Pengaruh Pembelajaran Pramuka Wajib Terhadap Karakter Disiplin Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Palembang
Authors
Muhammad Fariz Nurrahman , Mega Nurrizalia , Shomedran ShomedranDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3733Published:
2025-08-31Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Pramuka wajib, pembelajaran, karakter, disiplin, siswaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pembelajaran Pramuka wajib berpengaruh terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Palembang. Latar belakang penelitian ini menekankan urgensi pendidikan karakter dalam dunia pendidikan, dengan disiplin sebagai salah satu indikator utama keberhasilannya. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Dari total populasi sebanyak 385 siswa, sebanyak 196 siswa dipilih sebagai sampel melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan serangkaian uji statistik, seperti uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, serta koefisien determinasi. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik termasuk dalam kategori sangat aktif mengikuti pembelajaran Pramuka wajib (53,27%), sementara tingkat kedisiplinan siswa berada dalam kategori disiplin (51,72%). Uji regresi mengindikasikan adanya pengaruh signifikan antara pembelajaran Pramuka wajib terhadap karakter disiplin siswa, dengan nilai thitung 11,221 dan signifikansi < 0,001. Koefisien determinasi sebesar 39,4% menunjukkan bahwa pembelajaran Pramuka wajib memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pembentukan karakter disiplin. Oleh karena itu, implementasi pembelajaran Pramuka wajib terbukti penting dalam menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan perlu terus ditingkatkan di lingkungan sekolah.
References
Darmadi, A., et al. (2023). Peran pembina pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 112–125.
Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran pendidikan pramuka dalam menumbuhkan pendidikan karakter anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 56–70.
Fahmi, Z. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Al-Ta’lim Journal, 20(1), 278–284.
Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan video pembelajaran. Pengembangan Video Pembelajaran, 1–6.
Felta, F. (2021). Pendidikan karakter di era milenial.
Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektivitas penjualan ban sepeda motor PT Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib.
Mulyana, M. (2022). Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMPIT Attaqwa Pusat (Doctoral dissertation, Universitas Islam "45" Bekasi).
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Nurwana, N., Dwiyanti, T., & Mastang, M. (2020). Analisis kebijakan wajib pramuka terhadap pengembangan karakter religius peserta didik. Jurnal Mappesona, 3(3).
Nurrizalia, M., Nengsih, Y. K., Waty, E. R. K., & Shomedran. (2022). Media dan sumber belajar pendidikan luar sekolah. Bening Media Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67–70 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum.
Perwira, P. A., & Suryani, S. (2022). Implementasi model aktualisasi EWPK dalam upaya meningkatkan sikap dan keterampilan di sekolah dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 2(4), 309–314.
Prastika, B. P. S. (2019). Hubungan dukungan suami dan gaya hidup dengan kualitas hidup akseptor KB IUD di wilayah Puskesmas Mulyorejo Surabaya penelitian cross sectional (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70.
Purba, E. S., Sitorus, E. J., Manik, N. B., Sitepu, F. G., Sembiring, H. M. S., & Pinem, I. (2025). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa di SD. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 121–124.
Rofi'ie, A. H. (2019). Pendidikan karakter adalah sebuah keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113-128.
Sari, S., Muthia, V. A., Yanti, N., & Malta, T. (2024). Pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap kedisiplinan dan kemandirian siswa SDN 12 Padang Koto Gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6536–6543.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif. CV Alfabeta
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 70–82.
Syafiudin, M. (2021). Peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(1), 71–82.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 160.zen, I. (2000). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Becker, G. . (1993). Human Capital: A Theoretical and Empirical Analysis. University of Chicago Press.
CDC Universitas Sriwijaya. (2022). Tracer Study Universitas Sriwijaya Tahun 2022 (Lulusan Tahun 2021). 6.
Fuada, D. T., Anggraeni, P. A., Puspita, A. C., & Firdaus, V. (2025). Pengaruh Literasi Digital , Motivasi Kerja , dan Kesempatan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Kerja Generasi Z. 5, 650–665.
Global Entrepreneurship Monitor. (2023). GEM 2023/2024 Global Report 25 Years and Growing. 1– Darmadi, A., et al. (2023). Peran pembina pramuka dalam meningkatkan disiplin siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 112–125.
Dharmayana, I. W. B., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Peran pendidikan pramuka dalam menumbuhkan pendidikan karakter anak. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(01), 56–70.
Fahmi, Z. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Al-Ta’lim Journal, 20(1), 278–284.
Farista, R., & Ali, I. (2018). Pengembangan video pembelajaran. Pengembangan Video Pembelajaran, 1–6.
Felta, F. (2021). Pendidikan karakter di era milenial.
Julitawaty, W., Willy, F., & Goh, T. S. (2020). Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektivitas penjualan ban sepeda motor PT Mega Anugrah Mandiri. Jurnal Bisnis Kolega.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib.
Mulyana, M. (2022). Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMPIT Attaqwa Pusat (Doctoral dissertation, Universitas Islam "45" Bekasi).
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–faktor pembentuk karakter disiplin dan tanggung jawab dalam ekstrakurikuler pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Nurwana, N., Dwiyanti, T., & Mastang, M. (2020). Analisis kebijakan wajib pramuka terhadap pengembangan karakter religius peserta didik. Jurnal Mappesona, 3(3).
Nurrizalia, M., Nengsih, Y. K., Waty, E. R. K., & Shomedran. (2022). Media dan sumber belajar pendidikan luar sekolah. Bening Media Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67–70 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum.
Perwira, P. A., & Suryani, S. (2022). Implementasi model aktualisasi EWPK dalam upaya meningkatkan sikap dan keterampilan di sekolah dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 2(4), 309–314.
Prastika, B. P. S. (2019). Hubungan dukungan suami dan gaya hidup dengan kualitas hidup akseptor KB IUD di wilayah Puskesmas Mulyorejo Surabaya penelitian cross sectional (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).
Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70.
Purba, E. S., Sitorus, E. J., Manik, N. B., Sitepu, F. G., Sembiring, H. M. S., & Pinem, I. (2025). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa di SD. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 3(1), 121–124.
Rofi'ie, A. H. (2019). Pendidikan karakter adalah sebuah keharusan. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 1(1), 113-128.
Sari, S., Muthia, V. A., Yanti, N., & Malta, T. (2024). Pengaruh ekstrakulikuler pramuka terhadap kedisiplinan dan kemandirian siswa SDN 12 Padang Koto Gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 6536–6543.
Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif. CV Alfabeta
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).
Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 70–82.
Syafiudin, M. (2021). Peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(1), 71–82.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
Juwantara, R. A. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplin dan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9(2), 160.224.
Harling, V. N. Van, & Sogen, M. D. T. (2018). Analisis hubungan motivasi kerja, kompetensi dosen, kepemimpinan, lingkungan kerja dan komitmen profesi terhadap kinerja dosen Politeknik Katolik Saint Paul Sorong. Soscied, 1(1), 1–11.
Indonesia, B. P. S. (n.d.). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,82 persen dan Rata-rata upah buruh sebesar 3,04 juta rupiah per bulan. Https://Www.Bps.Go.Id/Id/Pressrelease/2024/05/06/2372/Tingkat-Pengangguran-Terbuka--Tpt--Sebesar-4-82-Persen-Dan-Rata-Rata-Upah-Buruh-Sebesar-3-04-Juta-Rupiah-per-Bulan.Html.
Knight, P. T., & Yorke, M. (2003). Employability and Good Learning in Higher Education. Teaching in Higher Education, 8(1), 3–16. https://doi.org/10.1080/1356251032000052294
Prayesti, T. (2022). Kesiapan Menghadapi Dunia Kerja Di Era Vuca Pada Mahasiswa Akhir Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia. 10, 1–44.
Rusmiyatun. (2017). Pengaruh bimbingan karier, motivasi memasuki dunia kerja, fasilitas belajar, dan minat belajar pada kesiapan kerja siswa kelas xi administras perkantoran SMK negeri 1 demak. Scientific Journals of Unnes.
safrizal, firman. (n.d.). Pendaftaran di Portal BKN Berakhir, Jumlah Pelamar CPNS 2024 Capai 3,9 Juta - Badan Kepegawaian Negara (BKN RI). Https://Www.Bkn.Go.Id/Pendaftaran-Di-Portal-Bkn-Berakhir-Jumlah-Pelamar-Cpns-2024-Capai-39-Juta/.
Sakernas. (2021). Survei angkatan kerja nasional 2014. Badan Pusat Statistik, 1, 1–4.
Savickas, M. L., Nota, L., Rossier, J., Dauwalder, J. P., Duarte, M. E., Guichard, J., Soresi, S., Van Esbroeck, R., & van Vianen, A. E. M. (2009). Life designing: A paradigm for career construction in the 21st century. Journal of Vocational Behavior, 75, 239–250. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.04.004
Scott, Richard, W., & Davis, G. F. (2014). Institution an Organization; Ideas, Interest an Identities. Sage Publication, Inc, 6(11).
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (p. 334).
Sugiyono (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Tentang Kami. (n.d.). Https://Konsillsm.or.Id/.
Yolanda, S., Ayub, D., & Fitrilinda, D. (2023). Pengaruh Employability Skills Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Masyarakat. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi Dan Arsitektur, 1(2), 301–307. https://doi.org/10.57235/motekar.v1i2.1126
Yuniarini, P. D., & Vembriati, N. (2019). Perbedaan motivasi kerja tutor pendidikan nonformal ditinjau dari status pekerjaan di Provinsi Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(02), 243. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i02.p03
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Fariz Nurrahman, Mega Nurrizalia, Shomedran Shomedran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.