Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Electronic Pocket Book Berbasis Metode Mind Mapping Muatan IPS SD
Penulis
Agist Hasanah , Herlina Usman , Prayuningtyas Angger WardhaniDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2678Diterbitkan:
2024-08-30Terbitan:
Vol 9 No 3 (2024): AgustusKata Kunci:
Electronic Pocket Book, IPS, Mind MappingArticles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Dalam era digital seperti sekarang, pendidikan mengalami transformasi yang signifikan dengan masuknya teknologi ke dalam proses pembelajaran. Terutama dalam pembelajaran Muatan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di tingkat Sekolah Dasar (SD), penggunaan media yang tepat menjadi krusial untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu metode yang telah terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan adalah metode Mind Mapping.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran Electronic Pocket Book pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model ADDIE. Penelitian ini dibatasi pada analisis kebutuhan dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Johar Baru 15 Pagi. Instrumen pengumpulan data berupa kuisioner dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peserta didik menganggap bahwa mengalami kesulitan belajar IPS merupakan materi yang cukup kompleks dan guru merasakan materi yang kompleks membuat kesulitan dalam membuat dan memilih media. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa dibutuhkan adanya pengembangan media pembelajaran electronic pocket book berbasis mind mapping di sekolah sasar.
Referensi
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENUJU PEMBELAJARAN ABAD 21.
Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v1i2.372
Frumensius B. Dole, W. I. N. S. D. (2020). Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Belantika Pendidikan, 3(1), 16–23.
Lalita, A. C., Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU INTERAKTIF DALAM MUATAN PEMBELAJARAN SBdP. JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN, 30(1), 74. https://doi.org/10.24114/jpbp.v30i1.56919
Mustari, M., & Sari, Y. (2017). Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.1583
Nurmalia, L., Prasanti, A., Syahidah, H., & Azizah, (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket book Matematika SD Materi Perkalian, Pembagian, dan Mata Uang Kelas II. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Nurpratiwiningsih, L., Mumpuni, A., Pendidikan Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2019). PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal KONTEKSTUAL (Vol. 01, Issue 1).
Padangsidimpuan Afridapane, I. (2017). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).
Pas, E. G., & Wardani, K. W. (2022). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9715–9725. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4172
Prasetyani, D. A., Widyaningrum, A., Fita, M., Untari, A., Universitas, P., & Semarang, P. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU KELAS IV PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA TENTANG RUMAH ADAT DI PULAU JAWA. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri , 9.
Pudjiati, I., Usman, H., & Harefa, M. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Teknik Mind Mapping. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1381–1386. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3903
Rahmi Anita Azmi, K. R. H. M. (n.d.). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN. JIPP, 4.
Toro, K., Utomo, S., & Suad, S. (2021). Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping Materi Bentuk Keberagaman di Indonesia Untuk Peningkatan Hasil Belajar PPKn Sekolah Dasar. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5827
Usman, H., & Fanilasari, R. (2023). Kreativitas Belajar Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 2442–9511. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4284/http
Daryanto & Karim, S. (2017).Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agist Hasanah, Herlina Usman, Prayuningtyas Angger Wardhani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.