Dinamika Kepribadia Tokoh Tania dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati: Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud
Penulis
Bagas Apriansyah , Marii Marii , Khairussibyan KhairussibyanDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.807Diterbitkan:
2022-09-15Terbitan:
Vol 7 No 3b (2022): SeptemberKata Kunci:
Novel, Dinamika Kepribadian, Psikologi.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Kajian prosa fiksi merupakan genre sastra yang menjadi fokus penelitian, prosa fiksi merupakan hasil imajinasi pengarang yang dikemas dalam bentuk karya sastra, Karya sastra yang berupa novel yang berjudul Ananta Prahadi karya Risa Saraswati akan menjadi subjek dalam penelitian ini. Novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati akan dikaji apa saja dinamika kepribadian tokoh Tania menggunakan kajian psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika kepribadian Tokoh Tania dalam novel “Ananta Prahadi†karya Risa Saraswati berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode baca, metode catat dan studi pustaka. Data penelitian yang dilakukan berupa kalimat, frasa atau wacana dalam dialog tokoh Tania yang terkait dengan dinamika kepribadian Tania dalam novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dinamika kepribadian Tania dalam novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati yaitu terdapat dinamika kepribadian Tania dibagi menjadi dua, yaitu naluri dan kecemasan. Naluri hidup dan naluri mati. Naluri hidup terdapat dua bagian, yaitu keinginan untuk makan dan libido, sedangkan naluri mati terdapat keinginan menyakiti orang lain. Kecemasan dibagi menjadi tiga yaitu kecemasan objektif berupa kekhawatiran terhadap kondisi Ananta yang sedang sakit, kecemasan neurotik berupa Tania merasa bersalah karena melupakan Ananta yang sedang dalam keadaan sakit, dan kecemasan moral berupa Tania merasa bersalah terhadap orang-orang yang sering tersakiti oleh sifatnya Berdasarkan keseluruhan bagian dari dinamika kepribadian Tania yang paling mendominasi adalah kecemasan. KecemasanTania yang membuat beberapa dari tindakan naluri hidup tidak terlaksana. Kecemasannya juga memicu munculnya naluri mati.
Referensi
Akmaliyah, K. (2020). Konflik Psikologis Tokoh Tania Dalam Novel Ananta Prahadi Karya Risa Saraswati (Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang).
Haryuningtyas, F. (2017). Analisis Karakteristik Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati (Kajian Feminisme Marxis) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER).Stanton, Robert, 2019. Teori Fiksi Robert Stanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja RosdakaryaMoleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sari, I. P., Handayani, T., & Berlista, R. (2019). Perbandingan Nilai Moral Novel Ananta Prahadi dan Ivanna Van Dijk Karya Risa Saraswati. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 3(1), 150-158.
Haryuningtyas, F. (2017). Analisis Karakteristik Tokoh Utama Perempuan dalam Novel Ananta Prahadi karya Risa Saraswati (Kajian Feminisme Marxis) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER).Stanton, Robert, 2019. Teori Fiksi Robert Stanto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Minderop, Albertine (2011). Psikologi Sastra Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Ratna, Nyoman Kutha (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha (2016). Metodelogi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ratna, Nyoman Kutha (2016). Metodelogi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Siswantoro (2005). Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Stanton, Robert (2019). Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, Nyoman Kutha (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Surya Apriandika, M. (2022). KLASIFIKASI EMOSI TOKOH UTAMA PRAS DALAM FILM SURGA YANG TAK DIRINDUKAN 1 SUTRADARA KUNTZ AGUS: PERSPEKTIF PSIKOANALISIS (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Bagas Apriansyah, Marii Marii, Khairussibyan Khairussibyan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.