/1026.
Hidayat, A.A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian dan Uji Validitas-Reliabilitas. Surabaya: Health Books Publishing.
Husamah, Yuni, P., Arina, R., & Puji, S., (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Insyasiska, D., Siti, Z., & Herawati, S., (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kompetensi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. 7(1), 9-21. Dikases dari https://media.neliti.com.
Kemendikbud (2019). Hasil PISA Indonesia 2018. Diakses dari https://www.kemendikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.
Manu,T.S.N., & Fransina, T.N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Karya Kelompok Terhadap Keterampilan Proses Sains Dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8(2), 167-179. Diakses dari https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/1382.
Nurawaliyah, Ramdani, A., & Yamin, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar IPA Biologi Siswa SMPN 11 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. 1-12. Dikases melalui https://eprints.unram.ac.id.
Poedjiadi, A. (2007). Sains Teknologi Masyarakat Model Pembelajaran Konstektual Bermuatan Nilai. Bandung: PT. Rosdakarya.
Ramdani, A., & Artayasa, I.P., (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 1-9. Diakses dari http://junal.unsyiah.ac.id/jpsi.
Rachmawati, I., Selly, F. Parlindungan, S., dan Duden, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah dan Berpikir Kritis Ilmiah Siswa SMA Pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(02), 25-30. Diakses melalui https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/download/13725/7967.
Tinenti, Y.R. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP). Yogyakarta: Deepublish.
Umam, H.I., & Salma, H.J. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350-356. Dikases dari https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/645.
Wulandari, A.S., Suardana, I.N., & Pande, L.D.N.L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 47-48. Diakses melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/download/17222/10339.
Yusuf, M., & Daris, L. (2019). Analisis Data Penelitian: Teori dan Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press.
Zulhana & Misnawaty, U. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1), 1-11. Dikases dari https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/2984