Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Seni Budaya SLTA di Kota Mataram

Ni Wayan Purni Astiti, Sudirman Wilian, Nyoman Sridana

Abstract


Abstrak : Penelitian  ini  bertujuan  menemukan perbedaan kinerja guru berdasarkan tunjangan profesi dan motivasi kerja guru seni budaya SLTA di kota Mataram. Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  ex - post  facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah Design Treatment by Level 2 jalur  dengan 94 responden. Menggunakan teknik anava A x B ditemukan hasil sebagai berikut; Perbedaan kinerja guru antara kelompok guru yang sudah mendapat tunjangan profesi dan yang belum mendapatkan tunjangan profesi, menunjukkan bahwa tunjangan profesi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, F(1,90) = 0.458, p-value = 0.5. Perbedaan kinerja guru antara kelompok guru yang memiliki motivasi kerja tinggi dengan kelompok guru yang memiliki motivasi kerja rendah, menunjukkan bahwa kinerja guru pada guru yang memiliki motivasi kerja tinggi berbeda dengan kinerja guru yang memiliki motivasi kerja rendah, F(1,90) = 193.396, p < 0.001. Pengaruh interaksi antara tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. secara bersama-sama, ditunjukkan melalui nilai signifikansi interaksi antara dua faktor, F(1,90) = 2.354, p-value = 0.128. Hal ini mengindikasikan  bahwa efek dari motivasi kerja adalah sama untuk guru yang sudah mendapat tunjangan dan yang belum mendapat tunjangan profesi.

Keywords : Tunjangan Profesi, Motivasi Kerja, Kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Ardiana, T.E., 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).

Budi Raharjo,2015 Dampak kebijakan Akreditasi Sekolah dan Sertifikasi terhadap Mutu Pendidikan di kabupaten banyumas di Propinsi Jawa Tengah. “ Tesis Semarang, Program Pascasarjana UNS .Semarang.

Gibson, James. L, Ivancevich, and Donnelly, 1996. Organizations. Edisi 8. Jakarta.

Guterres, L.A. dan Supartha, W.G., 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(03).

Habibah., 2014. Dampak Tunjangan Sertifikasi Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Guru (Studi Kasus: Yayasan Sa’adatuddarain, Mampang–Jakarta Selatan). PAI Fakultas Ilmu Keguruan dan Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Hafid, M., 2017. Pengaruh Motivasi dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 1(2), pp.293-314.

Herlambang, Susatyo, 2014. Perilaku Organisasi. Cet. Pertama. Pustaka Baru, Yogyakarta.

Hurmaini, M., 2011. Dampak Pelaksanaan Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Kinerja Guru dalam Proses Pembelajaran: Studi pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Jambi. Media Akademika, 26(4).

Kartowagiran, B., 2011. Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi).Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Koswara, D.D., Suryana, A. and Triatna, C., 2009. Studi Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Peningkatan Profesionalisme dan Mutu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1).

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan ke 12. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Martine Dayee, 2016 SPSS 16 for windows Copotindo Press Jakarta

Murjiyanto, 2014. “Pengaruh Sertifikasi Guru serta Pola pikir inkuirin Terhadap Motivasi Kerja Guru SMP di Kabupaten Jepara”. Tesis ,Malang: Program Pascasarjana Brawijaya Jawa Timur.

Muslich, Masnur (Ed), 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Bumi Aksara, Jakarta.

Nurchasanah, 2012. Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan KepalaSekolah, Motivasi Berprestasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan FIP IKIP PGRI Semarang.

Nurhayati, 2014 Pengaruh implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Antapani Tesis ,Semarang: Program Pascasarjana UNS Semarang

Payong R, Marselus, 2011. Sertifikasi Profesi Guru (Konsep Dasar,Problematika, dan Implementasinya). PT. Indeks Permata Puri Media,Jakarta.

Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

PERMENDIKNAS Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Pujiyanti, P. dan Isroah, I., 2013. Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Ciamis. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1).

Sanaky, H.A., 2004. Tantangan Pendidikan Islam di Era Informasi (Pergeseran Paradigma Pendidikan Islam Indonesia di Era Informasi). Jurnal Studi Islam Mukaddimah, Kopertis Wilayah III dan PTAIS DIY, (16TH).

Simaremare, A. and Fitriani, F., 2015. Perbedaan Tingkat Motivasi Kerja Guru TK Penerima Tunjangan Profesi dan Non Penerima Tunjangan Profesi di Kecamatan Medan Perjuangan. Jurnal Usia Dini, 1(1).

Slameto, S., 2014. Permasalahan-Permasalahan Terkait dengan Profesi Guru SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), pp.1-12.

Sudirman, 2010. Disertasi Pengaruh Budaya Organisasi, Dinamika Organisasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru.

Siagian, Sondang P, 2012. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Cetakan 3. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarwan, Danim, 2008. Kinerja Staf dan Organisasi. CV PUSTAKA SETIA, Bandung.

Sudharto, 2012. Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah dan SuasanaKerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kabupaten Boyolali. JurnalManajemen Pendidikan FIP UNS Semarang.

------------, 2012. Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah, Pengalaman Kerja, danKompensasi Terhadap Kepuasan, Motivasi Kerja, dan Kinerja Kepala SMA Se Eks Karesidenan Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan PPSUNNES Semarang.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Cet. Ke V. Alfa Beta, Bandung.

------------, 2009. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Edisi ke VIII. Alfabeta, Bandung.

Sumarno, 2009. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan ProfesionalismeGuru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes”. Tesis. Semarang: Program PascasarjanaUniversitas Negeri Semarang.

Sunyoto, Danang, 2013. Perilaku Organisasional. CAPS (Center for Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Supardi, 2014. Kinerja Guru. Rajawali Pers, Jakarta.

Sutrisno, Edy, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Syafmen, W., 2014. Studi Tentang Dampak Sertifikasi Terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Matematika di SMP N Kota Jambi. EDUMATICA| Journal Pendidikan Matematika, 4(01).

Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Guru dan Dosen.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarsih, 2015 Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar( Studi Kasus di Kabupaten Semarang ) Tesis Yogyakarta: Program Pascasarjana UGM Yogyakarta.

Yamin, Martinis, 2006. Sertifikasi profesi Keguruan di Indonesia. Cetakan ke 1. Gaung Persada Pers, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v4i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.