Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022
Penulis
Annisa Annisa , Asrin Asrin , Baiq Niswatul KhairDOI:
10.29303/jipp.v7i2b.547Diterbitkan:
2022-05-25Terbitan:
Vol 7 No 2b (2022): JuniKata Kunci:
Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPA.Articles
##submission.downloads##
Cara Mengutip
Abstrak
Sekolah saat ini menggunakan kurikulum pendidikan 2013 yang dapat mempersiapkan siswa untuk memiliki kemampuan dasar melalui siklus belajar yang menarik dan siswa diharapkan untuk memiliki peran yang aktif, kreatif dan imajinatif. Taksonomi bloom membagi tingkat keahlian menjadi dua bagian, yaitu Low Order Thinking Skills (LOTS) yaitu kemampuan penalaran tingkat rendah dan spesifik dan High Order Thinking Skills (HOTS), yaitu keterampilan berpikir kritis. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar yaitu mengajar serta mempersiapkan siswa untuk menumbuhkan kemampuan dalam memperoleh dan menerapkan informasi penting tentang peserta didik dalam meneruskan ketingkat pemahaman yang bertambah signifikan serta untuk diterapkan dalam sistem pembelajaran. Proses pembelajaran tidak hanya memindahkan informasi (ilmu), namun yang umumnya diharapkan dalam pendidikan yang terjadi di sekolah adalah kerjasama antara siswa dan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan tipe Quasi Eksperimental Design yang digunakan adalah tipe Nonequivlent Control Grub Design. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen pada penelitian ini diberikan perlakuan berupan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sedangkan pada kelas kontrol tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan hanya menggunakan model pembelajaran kocensional. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 24 nilai thitung ≥ ttabel, yaitu 5.510 lebih besar dari 1.994 pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yang sudah ditetapkan, yaitu thitung ≥ ttabel  maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022.
Referensi
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariani, R, F. (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Universitas Kristen Satya Wacana: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 422-432
Al-Fikry, I., Yusrizal., & Syukrin M. (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kalor. Universitas Sylah Kuala Banda Aceh: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 6(1), 17-23
Arifin, Z (2016) Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Devi, P, S., & Bayu, G, W. (2020) Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja: Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238-251.
Emzir (2007) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Fembriani., & Polin, R. (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem. Universitas Nusa Cendana: Jurnal Of Character And Elemantary Education,1(1), 19-29.
Fauhah, H., & Rosy, B. (2021) Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2) 321-334.
Faisal, M., Asrin., & Jaelani, A, K. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teachingi Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021: Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6(4), 807-815.
Gunawan (2017) Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains. Mataram Lombok: Arga Puji Press.
Helsa, Y., & Arlis, S. (2020) Seminar Ke SD-AN. Yogyakarta: Grub Penerbit CV Budi Utama.
Haryani, Y, D (2017) Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Universitas Majalengka: Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57-63.
Hisbullah., Selvi, N. (2018) Pembelajaran Ilmu Pengetauan Alam Di Sekolah Dasar. Makasar: Aksara Timur.
Harni., Febrita, I. (2020) Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Berfikir Kritis Siswa Di Kelas IV SD. Universitas Negeri Padang: Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619-1633.
Helmon, A. (2018) Pengaruh Model Problem Based (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. STKIP Adzkia: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1) 38-52.
Islam, F, M., Harjono, N., & Airlanda, G, S. (2018) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. Universitas Kristen Satya Wacana: Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613-628.
Ismail, F. (2018) Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Kurniahtunnisa., Dewi, Nur, K., & Utami, Nur, R. (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Ekskresi. Universitas Negeri Semarang: Jurnal Of Biology Education, 5(3), 310-318.
Lidyawati., Gani, A., & Khaidun, I. (2017) Penerapan Model Problem Based Learing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Univeristas Sylah Kuala Banda Aceh: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Volume 5 Nomor 1. 140-146.
Nursalam., Nawir, M., Suriadi., & Hasnah K. (2017) Evaluasi Pembelajaran Sosiologi. Jakarta: Writing Revolution.
Ngalimun (2016) Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nanda, R, T., & Zainil, M. (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV SD. Universitas Negeri Padang: Jurnal Of Basic Education Studies Volume 4 Nomor 1. 345-355.
Nursalam., Nawir, M., Suriadi., & Hasnah K. (2017) Evaluasi Pembelajaran Sosiologi. Jakarta: Writing Revolution.
Ngalimun (2016) Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Purwanto (2008) Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purnama, L, N., Asrin, & Jiwandoro, I, S.. (2021) Kompetensi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Kelas Di SD Negeri Tampar-Ampar Kecamatan Praya Tengah Kabupaten Lombok Tengah: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(2) 195-203.
Purbani, D, A., Dantes, N., & Adnyana, P, B. (2018) Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja: Jurnal Pendidikan Dasar IndonesiaI, 2(2), 24-34.
Qomariyah, E, N. (2016) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Universitas Negeri Malang: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 132-141.
Rahmat (2013) Statistika Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Rusman (2012) Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. (2019) Keterampilan Berbicara. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Setyaningtyas, J, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018) Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas 2. Universitas Kristen Satya Wacana: Jurnal Ermina Setyaningtyas, 2(6), 530-549
Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2012)Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2017) Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.
Sugiyono (2018) Meode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Wulandari, T., Kadir, A., Fua, J, L., & Zainuddin. (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA. Institut Agama Islam Negeri (IAIN): Jurnal Kuljdawa, 1(1), 29-34.
Widiasworo, E. (2018) Kecerdasan Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Wisudawati, A, W., & Sulistyowati, E. (2014) Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.